Nissan Kicks e-Power, Mobil Listrik dengan Fitur Canggih Lebih Bertenaga

Nissan Kicks e-Power, Mobil Listrik dengan Fitur Canggih Lebih Bertenaga
Nissan Kicks e-Power, mobil listrik dengan fitur canggih lebih bertenaga. Foto:Ist/Net

Nissan Kicks e-Power sudah resmi menjalankan debut globalnya di Thailand pada bulan Mei yang lalu. Peluncuran tersebut dilakukan melalui siaran digital kanal YouTube Nissan Thailand.

Negara Thailand adalah negara pertama yang telah meluncurkan All New Kicks e-Power. Thailand juga menjadi tempat kedua yang memproduksi teknologi e-power sesudah negara Jepang.

Meskipun dalam situasi pandemi Covid-19, Nissan telah meluncurkan mobil yang memanfaatkan tenaga listrik tersebut secara digital.

Kehadirannya disambut baik oleh penggemar mobil listrik. Lantas seperti apakah spesifikasi Kicks e-Power ini? Lalu apa saja fitur canggih yang dibawanya?

Spesifikasi Nissan Kicks e-Power

Mobil terbaru dari Nissan ini memanfaatkan tenaga listrik yang dibekali teknologi hybrid. Dimana mobil ini memiliki mesin yang berfungsi sebagai generator penghasil listrik.

Kemudian tenaga yang dihasilkan akan disalurkan ke baterai dan juga motor listrik agar bisa menggerakkan roda. Inilah yang menjadi pembeda produk Nissan dengan mobil hybrid merk yang lain.

Sebab, mesinnya tidak terhubung dengan sistem penggerak yang ada. Hanya motor listrik saja yang dipakai sebagai komponen utama untuk penggerak. Hal ini membuat mobil ini tampak benar-benar seperti mobil listrik murni ketika dikemudikan.

Desain Eksterior

Jika dilihat dari tampilan eksteriornya, Nissan Kicks hybrid memiliki perbedaan dengan modal konvensional yang telah dijual secara global. Akan tetapi, jika diperhatikan secara desain masih sama mengusung wujud sebuah SUV crossover.

New Nissan Kicks e-Power menampilkan desain dan wajah baru. Seperti pada bagian lampu depan, kap mesin, grill, dan bumper yang mengalami perubahan total.

Bagian lampu depan mobil ini berupa LED dengan model reflektor memiliki bentuk yang melebar dan lebih sipit dibandingkan dengan pendahulunya.

Ada pula LED DRL yang memiliki bentuk lurus pada bagian bawah cluster lampu depan serta positioning lamp ala boomerang yang berada di bagian atas lampunya.

Mobil ini menggunakan grill berwarna hitam dengan bentuk V motion yang baru. Lalu saat ini tidak menggunakan bilah krom besar.  Pada area tengah-bawah bumper depannya telah dilengkapi dengan lis krom tipis.

Beralih ke bagian samping, Nissan Kicks e-Power telah menggunakan velg baru palang 5 dual tone dengan ukuran sebesar 17 inci.

Bagian Interior

Nissan Kicks hybrid pada bagian interiornya juga mengalami perubahan. Meskipun sebagian besar interiornya sama dengan versi yang ada di belahan dunia lain, tetapi saat ini Nissan Kicks telah memakai setir baru dengan desain yang mirip Nissan Leaf.

Dilengkapi juga tuas persneling baru yang khusus bagi varian e-power. Sementara itu, untuk kelengkapannya mobil ini juga telah dilengkapi dengan berbagai hal menarik.

Seperti infotainment yang mendukung Apple CarPlay berukuran 8 inci. Didukung pula dengan jok kulit dan panel instrumen digital dengan ukuran 7 inci.

Dalam urusan keselamatan, Nissan Kicks e-Power telah dilengkapi berbagai fitur standar seperti ABS, 6 buah airbags, EBD, BA, ISOFIX, VDC, dan juga HSA.

Sejumlah fitur keselamatan aktif yang tergabung di dalam paket Nissan Intelligent Mobility juga disertakan di dalam mobil baru ini.

Seperti Intelligent Ride Control, Intelligent Forward Collision Warning, Moving Object Detection, Driver Attention Alert, A Digital Rearview Mirror, Intelligent Trace Control, dan Blind Spot Warning.

Performa Mesin dan Motor Listrik

Satu hal yang paling menarik dari Nissan Kicks ini adalah bagian dapur pacunya. Mobil ini telah menggunakan teknologi berupa e-power seperti yang digunakan pada Nissan Serena dan Nissan Note.

Nissan Kicks e-Power menggunakan mesin HR12DE 1.200cc 3 silinder yang mempunyai tenaga 72 PS pada 5.400 rpm serta torsi 103 Nm pada putaran 4.400 rpm.

Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan mesin tersebut. Sebab, itu merupakan mesin Datsun Go Panca. Akan tetapi, Nissan telah memadukan mesin itu dengan motor listrik EM57 bertenaga 129 PS yang memiliki torsi 260 Nm dan baterai 1.57 kWh.

Mesin ini diletakkan di bagian bawah jok depan. Mesin tersebut akan menjadi generator untuk baterai yang menjadi sumber tenaga bagi motor listriknya.

Jadi, intinya ini merupakan ini merupakan mobil listrik yang memiliki sumber tenaga bensin. Mobil ini ramah lingkungan, tetapi memiliki tenaga yang dihasilkan dari bahan bakar minyak juga.

Meski Nissan Kicks e-Power tidak sepenuhnya ramah lingkungan, tetapi paling tidak dapat menjadi perantara untuk menuju elektrifikasi masa depan. (R10/HR Online)