Pemdes Cibeureum Kota Banjar Salurkan BLT Desa Tahap 2, Jumlahnya Hanya 12 KK

Pemdes Cibeureum
Pembagian bantuan langsung tunai (BLT) dana desa di Desa Cibeureum Kota Banjar. Foto: Istimewa

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Pemerintah Desa atau Pemdes Cibeureum, Kota Banjar, Jawa Barat, menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT). BLT yang dibagikan berasal dari anggaran dana desa. BLT diberikan kepada sejumlah warga penerima manfaat di Kantor Desa Cibeureum, Senin (15/6/2020).

Kepala Desa Cibeureum, Yayan Sukirlan, mengatakan, ada 12 orang penerima bantuan langsung tunai. Bantuan yang diberikan sebesar Rp 600 ribu per bulan untuk warga terdampak wabah Covid-19 yang dianggarkan dari dana desa.

Jumlah tersebut merupakan penerima BLT dana desa yang telah terdaftar pada saat penyaluran bantuan tahap pertama.

“Jumlah penerimanya sama dengan yang tahap pertama. Nominalnya juga tidak berubah,” kata Yayan kepada HR Online, Senin (15/6/2020).

Menanggapi adanya perpanjangan bantuan BLT dana desa dari Kemendes PDTT hingga bulan September 2020 mendatang, pihaknya akan tetap mengikuti ketentuan peraturan yang telah ditetapkan.

“Saat ini baru rencana pembagian tahap ketiga. Untuk yang perpanjangan kami masih menunggu intruksi dari Pemkot,” katanya.

Melalui penyaluran BLT tahap kedua ini ia berharap dapat meringankan beban kebutuhan masyarakat mengingat wabah pandemi Covid-19 belum juga menunjukan kapan akan berakhir.

“Dampak pandemi memang sangat dirasakan oleh masyarakat. Semoga bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan baik,” harapnya.

Dari informasi yang diterima HR Online, selain Pemdes Cibeureum, sejumlah Pemerintah Desa seperti Desa Rejasari dan beberapa Desa yang lain di Kota Banjar saat ini sudah mulai mendistribusikan bantuan langsung tunai (BLT) dari Desa.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pemberdayaan masyarakat Desa Dinas Kesbangpol Kota Banjar, Yudi Permadi menyebutkan, setidaknya 1810 KK telah menerima bantuan sosial program BLT dana desa tahap pertama.

Rencananya untuk penyaluran BLT dana desa tahap kedua akan mulai didistribusikan pada bulan Juni ini. (Muhlisin/R7/HR-Online)