Pemkab Ciamis Kembali Terima Bantuan Ratusan Ribu Benih Ikan

Pemkab Ciamis Kembali Terima Bantuan Ratusan Ribu Benih Ikan
Bupati Ciamis secara simbolis menerima bantuan 500.000 benih ikan air tawar dari Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat, Kamis (25/6/2020), di halaman Pendopo.Foto:Fahmi/HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat, kembali memberikan bantuan 500.000 benih ikan air tawar kepada Pemkab Ciamis.

Penyerahan bibit bantuan ikan tersebut dilakukan Kamis (25/6/2020), di halaman Pendopo Bupati Ciamis.

Bibit ikan ini nantinya akan ditebarkan di perairan umum (restocking) di seluruh wilayah perairan yang ada di kabupaten Ciamis.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyambut baik bantuan benih ikan yang diberikan Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Wilayah Selatan, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat .

“Untuk tahun ini bantuan sudah dua kali Ciamis terima dan bantuan awal sudah d sebar di beberapa perairan umum di Ciamis, sangat bermanfaat sekali,” ujar Herdiat.

Kata dia, program tebar benih ikan ini sesuai dengan misi Pemkab Ciamis yaitu membangun perekonomian yang berbasis pemberdayaan masyarakat, ekonomi kerakyatan serta potensi lokal unggulan.

“Penebaran ikan ini akan sangat terasa oleh masyarakat, terutama yang di dekat perairan dikarenakan populasi ikan akan terus bertambah,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis, Syarif Nurhidayat mengatakan, bantuan ikan ini nantinya akan disebar di beberapa wilayah perairan yang ada di kabupaten Ciamis seperti halnya sungai, danau, waduk dan genangan air lainnya.

“Ikan ini akan langsung ditebar dan tidak akan membutuhkan waktu lama setelah dari sini kita langsung terbarkan,” ungkap Syarif.

Kata dia, selain menerima bantuan benih ikan, Pemkab Ciamis juga  menyerakan paket hygiene dan sanitasi kepada pengelola pasar ternak Ciamis, untuk mendukung protokol kesehatan dalam rangka Adaptasi kebiasaan baru (AKB) .

“Alhamdulillah dalam rangkaian acara hari ini Bupati Ciamis memberikan bantuan secara simbolis berupa Wastapel Portable, sabun cuci tangan, Hansanitezer dan disinfektan  kepada 7 pengelola pasar ternak yang berada di kabupaten Ciamis, semoga bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya,” pungkasnya. (Fahmi/R8/HR Online)

Loading...