Model Atap Rumah Minimalis, Berikut Ini Tips Untuk Memilihnya

Model Atap Rumah Minimalis
Model Atap Rumah Minimalis. Foto: Ist/Net

Memilih model atap rumah minimalis, tentu saja menjadi pertimbangan yang sangat penting. Sebab, tak bisa kita sembarangan menggunakannya.

Ketika kita hendak membangun atau membeli rumah, mempertimbangkan dan menyesuaikan konsep memang harus dilakukan. Sebab, hal tersebut berkaitan dengan gaya hunian yang paling sesuai.

Baca Juga: Desain Rumah Apung, Memberikan Kesan Tenang dan Dinamis

Terutama, bila anda memiliki rumah minimalis impian yang diinginkan. Sudah barang tentu ada beberapa aspek yang perlu untuk dipertimbangkan dalam mendesain rumah tersebut.

Seperti halnya pemilihan desain rumah, material bangunan, hingga memilih model atap rumahnya. Tak dapat kita pungkiri, atap rumah minimalis yang sesuai, pastinya akan memberikan nilai estetika lebih dan juga rasa aman.

Tips Memilih Model Atap Rumah Minimalis

Atap sendiri, merupakan salah satu bagian rumah yang memiliki peranan sangat penting. Atap diibaratkan sebagai pelindung atau tameng pada sebuah rumah.

Di mana untuk melindungi penghuninya dari panasnya sinar matahari, hujan, dan gangguan lainnya. Maka dari itulah, memilih atap rumah minimalis menjadi pertimbangan yang sangat tepat.

Berbicara soal model atap rumah yang hendak digunakan, dapat disesuaikan dengan konsep rumah itu sendiri. Misalnya saja konsep minimalis klasik, hunian dengan konsep country, dan konsep lainnya.

Memilih atap rumah minimalis yang salah, justru akan berdampak buruk pada rumah tersebut. Bukan hanya soal keindahannya saja, melainkan juga dari segi keamanan. Agar tidak salah dalam memilih yang menyebabkan harus mengeluarkan biaya renovasi, maka simak tipsnya berikut ini!

Mempertimbangkan Cuaca

Tips memilih model atap rumah minimalis yang pertama adalah dengan mempertimbangkan cuaca. Cuaca yang dimaksud di sini adalah lingkungan di mana kita akan tinggal.

Hal ini tentu saja menjadi pertimbangan yang sangat penting. Sehingga akan menentukan ketahanan rumah serta kenyamanan anda serta seluruh anggota keluarga.

Dengan memperhatikan dan mempertimbangkan faktor cuaca ketika ingin memilih atap rumah minimalis, maka akan menjamin kenyamanan serta keamanan. Memilih atap rumah dengan memperhatikan cuaca ini sangatlah mudah diterapkan.

Anda hanya perlu menentukan bahan atau material jenis apa yang sekiranya cocok untuk digunakan, sebagai atap rumah. Dengan demikian, model atap rumah minimalis akan jauh lebih awet dan juga tahan lama.

Anda pun juga tidak perlu repot-repot untuk melakukan renovasi dalam jangka waktu yang pendek. Pengeluaran perawatan rumah pun juga akan semakin hemat.

Selain itu juga dapat mengefektifkan kegunaan serta fungsi rumah dengan waktu yang cukup lama. Sebagai contoh, jika anda tinggal di daerah perkotaan dengan cuaca yang cenderung panas, maka pilihlah atap rumah minimalis berbentuk pelana.

Pemilihan atap dengan bentuk pelana ini akan membuat rumah untuk tidak mudah panas. Tentunya, juga memberikan kemudahan dalam segi perawatannya.

Lain halnya dengan tempat tinggal anda yang cenderung lebih dingin. Seperti tinggal di daerah perbukitan.

Pemilihan model atap rumah minimalis yang paling tepat adalah berbentuk datar. Dengan demikian membuat hunian tersebut menjadi lebih hangat.

Menyesuaikan Bahan Material Atap

Selanjutnya yang perlu untuk dipertimbangkan juga adalah dengan menyesuaikan bahan material atapnya. Misalnya saja, jika anda hendak menggunakan atap rumah minimalis berbentuk perisai atau pelana, maka pilihlah bahan atap yang terbuat dari genteng atau asbes.

Tentu saja, bahan yang digunakan untuk atap berbentuk datar juga berbeda. Atap rumah minimalis berbentuk datar paling cocok dengan bahan genteng aspal atau beton.

Bida juga dengan menggunakan bahan yang merupakan perpaduan antara beton dengan bambu. Pemilihan atap ini dapat disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan setiap hunian anda.

Memperhatikan Instalasi Atap Rumah

Tips untuk memilih model atap rumah minimalis berikutnya yakni memperhatikan instalasi atap rumah dengan baik. Hal tersebut sangatlah penting untuk dilakukan.

Terutama jika anda tidak menggunakan bantuan tukang atau orang yang ahli di bidangnya. Tak terlepas dari ini, sudah banyak dijual di pasaran berbagai atap rumah minimalis yang mudah untuk dipasang.

Sebagai saran sederhana dari kami, ada baiknya bila anda menggunakan jasa tukang untuk memasang atap tersebut. Pasalnya akan jauh lebih cepat, dan rumah anda pun akan segera di tempati.

Selain model atap rumah minimalis tersebut dapat menambah kesan cantik dan menarik pada hunian anda, juga memperlihatkan pemasangan yang rapi. (R10/HR-Online)

Loading...