Model Loteng Rumah Minimalis dan Fungsional Bikin Betah Penghuninya

Model Loteng Rumah Minimalis dan Fungsional Bikin Betah Penghuninya
Ilustrasi model loteng rumah. Foto Istimewa

Model loteng rumah bisa menginspirasi dan lebih berfungsi bila mendapatkan sentuhan dekorasi yang tepat. Loteng rumah seringkali dibiarkan menjadi gudang.

Sayang sekali, padahal ketika loteng direnovasi bisa berubah menjadi ruangan yang menyenangkan dan membuat penghuninya semakin betah.

Sebuah loteng rumah bentuknya identik seperti langit-langit segitiga. Kecuali untuk desain rumah minimalis modern. Dengan bentuk segitiga ini, maka anda bisa memanfaatkannya sebagai ruangan yang minimalis dan fungsional.

Inspirasi Model Loteng Rumah Fungsional

Ketika anda memperhatikan lantai loteng rumah dengan langit-langit dan memiliki ukuran yang cukup tinggi, maka tidak ada salahnya bagi anda membangun ruangan seperti kamar tidur atau ruang kerja yang santai.

Ruangan tambahan di loteng rumah ini bisa menjadi salah satu penunjang kegiatan anda. Berikut ini ada beberapa inspirasi model ruangan yang bikin betah dari sebuah loteng yang telah didekorasi sedemikian rupa.

Kamar Tidur Loteng Gaya Rustic

Ada beberapa inspirasi yang bisa anda ikuti untuk menyulap loteng rumah menjadi ruangan yang menyenangkan. Salah satunya adalah dengan membangun kamar tidur dengan konsep rustic.

Model loteng rumah yang disulap menjadi kamar tidur gaya rustic didominasi dengan material papan kayu. Papan kayu tersebut memiliki warna coklat tua dengan tambahan pencahayaan alami sinar matahari.

Sinar matahari bisa masuk lewat jendela besar yang berada di tengah ruangan. Saat anda bangun tidur, anda bisa langsung disambut oleh cerahnya sinar matahari pagi. Anda juga akan merasa seperti tidur di alam bebas.

Ruang Kerja Minimalis dan Praktis

Dalam bekerja, beberapa orang butuh ketenangan dan privasi. Bila anda banyak menghabiskan waktu untuk bekerja dari rumah, maka anda bisa menyulap loteng rumah anda menjadi ruangan kerja dengan gaya minimalis.

Memilih ruang kerja berupa loteng rumah bisa menjauhkan anda dari hiruk-pikuk anggota keluarga lainnya di rumah. Anda juga bisa mempunyai area penyimpanan dokumen yang lebih tertata rapi dan lebih lebar.

Model loteng rumah sebagai ruang kerja juga bisa dilengkapi dengan furniture tambahan. Seperti meja dan kursi kantor sesuai selera.

Tambahkan pencahayaan yang baik serta karpet agar kegiatan anda dalam bekerja lebih nyaman. Anda tentu akan lebih betah berlama-lama bekerja di loteng rumah anda ini. 

Tempat Menyimpan Koleksi Anda

Bukan hanya cocok digunakan sebagai kamar tidur atau tempat kerja, loteng rumah juga bisa diubah menjadi tempat penyimpanan berbagai macam benda koleksi anda.

Anda bisa membuat rak serta penyimpanan built-in yang berbentuk laci. Tujuannya agar bisa menyimpan berbagai macam pernak-pernik koleksi yang anda punya.

Tambah pula furniture seperti karpet dan kursi supaya anda dapat merawat dan menambah koleksi anda dengan mudah dan nyaman. Beberapa koleksi yang bisa disimpan di loteng biasanya seperti sepatu, action figure, buku, tas dan lain sebagainya.

Kamar Tidur Gaya Skandinavia

Inspirasi model loteng rumah selanjutnya bisa anda sulap menjadi kamar tidur yang mengusung gaya Skandinavia. Anda bisa memperoleh pencahayaan alami dari sinar matahari dengan jumlah yang lebih banyak. Selain itu, kamar di loteng  bisa membuat anda lebih hemat listrik.

Ketika anda menciptakan kamar tidur di loteng rumah dengan menerapkan desain Skandinavia, maka kamar tidur tersebut bisa didominasi dengan material kayu untuk lantai serta penyangga langit-langitnya.

Pilihlah warna putih agar membuat kamar tidur tampak lebih besar dari bentuk aslinya. Dengan menerapkan konsep ini, anda bisa semakin betah berada di loteng rumah anda.

Tempat Bermain yang Menyenangkan

Tempat bermain yang nyaman juga bisa terinspirasi dari model loteng rumah anda. Untuk keluarga kecil yang mempunyai anak, bukan hanya mainan saja yang menyenangkan, tetapi energi untuk bermain juga seakan tak ada habisnya.

Bagaimana bila kita mencoba mengalihfungsikan loteng sebagai ruang bermain sekaligus ruang TV keluarga. Di loteng rumah, anda bisa menghabiskan waktu bersama keluarga dan bermain dengan anak-anak dalam suasana yang ceria.

Ada bisa menyimpan semua mainan anak-anak di kotak penyimpanan yang ditempelkan pada dinding. Hal ini akan membuat suasana ruangan terlihat rapi. Tambahkan berbagai macam bantal dan kursi lesehan lengkap dengan karetnya.

Supaya kesan ceria semakin bertambah, model loteng rumah untuk tempat bermain bisa didesain dengan warna terang seperti kuning, putih dan pemilihan warna merah pada interiornya. (R10/HR-Online)

Loading...