Menganalisis Peluang Usaha untuk Mempertajam Strategi Bisnis

menganalisis peluang usaha
Ilustrasi menganalisis peluang usaha. Foto: Istimewa

Bagi pengusaha atau pebisnis, menganalisis peluang usaha merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan supaya bisnis menjadi sukses. Apalagi tidak setiap peluang bisa menjadi prospektif untuk dijalankan.

Pengalaman dalam menjalan bisnis tentunya kita sering dibuat ragu atau bimbang. Apakah ini peluang bisnis yang menguntungkan, apa produk bisnis yang akan dipilih, berapa harga jual yang tepat, dan sebagainya.

Keraguan yang sering dirasakan para pebisnis, terutama pebisnis pemula, ini akan menjadi salah satu faktor penentu sukses tidaknya bisnis tersebut. Keraguan ini biasanya muncul karena kurangnya data terhadap peluang yang ada.

Pentingnya Menganalisis Peluang Usaha

Menganalisis peluang usaha sangat penting dilakukan agar kita dapat menyusun strategi bisnis yang tepat. Baik dari desain kemasan produk, strategi pemasaran, promosi, hingga ide-ide baru lainnya agar perusahaan cepat berkembang.

Setiap bisnis yang sukses selalu berangkat dari peluang bisnis yang prospektif dan potensial untuk berkembang. Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan dalam meneliti dan mengkaji sebuah peluang usaha.

Mengenal Peluang Usaha

Sebelum mulai menjalankan bisnis, sangat penting untuk mengenal, memahami dan mengerti betul seluk beluk produk maupun jenis usaha yang akan dijalankan. Inilah pentingnya menganalisis peluang usaha yang ada.

Jika Anda menjual produk yang unik dan sedikit pesaing, maka Anda tidak akan banyak mengalami kendala. Namun jika persaingan tinggi, maka Anda perlu menggenjot dan menaikkan biaya pemasaran agar mampu bersaing.

Persiapan Modal

Modal merupakan bagian utama dalam memulai suatu bisnis. Menganalisis peluang usaha akan membantu Anda menghitung dan memperkirakan besar kecilnya modal yang diperlukan dalam memulai bisnis.

Melakukan Riset Pasar

Melakukan riset pasar akan membantu Anda menentukan target konsumen secara lebih tepat. Riset pasar dapat membantu mengenali ketertarikan hingga daya beli masyarakat terhadap produk yang akan Anda jual.

Jenis dan Tipe Analisis Peluang Usaha

Dalam menganalisis peluang usaha dikenal adanya beberapa tipe dan jenis analisis yang bisa dilakukan. Masing-masing adalah analisis peluang usaha berdasarkan produk atau jasa dan analisis yang dilakukan berdasarkan minat dan daya beli masyarakat.

Peluang di Bidang Usaha Jasa

Untuk memberikan gambaran, misalnya peluang usaha di bidang jasa yang masih banyak diminati masyarakat diantaranya bisnis cuci motor. Usaha ini prospek karena banyaknya orang yang memiliki kendaraan roda dua.

Sebelum memulai bisnis cuci motor, maka Anda harus melakukan kajian dan menganalisis peluang usaha yang ada. Dari tingkat persaingan yang ada, kebutuhan modal dan peralatan, hingga strategi promosi,

Minat dan Daya Beli Masyarakat

Selain melakukan analisis dari isi produk atau jasa yang akan dijalankan, peluang usaha juga bisa dilihat dari minat dan daya beli masyarakat sebagai konsumen yang akan ditarget. Misalnya, mahasiswa di sekitar kampus.

Baca juga: Strategi Memulai Bisnis Online yang Menjanjikan Omset Melimpah

Untuk mematangkan dalam menganalisis peluang usaha, Anda harus melakukan survei lapangan. Selain dengan mengumpulkan data, Anda juga bisa meminta pendapat secara sampling.

Merespon Peluang Bisnis

Banyak orang yang mengatakan bila peluang tak ubahnya seperti emas. Jika ada peluang usaha yang tidak kita ambil akan sangat disayangkan bila terlewat begitu saja. Apalagi peluang umumnya hanya datang sekali saja.

Membuat analisis peluang usaha berguna untuk memetakan perencanaan dan strategi bisnis yang akan dijalankan, sehingga mampu bersaing dengan pebisnis lainnya.

Baca juga: Struktur Proposal Bisnis Plan yang Baik untuk Pengembangan Usaha

Namun bagaimana jika Anda menemukan adanya kendala atau tantangan? Berikut ini beberapa solusi saat menganalisis peluang usaha yang dapat ada lakukan.

  1. Bersikap obyektif dan memikirkan ide terbaru untuk produk atau jasa yang akan dijalankan.
  2. Mengetahui seluk beluk hal-hal yang berkaitan dengan pengembangan produk.
  3. Memberikan jaminan keistimewaan dan keuntungan bila konsumen menggunakan produk Anda.
  4. Memberikan perlindungan terhadap hak paten, hak cipta, merek dagang dan merek jasa jika perlu.

Demikian beberapa langkah dan tahapan penting dalam menganalisis peluang usaha. Selain untuk menyusun perencanaan bisnis yang matang, analisis ini juga penting untuk memenangkan persaingan yang ada. (R11/HR-Online)