Sabtu, Oktober 23, 2021
BerandaArtikelManfaat Terong untuk Penderita Asam Urat

Manfaat Terong untuk Penderita Asam Urat

Manfaat terong untuk penderita asam urat karena zat purin yang terkandung di dalamnya terbilang rendah. Terong juga memiliki sifat alkaline yang bertentangan dengan acidic.

Selain terong, ada juga beberapa jenis sayuran lainnya yang memiliki manfaat baik bagi penderita penyakit asam urat. Beragam jenis sayuran ini mudah ditemui di Indonesia.

Sebagai informasi, penyebab asam urat akibat gagalnya proses penguraian zat purin. Sehingga, muncul dalam tubuh akumulasi dari jumlah asam urat.

Oleh karena ltu, sebaiknya Anda memilih sayuran mana yang boleh dikonsumsi penderita penyakit asam urat, seperti sayuran hijau atau kentang.

Asam urat bisa menyerang penderitanya secara mendadak. Serangan tersebut terjadi hanya dalam satu malam, dan mampu bertahan hingga 10 hari.

Faktor diet dan pola makan juga sangat berpengaruh terhadap hal ini. Sebab, makanan yang mengandung kadar zat purin tinggi dapat memicu munculnya asam urat. 

Banyak makanan yang harus dihindari oleh penderita asam urat. Seperti daging merah, ikan, jeroan binatang, makanan laut, minuman berpemanis tambahan, dan minuman beralkohol.

Beragam jenis makanan tersebut di atas secara alami memang mengandung purin level cukup tinggi.

Sedangkan, untuk kebutuhan minuman berpemanis tambahan pengaruhnya bukan dari kadar zat purin.

Fruktosa yang terkandung di dalamnya, seperti gula cair atau gula jagung mengakibatkan asam urat meningkat dalam darah.

Namun jangan khawatir, karena sayuran jenis terong memiliki manfaat baik jika dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Seperti yang dirangum HR Online dari berbagai sumber, Kamis (11/06/2020), berikut ini ulasannya.

Manfaat Terong untuk Penderita Asam Urat

Sayuran jenis terong ungu mengandung banyak protein serta beragam jenis mineral. Kandungan dari zat tersebut yang bermanfaat untuk kesehatan penderita penyakit asam urat adalah mangan, kalsium, magnesium, fosfor, seng, besi, dan potasium.

Beragam kandungan mineral tersebut mampu membantu mengatasi rasa nyeri di persendian akibat serangan asam urat.

Adapun jenis mineral yang terkandung dalam terong ungu dan bisa memberi manfaat buat penderita penyakit asam urat adalah zat besi, magnesium, dan mangan.

Kandungan ketiga zat itu mampu mengendalikan kadar asam urat dalam persendian secara lebih baik.

Manfaat terong untuk penderita asam bisa dicoba dengan cara diolah dijadikan sambal yang nikmat, atau sebagai campuran sayur.

Tapi sebaiknya jangan mengonsumsi terong ungu yang digoreng. Karena minyak akan membuatnya memiliki kandungan kolestreol dan mengakibatkan kolesterol menjadi kurang sehat.

Terong merupakan sayuran yang kaya antioksidan untuk mengendalikan level gula darah di dalam tubuh.

Bagi orang yang tengah menjaga berat badan juga sering memilih jenis sayuran hijau untuk membantu dalam mencapai bobot berat badan yang ideal.

Kentang

Selain manfaat terong untuk penderita asam urat, jenis sayuran lainnya seperti kentang juga baik untuk kesehatan, salah satunya mengatasi asam urat.

Sama halnya seperti terong, jadungan purin di dalam sayuran jenis kentang juga sangat rendah. Kentang bebas kolseterol, lemak, dan sodium.

Bahkan, jika dibandingkan dengan buah pisang pun, zat potasium yang terkandung dalam kentang jauh lebih tinggi.

Kandungan serat di dalam kentang cukup signifikan. Sehingga, kentang sangat baik buat kesehatan pencernaan, serta dapat turunkan level kadar kolesterol tinggi dalam darah.

Tomat

Selain manfaat terong untuk penderita asam urat, tomat juga sama-sama memiliki khasiat baik bagi kesehatan.

Tomat juga mudah diolah dengan beragam cara dan bisa dijadikan pilihan sayuran sehat yang aman dikonsumsi oleh penderita penyakit asam urat.

Kandungan zat antioksidan likopen yang ada di dalamnya mampu membantu turunkan risiko penyakit kanker dan serangan jantung mendadak.

Bukan hanya itu, tomat juga kaya vitamin C dan K. Vitamin tersebut menjadi sumber vitamin C, folat, vitamin K, dan potasium.

Jeruk

Di samping manfaat terong untuk penderita asam urat, buah jeruk juga boleh dikonsumsi oleh penderita penyakit asam urat.

Buah jeruk mengandung vitamin C tinggi. Pastikan asupan vitamin C agar tetap terjaga, sehingga sistem imun juga ikut sehat.

Buah jeruk juga dapat membantu turunkan kolesterol, sekaligus memastikan tekanan darah dalam tubuh bisa terkendali.

Dengan rutin mengonsumsi makanan yang direkomendasikan tersebut di atas dapat mengurangi maupun menurunkan level kadar purin di dalam tubuh.

Tetapi, langkah tersebut juga perlu dibarengi dengan pola makan yang sehat supaya bisa lebih efektif. (Eva/R3/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img