Manfaat Garam Himalaya untuk Tubuh

Garam Himalaya
Garam Himalaya. Foto: Net/Ist

Garam himalaya merupakan garam putih dan sedikit warna pink. Garam ini berasal dari tambang di kaki gunung himalaya.

Tambang ini disebutkan sebagai penghasil garam terbanyak dan terbesar di dunia. Selain itu garamnya diklaim sebagai jenis yang paling murni di dunia.

Gunung himalaya sendiri berada di wilayah Pakistan yang memisahkan anak benua Hindia dari dataran tinggi Tibet.

Salah satu penghasil terbesar adalah Khewra berada sekitar 200 kilometer di selatan Islambad Pakistan, dan termasuk yang sering dibahas di dunia.

Kenapa garam ini begitu terkenal, ternyata selain harganya yang mahal, juga diklaim memiliki manfaat untuk tubuh manusia.

Manfaat Garam Himalaya

Kandungan yang ada pada garam ini diklaim memiliki berbagai manfaat untuk tubuh manusia, berikut ini beberapa khasiatnya.

1. Kandungan mineral tinggi

Manfaat garam ini yang paling pertama dan paling banyak dibahas berasal dari kandungan mineral tinggi yang dimilikinya.

Salah satu kandungan mineral yang disebutkan, baik untuk tubuh manusia adalah kalium, kalsium, magnesium, sulfur dan zat besi.

Selain itu, terdapat 84 jenis mineral lain yang terkandung pada garam ini, di mana 98 persen dari mineral itu berjenis natrium klorida.

Beberapa manfaatnya bagi tubuh, seperti pada kalsium yang mampu merawat serta membangun tulang dan gigi, manfaat untuk kontraksi otot, impul saraf, kerja jantung seta pembekuan darah yang tepat.

2. Lebih Alami

Garam himalaya disebut-sebut sebagai jenis yang tingkat kealamiannya diyakini oleh banyak orang, tidak seperti garam dapur biasa yang sudah banyak mengandung zat lain.

Pada garam yang biasa kita gunakan sehari-hari sudah terdapat natrium aluminosilikat atau magnesium karbonat untuk mencegah penggumpalan.

Sementara, pada proses penyulingan garam ini tidak menggunakan zat aditif apapun yang dapat membahayakan tubuh manusia.

3. Dapat Menghidrasi Tubuh

Pada dasarnya tubuh membutuhkan garam untuk menjaga keseimbangan cairan, nah salah satu manfaat jerut ini lainnya adalah mampu menghidrasi tubuh.

Sehingga, dapta membantu tubuh untuk menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dengan memastikan tubuh tetap terhidrasi.

Baca juga: Manfaat Garam Himalaya Lebih Baik Daripada Garam Dapur?

4. Mampu Melawan Bakteri

Pada umumnya garam mimiliki sifat antimikroba yang dapat mencegah bakteri berkembang dalam makanan.

Keunggulan dari salah satu bumbu masakan ini adalah melakukannya secara alami, bahkan manfaat garam himalaya bisa mengurangi resiko keracunan.

5. Mengendalikan Tekanan Darah

Kandungan sodium yang cenderung lebih sedikit dapat membantu manusia untuk mengendalikan tekanan daras saat mengkonsumsinya.

Perbandingannya dengan garam yang biasa kita pakai adalah, per 1 sendok tee dapat mengandung 2300 mg sodium sementara garam ini hanya 2000 mg.

6. Cita rasa makanan lebih baik

Selain manfaat untuk kesehatan, bumbu utama ini dapat meningkatkan cita rasa pada makanan ketika digunakan.

Hal ini disebabkan tingkat kealamian dan rasa yang dimilikinya berbeda dari yang umunya digunakan, perbedaan ini disebabkan kandungan mineralnya yang kaya.

Selain soal cita rasa, garam himalaya juga di klaim dapat memmpersingkat waktu yang dibutuhkan untuk memasak karena kemampuan menyebarkan panas lebih merata.

Masih ada beberapa klaim manfaat lain dari bumbu dapur ini, seperti mengendalikan kadar gula darah, mencegah penuaan dan meningkatkan libido, namun hal itu belum terbukti secara ilmiah.

Saran Konsumsi

Meski bumbu utama masakan ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia, namun tetap ada batasan dalam mengkonsumsinya.

Konsumsi yang berlebihan dapat mengakibatkan gangguan yang disebabkan terlalu banyak sodium yang dimakan.

Oleh karena itu, seperti dirangkum HR Online dari berbagai sumber, jumlah konsumsi garam himalaya yang disarankan tidak lebih dari 6 gram atau 2.400 mg sodum yang berarti setara dengan 1 sendok teh untuk orang dewasa.

Sementara untuk anak-anak atau dengan umur yang lebih muda dianjurkan konsumsi lebih sedikit disesuaikan dengan umur.

Kemudian, untuk orang yang memiliki kondisi medis tertentu, dianjurkan untuk berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya.

Manfaat garam himalaya ini diyakini dapat dirasakan manfaatnya untuk tubuh, namun ketika ingin merasakannya dengan optimal konsumsi harus disesuaikan dengan anjuran yang ada. (Muhafid/R6/HR-Online)

Loading...