Pengobatan Irritable Bowel Sindrome secara Alami

Pengobatan Irritable Bowel Sindrome secara Alami

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com).- Pengobatan Irritable Bowel Sindrome. Irritable Bowel Sindrome merupakan gangguan penyakit jangka panjang yang meliputi sistem pencernaan.

Penderita Irritable Bowel Sindrome umumnya mengalami perkembangan buruk dalam kesehatan secara berangsur-angsur.

Pengobatan penyakit ini bisa dilakukan secara alami. Berikut akan ulasan mengenai cara mengobati Irritable Bowel Sindrome secara alami.

Pengobatan Irritable Bowel Sindrome

Mengatur Pola Makan dan Jenis Makanan

Irritable Bowel Sindrome sendiri merupakan salah satu penyakit yang menyerang sistem pencernaan. Dalam hal ini, tentunya sistem pencernaan sangat diperhatikan keadaannya.

Cara yang paling utama dalam mengobati Irritable Bowel Sindrome secara alami, yaitu mengatur pola makan dan jenis makanan yang akan dikonsumsi.

Ada beberapa aturan terkait dengan pengobatan Irritable Bowel Sindrome secara alami. Caranya dengan mengatur pola makan dan jenis makanan.

Yaitu mengonsumsi makanan dengan porsi yang kecil, tidak telat aturan jam makan, mengurangi konsumsi alcohol, kafein dan minuman bersoda.

Dan yang paling penting adalah mencukupi kebutuhan cairan dengan minum.

Dalam hal ini, minimal minum air putih sebanyak 8 gelas per hari. Selanjutnya, hindari makanan dengan kriteria berlemak dan jenis makanan kaleng.

Untuk konsumsi buah, sebaiknya tidak lebih dari 3 porsi per hari.

Lalu yang terakhir dan yang paling penting adalah mengunyah makanan dengan baik.  Karena hal ini berkaitan dengan proses pencernaan di dalam sistem nantinya.

Rutin Olahraga

Selain merupakan kewajiban, olahraga menjadi salah satu cara alami dalam mengobati Irritable Bowel Sindrome.

Faktanya, seseorang yang lebih menjaga diri dengan olahraga lebih rawan terkena Irritable Bowel Sindrome.

Hal ini dikarenakan, olahraga sendiri dapat melancarkan sistem pencernaan serta membakar racun yang tidak pantas dalam tubuh.

Olahraga yang disarankan pada pengobatan ini, antara lain senam aerobik, jalan cepat, serta bersepeda.

Mulai dari senam aerobik, pada senam ini akan banyak membakar lemak dalam tubuh penyebab utama munculnya racun-racun berbahaya.

Selanjutnya, jalan cepat adalah salah satu olahraga guna menyeimbangkan tubuh secara proporsional dan terjaga.

Dan yang terakhir dalam pengobatan Irritable Bowel Sindrome, berdasarkan ke-olahraga-an, yaitu bersepeda.

Meskipun terlihat kecil aktivitasnya, ternyata bersepeda dapat membawa dampak yang baik pada pengobatan penyakit ini.

Selayaknya bersepeda, selain membakar lemak berlebih dan racun pada tubuh, ternyata juga melatih otot perut supaya lebih kuat dan baik keadaannya.

Menurunkan Tingkat Stres

Pada kenyataannya, stres merupakan salah satu pemicu kebanyakan penyakit bertambah semakin parah.

Sama seperti tingkatan stress pada umumnya, Irritable Bowel Sindrome juga dapat berdampak lebih buruk ke hemoroid atau penyakit wasir.

Salah satu penyebab yang memicu penyakit tersebut bertambah buruk adalah faktor stress atau pikiran berlebih.

Menurunkan tingkat stress sebagai salah satu alternatif pengobatan Irritable Bowel Sindrome dapat dilakukan dengan cara yang sederhana. Misalnya, meditasi atau pijat.

Meditasi merupakan salah satu aktivitas untuk berdiam diri dan refleks dalam suatu keadaan. Kegiatan ini berkaitan dengan aktivitas religius, baik lahir maupun batin. (Deni/R4/HR-Online)