Mazda 3 2021 Semakin Memikat dengan Performa Ganas Bermesin Turbo

Mazda 3 2021. Foto: Net/Ist.
Mazda 3 2021. Foto: Net/Ist.

Mazda 3 2021 dikabarkan akan mendapat facelift untuk model 2021 ini. Mobil jenis SUV ini kemungkinan akan diluncurkan menjadi model baru dari Mazda.

Sebelumnya memang sudah banyak beredar rumor mengenai engine turbo yang disematkan pada lini produk Mazda. Spekulasi tersebut dikhususkan pada lini Mazda 3 untuk model baru.

Dorongan turbin angin di kalangan internal combustion engines saat ini sedang naik daun secara global. Meskipun kubikasi mesinnya kecil, tetapi secara umum buncahan dayanya lebih besar dibandingkan dengan mekanikal pacu konvensional.

Tampang Mazda 3 2021

Jika dilihat dari tampilan luarnya, Mazda CX 3 2021 ini memang tidak mengalami banyak perubahan. Tetapi, memang ada pembaruan pada bagian dalamnya.

Mobil jenis SUV yang satu ini memiliki warna tubuh abu-abu metalik polymetal yang diterapkan untuk Roadster Mazda 3 / CX-30 / ND.

Warna dan desain tersebut diterapkan pada Mazda 3 model baru bukan hanya memperdalam desain saja. Tetapi, hal ini juga memungkinkan pembeli untuk bisa memilih warna body khusus secara gratis.

Bagian wajah Mazda 3 keluaran baru ini memiliki sorot mata yang tajam. Menggunakan LED dan juga lampu siang hari.

Anda bisa melihat model bilah horizontal yang melingkar pada bingkai kromium. Kisi-kisi besar tersebut menggunakan desain sarang tawon sehingga terlihat semakin sporty.

Desain Interior

Setelah melihat seperti apa tampang luar dari Mazda 3 ini, kita akan beralih ke bagian interiornya.

Meskipun memang belum ada perubahan yang signifikan pada Mazda 3 2021 ini, tetapi kursi bagian depan dan belakang diubah dengan gaya serta desain yang lebih santai.

Tampil dengan kursi generasi baru sehingga bisa menahan panggul dan juga mempertahankan kurva-s alami dari sumsum tulang belakang pengendaranya.

Disamping itu, pada bagian interiornya juga dilengkapi dengan fitur Apple CarPlay serta Android Auto.

Fitur ini tentu saja menjadi pelengkap sebagai standar untuk bisa meningkatkan kenyamanan saat anda naik mobil SUV ini.

Selain itu, tampilan interiornya juga tetap memiliki kesan premium. Pada bagian tengah dashboardnya dipasang layar monitor 8,8 inchi.

Head unit tersebut berisi navigasi, hiburan, pengaturan kendaraan, dan juga sistem koneksi smartphone.

Fitur kenyamanan yang dimiliki oleh Mazda 3 2021 ini juga cukup mumpuni. Sebab SUV yang satu ini memiliki 8 speaker 3 way yang memanjakan telinga anda secara maksimal. Tentunya itu semua masih tetap dipertahankan di dalam unit pembaruan kali ini.

Selanjutnya pada fitur keamanan penumpangnya, mobil ini mengadopsi teknologi keselamatan yang cukup canggih berupa i-ACTIVSENSE.

Teknologi ini bisa menjadi perlengkapan standar dan sesuai dengan pendukung berkendara yang aman. Mobil ini juga dilengkapi dengan Sapo Car S Wide.

Bagian Mesin

Salah satu pembaharuan yang bisa dilihat adalah di bagian mesin yang digunakannya. Mazda 3 2021 akan mengusung mesin SKYACTIV-G 1.5L 4-silinder sejajar. Dimana mesin tersebut telah diadopsi dari Mazda 3 Fastback.

Soal bagian mesin, tak seperti mesin dengan jenis SKYACTIV-G 2.0L 4 silinder sejajar serta mesin SKYACTIV-D 1.8L 4 silinder sejajar yang sudah disiapkan sejauh ini.

Tetapi, Mazda 3 akan mengusung mesin baru akan menjadi entry grade dengan harga lebih murah dan lebih terjangkau. Kabarnya mobil ini akan mengusung teknologi mesin turbo.

Kehadiran Mazda 3 model baru ini akan ditawarkan dengan trim turbo. Baik pada model sedan maupun hatchback. Informasi ini lebih menarik lagi, sebab dalam daftar muncul kode Mazda 3 HB PP TURBO.

HB adalah kependekan dari Hatchback dan PP bisa diartikan berbagai macam. Mungkin PP pada kode Mazda 3 2021 ini adalah  singkatan dari Prepared Package atau Performance Package atau mungkin Premium Package.

Akan tetapi, semua model turbo hanya terdaftar sebagai 6A. Itu artinya mereka hanya menyodorkan transmisi otomatis. Hatchback 2,5 liter masih menjadi satu-satunya versi manual dari Mazda 3.

Lazimnya turbo memiliki tiga komponen utama yakni roda kompresor, roda turbin dan juga rumah as. Bilah turbin akan berputar memanfaatkan tekanan gas buang keluar.

Kemudian menggerakkan roda kompresor dan memompa udara untuk bisa masuk ke dalam masa yang padat.

Hasil pembakaran di dalam mesin akan meningkat, resultan tenaga dan efisiensi mesin juga ikut terdongkrak.

Dengan adanya trim Turbo pada Mazda 3 2021 ini, tentu saja akan membuat performanya semakin ganas. (R10/HR-Online)

Aegis Boost Pro