Motor Tiba-Tiba Mati, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Motor Tiba-Tiba Mati, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi motor tiba-tiba mati. Foto: Istimewa

Motor tiba-tiba mati atau yang biasa disebut dengan mogok sering sekali terjadi. Bagi pengguna sepeda motor, berkendara adalah hal yang menyenangkan.

Namun, jika ketika berada di perjalanan kendaraan anda tiba-tiba mati, pasti menjengkelkan. Kendaraan yang tiba-tiba dalam keadaan seperti ini akan membuat bingung pemiliknya.

Padahal tidak semua orang yang menggunakan motor tahu tentang onderdil motor. Apalagi jika motor anda mogok di jalan yang areanya jauh dari bengkel, pasti akan lebih sulit.

Motor mendadak mati bisa dipengaruhi berbagai hal. Cara untuk mengatasinya juga berbeda, anda perlu ketahui penyebabnya dulu.

Kendaraan mogok di tengah jalan dapat membahayakan pengendara lain dan diri sendiri. Oleh sebab itu, cek kondisi motor sebelum melakukan perjalanan.

Cara Mengatasi Motor Tiba-Tiba Mati

Bagi yang paham dunia otomotif pasti tahu apa yang perlu dilakukan saat motor mogok. Namun, berbeda bagi pengendara yang tidak mengerti tentang dunia otomotif.

Anda bisa belajar bagaimana cara mengatasi motor yang mogok di tengah jalan. Hal ini perlu diketahui agar anda tidak panik jika mengalaminya. Ada beberapa cara efektif mengatasi motor mendadak mogok. Diantaranya:

Cek Bahan Bakar

Cara mengatasi motor tiba-tiba mati yang pertama adalah melihat tangki bensin. Salah satu faktor utama motor mogok karena kehabisan bensin.

Coba cek dulu apakah bahan bakar motor anda habis dan mengakibatkan motor mogok. Apalagi jika indikator bensin motor anda mati, rajin-rajinlah cek agar tidak sampai kehabisan.

Filter Udara Kotor

Filter udara berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke dalam bahan bakar agar tidak tercampur partikel lain. Jika filter dalam kondisi kotor, dapat berakibat motor mati begitu saja.

Tarikan gas akan lebih berat. Oleh sebab itu, segera cek filter udara motor anda. Lebih efektif lagi jika filter udara tersebut diganti dengan filter udara basah.

Filter udara basah lebih aman tidak perlu dibersihkan, namun langsung diganti. Hal ini mampu mengatasi motor tiba-tiba mati.

Cek Busi Motor

Motor mogok juga bisa diakibatkan karena busi yang buruk. Hal yang perlu dilakukan yaitu cek busi motor anda.

Cara mengetahui apakah busi masih bagus atau tidak dengan masukkan pada tempat berkabel. Selanjutnya kick starter diturunkan. Jika tidak ada percikan api, berarti busi mati.

Cara mengatasi busi mati, ketuk bagian atas dan bersihkan. Namun, cara yang bisa dilakukan yaitu mengganti dengan baru.

Mesin Terlalu Panas

Ternyata mesin mobil yang terlalu panas dapat mengakibatkan motor tiba-tiba mati. Penyebabnya adalah sirkulasi udara dalam oli tersumbat sehingga ring piston mengering.

Suhu panas yang terjadi dari gesekan antara piston dan liner boring membuat mesin panas. Jika hal ini yang menyebabkan motor anda mogok, segera atasi.

Cara yang bisa dilakukan yaitu tunggu mesin hingga benar-benar dingin. Selanjutnya lepaskan busi, masukkan oli baru pada lubang busi tersebut.

Setelah langkah tersebut anda lakukan, sebaiknya nyalakan motor kembali. Gunakan starter motor untuk menyalakan kembali.

Tutup Tangki Tersumbat

Ternyata tutup tangki memiliki peranan yang penting. Lubang kecil di bagian tersebut berperan sebagai ventilator atau pernafasan.

Jika lubang tersebut tersumbat, akan berpengaruh sehingga motor tiba-tiba mati. Hilangnya sirkulasi udara membuat bahan bakar tidak mengalir.

Atasi tutup tangki yang tersumbat dengan tepat. Caranya gunakan kompresor untuk membersihkannya. Jadi, pastikan dulu tutup tangki tidak tersumbat agar motor anda tidak mogok.

Klep Tidak Tepat

Salah satu penyebab motor mendadak mati bisa dikarenakan pemasangan klep yang tidak tepat. Biasanya klep yang terpasang terlalu rapat justru membuat mesin mati terus-menerus.

Hal ini berakibat mesin menjadi overheat atau cepat panas. Cara yang tepat pada pemasangan klep yaitu setel sesuai pabrikan.

Setel klep motor dalam keadaan mesin dingin. Jika hal ini terjadi, segera datang ke bengkel motor resmi sehingga tidak akan menimbulkan masalah kembali.

Banyak faktor yang dapat berpengaruh pada kondisi kendaraan bermotor. Jika motor anda mogok, segera cek dan atasi faktor yang mempengaruhinya. Motor tiba-tiba mati di perjalanan, jangan panik dan atasi permasalahan tersebut dengan tenang. (R10/HR-Online)