Pasang Relay Klakson dari Dua Sistem yang Berbeda

Pasang Relay Klakson dari Dua Sistem yang Berbeda
Ilustrasi Pasang Relay Klakson. Foto Istimewa

Sebelum pasang relay klakson, sebaiknya ketahui komponen kelengkapannya dulu. Klakson adalah komponen penting pada setiap kendaraan.

Perangkat ini merupakan standar untuk kendaraan mobil atau motor. Fungsi klakson yaitu sebagai penanda suara dari pengendara satu dengan yang lain.

Klakson juga biasa dibunyikan saat pengendara ingin menyapa. Sistem kerja klakson tidak semudah yang dibayangkan.

Komponen ini dapat menyala karena adanya bantuan aliran listrik yang sejati. Klakson memerlukan daya yang cukup besar.

Hal yang sering terjadi pada klakson tidak bunyi yaitu suplai daya listrik yang kurang. Daya yang tidak bisa masuk dengan sempurna akan berpengaruh pada saklar klakson itu sendiri. Bagi anda yang menginginkan bunyi klakson kencang dan lantang, bisa tambah relay klakson.

Fungsi Pasang Relay Klakson pada Kendaraan

Sebelum memasang relay klakson, sebaiknya ketahui dulu apa fungsi relay klakson. Relay memiliki fungsi sebagai saklar pemutus dan penghubung arus listrik yang berat.

Saat menggunakan bantuan relay saklar kabel tidak perlu berukuran besar. Relay banyak diminati saat ini sehingga keberadaannya selalu dicari.

Anda tidak perlu takut untuk tidak mendapatkannya. Sebab, relay sudah tersedia beragam jenis di pasaran. Adanya hal ini, anda perlu hati-hati dalam memilihnya karena ada juga relay palsu.

Baca juga: Cara Mengemudi Mobil Manual yang Benar dan Mudah

Sebaiknya beli relay di bengkel ternama dekat rumah anda. Pasang relay klakson bisa anda lakukan sendiri. Ada banyak jenis relay yang bisa anda pilih.

Diantaranya Hella, Fiam, Bosch, PIAA, Wolo, Hadley, hingga Fer. Semua merk relay tersebut bagus namun, yang sering dipakai adalah merk Bosch dan Hella. Kelebihan relay untuk klakson anda yaitu memperbesar suara klakson bawaan pabrik.

TCL

Cara Pasang Relay dari Dua Sistem

Memasang relay klakson perlu memperhatikan beberapa hal. Alangkah baiknya jika sebelumnya ketahui komponen yang perlu disiapkan.

Selain itu, siapkan peralatan sebelum pasang relay klakson pada kendaraan. Pemasangan dilakukan dengan dua sistem yaitu negatif dan positif.

Komponen yang perlu ada meliputi socket dan terminator relay. Misalnya yang anda gunakan relay merk Bosch dengan dudukan 4-5 kaki.

Selain itu, anda juga perlu menyiapkan fuse box dan terminal konektor. Sebaiknya sesuaikan beban arus dengan kendaraan yang akan diberi relay. Jangan sampai ketinggalan, siapkan kabel serabut tebal diameter 5 mm dan ring terminal 10 mm.

Saat anda membeli relay klakson di bengkel, pastikan itu asli. Biasanya kabel untuk pemasangan sudah menjadi satu set dengan relay itu sendiri.

Sebelum memasang relay klakson kendaraan anda, ketahui skema yang tepat. Jika skema sudah anda pahami, tinggal pasang.

Pasang relay pada kendaraan anda sendiri bisa menekan pengeluaran. Saatnya ketahui pasang relay klakson melalui tegangan positif dan negatif.

Pada sistem negatif biasanya dilengkapi dua buah kabel. Begitu juga dari sisi positif, memiliki kabel saklar dan ground.

Sistem Negatif

Biasanya relay memiliki nomor bawaan pada komponen untuk memudahkan anda untuk memasangnya. Pada sistem negatif, anda perlu perhatikan cara pemasangan yang benar.

Bagian relay nomor 30 menuju positif accu, namun syaratnya kabel harus tebal dan langsung. Langkah berikutnya, kaki relay nomor 87 arahkan ke positif klakson, anda bisa gunakan kabel sedang.

Baca juga: Kelebihan Peredam Suara Mobil, Pastikan Anda Memasangnya!

Kaki relay nomor 85 arahkan ke salah satu kabel klakson A. Sedangkan pada kaki relay nomor 86 arahkan pada kabel klakson B.

Anda bisa pasang dulu kabel dari kaki 85 atau 86. Tidak semua jenis relay memiliki posisi nomor kaki yang sama. Sebaiknya anda perhatikan dengan teliti sebelum pasang relay klakson.

Sistem Positif

Berbeda pada pemasangan sistem yang berbeda pula. Langkah pemasangan pertama dengan sistem positif dimulai dari kaki relay nomor 30.

Pasang kaki relay ini menuju positif accu. Syaratnya sama kabel harus tebal dan langsung dari accu. Langkah kedua kaki relay nomor 87 arahkan ke positif klakson. Ukuran kabel bisa tebal atau sedang.

Selanjutnya, kaki relay nomor 85 ke salah satu kabel klakson A. Terakhir, kaki relay nomor 86 ke arah kabel klakson B.

Sebaiknya perhatikan setiap ujung kabel saat pemasangan. Jika pemasangan salah sedikit saja mengakibatkan kerusakan komponen lain. Pasang relay klakson perlu perhatikan dengan teliti dan seksama. (R10/HR-Online)

Loading...