Peluncuran Android 11 Ditunda, Ini Penjelasan Google

Peluncuran Android 11 Ini Penjelasan Google
Android 11. Foto: Ist/Net

Android 11 digadang-gadang bakal diluncurkan Google pada 3 Juni 2020. Namun, Google menunda peluncuran Android 11 tersebut, bahkan peluncuran testernya pun diundur.

Pihak Google mengungkapkan penundaan tersebut dalam website Android Developer. “Sekarang bukan waktunya perayaan,” tulis Google, seperti dikutip HR Online, Selasa (2/6/2020).

Google belum memastikan kapan peluncuran sistem operasi terbaru tersebut. Hanya saja Google menulis dalam website Android, peluncuran sistem android terbaru itu bakal secepatnya digelar.

Meskipun Google tidak mengungkapkan alasan ditundanya peluncuran sistem Android terbaru tersebut, namun diduga kondisi Amesika Serikat yang tidak kondusif jadi penyebabnya.

Sudah beberapa hari, negeri Paman Sam tersebut rusuh karena demonstrasi yang dipicu tewasnya George Floyd. Warga kulit hitam asal Minneapolis, Amerika Serikat itu dibunuh polisi. Sampai hari Senin, 1 Juni 2020, sudah 6 hari gelombang demonstrasi di AS berlangsung.

Preview Sudah Beredar, Meski Peluncuran Android 11 Diundur

Google sudah menampilkan preview Android 11 kepada developer aplikasi, lengkap dengan detailnya.Google menyebutkan, fitur baru Android 11 akan berguna untuk berbagai aplikasi.

Layar lipat, 5G, media baru, machine learning, kamera, sampai call-screening APIs, disebutkan Google bakal menyempurnakan sistem dalam Android 11.

Google juga memberi waktu developer untuk menyesuaikan aplikasi ciptaan mereka ke Android 11 sampai akhir 2021.

Jika sebelumnya Google menamai sistem operasi (OS) dengan berbagai nama makanan seperti Jellybean, dan lainnya, saat ini Google memilih menamainya dengan Android 11.

Android 11 ini merupakan lanjutan dari Android 10. Ketika Android 10 dirilis, banyak aplikasi yang malah rusak karena tidak bisa menyesuaikan dengan OS yang sudah stabil.

Karena itu Google memberi waktu para developer untuk menyesuaikan aplikasinya sampai akhir 2021 sampai peluncuran Android 11 benar-benar dirilis oleh Google.

Hal ini juga yang jadi alasan Google menunda penegakan Application Programming Interface) manajemen file baru dalam Android 11. Google hanya berani merilisnya dalam bentuk Developer Preview terlebih dahulu.

Google juga berusaha  mempermudah para developer untuk melakukan penyesuaian. Karena itu Google memundurkan kompatibilitasnya. Aplikasi apapun yang tidak menggunakan OS baru dari Google itu tidak akan rusak sebagaimana ketika Android 10 dirilis dulu.

Google sudah mewanti-wanti agar pada developer yang merilis aplikasinya melalui Google Play Store menerapkan SDK (Software Development Kit) tidak lebih dari satu tahun sejak rilis Android 11. Hal ini harus dipersiapkan oleh para developer sebelum peluncuran Android 11 dilaksanakan oleh Google.

Karena itu semua aplikasi harus sudah menggunakan Android 11 pada akhir 2021. Ini memberikan waktu yang cukup untuk developer dalam memperbaharui dan menguji proyek pada API baru.

Namun, para developer terkadang menunda-nunda untuk mengerjakan SDK baru pada aplikasinya. Hal ini karena pembaruan sistem terkadang lambat pada banyak perangkat.

Developer Review Android 11

Developer review untuk Android 11 sudah diluncurkan. Hanya saja developer hanya bisa menerapkannya dalam perangkat Pixel 2 atau seri lain yang lebih baru.

Meskipun begitu, OS Android terbaru ini sudah memasuki tahap uji coba. Sejumlah developer sudah mencoba menerapkannya dalam aplikasi mereka. Mereka tinggal menunggu waktu saja kapan peluncuran Android 11 ini dilaksanakan oleh Google.

Apalagi Android 11 Developer Preview 3 juga sudah bisa diunduh. Pertama kali Developer Review Android 11 dirilis pada Februari lalu. Lalu diperbaharui ke versi 1.2.2.1, baru kemudian versi ketiga yang sudah dirilis saat ini.

Dikemukakan dalam lama Android Community pada April lalu, Android 11 Develover Preview versi ketiga ini sudah dibekali berbagai fitur baru.

Salah satunya adalah USB Ethernet tethering yang menarik perhatian para developer. Bug pada USB ini diklaim sudah diperbaiki sehingga mampu memudahkan pekerjaan para developer.

Saat ini banyak para developer Android yang bekerja dari rumah. Sehingga banyak developer menunda pekerjaan mereka. Namun dengan sistem OS yang baru, para developer masih bisa bekerja untuk menyempurnakan aplikasi mereka.

Sayangnya peluncuran Android 11 ditunda oleh pihak Google. Pihak Google juga belum merilis kapan tepatnya waktu rilis OS terbaru ini. Para developer tampaknya masih perlu bersabar. (Ndu/R7/HR-Online)

Loading...