Niat Puasa Sunnah Senin Kamis, Sejarah dan Keutamaannya

Niat Puasa Sunnah Senin Kamis
Niat Puasa Sunnah Senin Kamis. Foto: Istimewa

Niat puasa sunnah Senin Kamis perlu diketahui oleh para umat muslim. Terlebih puasa Senin Kamis merupakan salah satu puasa sunnah yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Selepas selesai menjalankan ibadah puasa Ramadhan satu bulan yang lalu, sangat diharapkan umat Islam tidak lepas dari kebiasaan berpuasa.

Banyak sekali jenis puasa sunnah yang dapat dilaksanakan untuk memperoleh pahala dari Allah. Salah satunya adalah melaksanakan puasa sunnah Senin Kamis.

Niat Puasa Sunnah Senin Kamis

Secara hukum Islam, puasa dibagi menjadi dua yakni puasa wajib dan puasa sunnah. Puasa wajib merupakan puasa yang harus dilaksanakan oleh umat muslim, contohnya puasanya Ramadhan.

Sedangkan puasa sunnah adalah puasa yang jika tidak dikerjakan tidak berdosa, akan tetapi jika dilaksanakan akan memperoleh pahala.

Salah satu jenis puasa sunnah yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW adalah puasa Senin Kamis. Dalam menjalankan ibadah pun, niat merupakan hal penting yang harus selalu diingat.

Begitu pula ketika akan menjalankan ibadah puasa, baik itu puasa wajib atau puasa sunnah tentu tidak terlepas dari adanya niat.

Baca juga: Tata Cara Puasa Ganti Ramadhan Beserta Niat Qadha Puasa

Maka dari itu, niat puasa sunnah Senin Kamis hendaknya perlu diketahui dan dipahami bagi setiap umat muslim. Dalam fiqih Islam, hampir semua ulama sepakat jika niat ditempatkan di dalam hati.

Mengucapkan niat secara lisan bukanlah suatu syarat mutlak. Akan tetapi, sejumlah ulama berpendapat apabila hal tersebut hukumnya adalah sunnah. Adapun niat puasa Senin Kamis yaitu:

“Nawaitu shouma yaumal itsnaini sunnatal lillaahi ta’alaa”

Artinya: “Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah Ta’ala”

Niat puasa sunnah Senin dibaca pada saat akan menjalankan puasa sunnah pada hari Senin. Sedangkan untuk puasa sunnah di hari Kamis, maka bacaan niatnya yaitu:

“Nawaitu shouma yaumal khomiisi sunnatal lillahi ta’alaa”

Artinya: “Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah Ta’alaa”.

Membaca niat puasa sunnah Senin Kamis hendaknya dilakukan pada malam hari setelah menjalankan sholat Isya’ atau sebelum tidur. Dapat pula mengucapkan niat beberapa jam sebelum fajar terbit.

Sejarah Asal Mula Puasa Sunnah Senin Kamis

Seperti yang telah kita ketahui, puasa Senin Kamis merupakan salah satu puasa sunnah yang sering dijalankan oleh Rasulullah SAW. Lalu bagaimanakah sejarah atau asal mula puasa Senin Kamis tersebut?

Pada suatu hari, seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah SAW ” Ya Rasulullah, mengapa engkau berpuasa pada hari Senin dan Kamis?”

Seketika Baginda Rasulullah pun menjawab, “Ketahuilah saudaraku, hari Senin dan Kamis adalah hari dimana aku dilahirkan, hari aku diutus, serta di hari itu wahyu diturunkan untukku” (HR. Muslim, Ahmad dan Abu Dau).

Selanjutnya, sahabat tersebut bertanya kembali, “Lalu bagaimana dengan hari Kamis Ya Rasulullah” “Apakah istimewanya hari itu?” tanya sahabat Rasulullah lagi.

Baca juga: Sejarah Awal Mula Puasa Daud dari Sebuah Pertobatan

Selain niat puasa sunnah Senin Kamis, hal tersebut tentu saja juga menarik untuk diketahui. Dalam hal ini, Baginda Rasulullah menjawab dengan tenang.

“Tahukah kamu saudaraku, bahwa pada hari itu (hari Kamis), semua amal ibadah manusia akan dikumpulkan di hadapan Allah oleh para Malaikat. Tidakkah engkau merasa bahagia apabila di saat amalmu sedang diperiksa, engkau sedang dalam keadaan beribadah kepada-Nya?”

Sebagaimana yang telah disebutkan di dalam hadist dari Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu, Rasulullah SAW bersabda:

صَائِمٌ وَأَنَا عَمَلِىيُعْرَضَ أَنْفَأُحِبُّوَ الْخَمِيسِا لاِثْنَيْنِ يَوْمَ الأَعْمَا

“Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa”. (HR Tirmidzi 747)

Keutamaan Puasa Sunnah Senin Kamis

Selain memahami niat puasa sunnah Senin Kamis beserta sejarah asal mulanya, anda juga perlu mengetahui akan keutamaannya.

Keutamaan yang dapat anda peroleh dengan menjalankan puasa sunnah Senin Kamis secara ikhlas adalah dapat menghapus kesalahan serta meningkatkan derajat.

Keutamaan lain dari puasa sunnah Senin Kamis adalah hari istimewa. Di kedua hari tersebut, pintu surga akan terbuka dan merupakan hari lahir Baginda Rasulullah. Selain itu juga, pada hari Senin merupakan hari diturunkannya wahyu untuk pertama kali.

Setelah mengetahui serta memahami niat puasa sunnah Senin Kamis, sejarah serta keutamaannya, para umat muslim yang menjalankan ibadah puasa sunnah ini dengan ikhlas karena Allah Ta’ala maka amal ibadah akan menjadi berlipat ganda dan Allah juga akan meninggikan derajat mereka. (R10/HR-Online)