Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita TerbaruNissan Fairlady Z Terbaru Siap Mengudara dengan Adopsi Desain Retro

Nissan Fairlady Z Terbaru Siap Mengudara dengan Adopsi Desain Retro

Nissan Fairlady Z pelan-pelan telah terbuka tabir misterinya. Pabrikan otomotif Jepang mengumumkan wujud Z series yaitu Fairlady terbaru. Konfirmasi tersebut diberikan pihak Nissan lewat sebuah teaser video pendek pada akun Youtube resmi perusahaan.

Dalam teaser video tersebut menampilkan berbagai model baru yang dijadwalkan akan diluncurkan. Mengusung tajuk Nissan Next From A to Z hingga pada bagian akhir muncul wujud Nissan Z series terbaru yang dilengkapi dengan logo Z.

Baca juga: Mobil Listrik Nissan LEAF Diklaim Aman Lewati Genangan Air 60 Cm

Sejak meluncurkan 370Z 12 tahun lalu, akhirnya Nissan mengumumkan ada model pengganti yang sedang disiapkan. Beberapa desas-desus rendering kreatif dan juga rumor berkaitan dengan mobil Z series atau Fairlady terbaru ini sebelumnya juga sudah bermunculan.

Penampakan Nissan Fairlady Z Terbaru

Nissan merupakan pabrikan mobil yang saat ini sedang berdarah dan berusaha untuk menyembuhkan diri lewat berbagai macam langkah terbaik. Mulai dari mematikan merk Datsun, merampingkan tenaga kerja, pamit dari beberapa negara, hingga menutup pabrik dan fokus pada beberapa pasar.

Ini semua menjadi kunci yang telah dilakukan. Langkah terbaru adalah harus memperbaiki produknya. Bagaimanapun juga, produk menjadi representasi merk dan slogannya.

Berbagai macam model baru Nissan telah terpantau melalui bocoran yang beredar.  Seperti Crossover listrik Nissan Ariya, Nissan X-Trail generasi keempat, dan banyak lagi.

Salah satu yang paling menarik di dalam video teaser yang beredar untuk mobil baru Nissan yang berjudul Nissan Next From A to Z ini adalah siluet mobil sport berlatar belakang huruf Z.

Dapat ditebak bahwa ini merupakan sosok Nissan Fairlady Z generasi baru yang konon akan diberi nama Nissan 400z.

Bagian Eksterior Fairlady Z

Dari video teaser yang beredar, kita bisa membedah elemen desain yang sudah terlihat. Di dalam gambar tersebut terdapat LED DRL yang dipisah antara bagian atas dan juga bagian bawah lampu depan.

Model baru Nissan terlihat mempunyai desain retro yang menarik. Selain itu, mobil ini juga dibekali lampu LED bundar yang dirancang ulang agar bisa menghindari bentuk boomerang 370Z.

Baca juga: Nissan Kicks Facelift Resmi Diluncurkan sebagai Pengganti Juke

Sementara itu, pada bagian pilar C mobil terdapat emblem Z yang sudah jelas diilhami oleh Datsun Fairlady 240Z lawas. Padahal untuk Nissan 370Z saat ini, profil sampingnya juga telah memiliki bentuk yang mirip dengan 240Z.

Mesin

Beralih ke bagian mesin yang akan digunakan oleh Nissan Fairlady Z atau Nissan 400Z ini. Memang bila hanya melihat teasernya saja, kita belum bisa mengetahui seperti apa mesin yang nantinya akan dipakai pada mobil ini.

Akan tetapi, dari berbagai macam bocoran yang beredar, diketahui bahwa mesin yang akan digunakan oleh Nissan 400Z ini disinyalir adalah mesin 3000 cc V6 twin-turbo.

Diduga ini akan meminjam mesin dari Infiniti Q60 Red Sport 400. Paling tidak mesin ini akan memiliki 400 tenaga kuda atau lebih dekat dengan 500hp. Mesin akan menempel pada penggerak roda belakang dan menawarkan pergeseran tongkat persneling serta pilihan otomatis.

Interior

Dimensi interior yang disuguhkan oleh Fairlady Z ini tidak lebih besar dari mobil sekarang ini. Dengan overhang depan dan juga belakang pendek serta interior dua kursi yang ketat.

Nissan Fairlady Z merencanakan berbagai macam perubahan pada bagian interior dan juga akan membawa mobil Z terbaru ini dengan teknologi yang menarik.

Nissan akan menggunakan platform Nissan 370Z yang dimodifikasi menyeluruh agar bisa menciptakan Nissan 400Z.

Hal ini ini disebabkan karena terlalu mahal jika membuat platform baru khusus untuk mobil sport yang penjualannya kecil.

Performanya Lebih Ganas

Selain penggunaan mesin V6 3.0 liter twin-turbo untuk 400Z yang bisa memberikan performa sebesar 400 hp, mesin tersebut juga diadopsi dari model Infiniti Q50 dan Q60.

Hal ini tentu bisa menghadirkan performa Nissan Fairlady Z yang lebih ganas. Disamping itu, versi baru Nissan dengan logo Z saat ini telah didaftarkan Nissan untuk menjadi sebuah merk dagang.

Baca juga: Nissan Ariya 2020, Crossover Listrik Sporty yang Siap Meluncur

Disamping memiliki bentuk eksterior yang belum banyak terungkap, tidak banyak yang dapat diketahui mengenai Nissan 400Z sekarang ini.

Selain performa yang dimilikinya, kemungkinan besar Nissan juga akan membawa rangkaian teknologi baru untuk tampilan Fairlady Z.

Ketika Nissan Fairlady Z atau Nissan 400Z ini meluncur, tampaknya Toyota GR Supra sudah harus bersiap-siap memperoleh pesaing baru dari negara asalnya. (R10/HR Online)