Enggan Bayar Tiket, Pengunjung Pantai Pangandaran Gunakan Jalan Pintas

Pengunjung Pantai Pangandaran
Para pengendara motor melewati jalan pintas untuk menuju Pantai Pangandaran. Foto: Enceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Sejumlah pengunjung Pantai Pangandaran, Jawa Barat menggunakan jalan pintas untuk sampai ke Pantai. Tujuannya mereka ingin menghindari petugas dan ingin bebas masuk Pantai tanpa perlu membayar tiket retribusi.

Hal ini jika dibiarkan akan menyebabkan kebocoran retribusi. Karena itu, Pemda Pangandaran melakukan pengawasan ketat terhadap jalur jalan pintas menuju Pantai Pangandaran.

Dadan Sugista, Ketua Pelaksana Tim Khusus Retribusi Wisata, mengatakan, pihaknya sudah mengetahui 3 jalur yang sering dijadikan jalan pintas menunju Pantai Pangandaran.

“Kebanyakan yang melewati jalan pintas untuk menuju ke Pantai Pangandaran itu pengunjung yang menggunakan kendaraan bermotor,” ujar Dadan, Jum’at (19/6/2020).

Dadan menyebut pengunjung yang nekat melewati jalan pintas demi sampai ke Pantai Pangandaran adalah pengunjung nakal yang enggan membayar tiket masuk.

“Padahal tiket masuk untuk para pengunjung itu hanya Rp 14 ribu per satu motor, tidak mahal sama sekali,” katanya.

Menurut Dadan, tiket masuk Rp 14 ribu tersebut digunakan untuk retribusi wisata, kebersihan, parkir, dan juga asuransi.

“Selain retribusi, kebersihan, dan parkir, dalam tiket 14 ribu itu ada juga asuransi, ini berguna apabila pengunjung sewaktu-waktu mengalami kecelakaan,” jelasnya.

Saat ini Pemda Pangandaran mengawasi jalan pintas tersebut dengan ketat. Diantaranya dengan menempatkan petugas Satpol PP dan petugas Jaga Lembur di jalur jalan pintas menuju Pantai Pangandaran.

“Apalagi dalam kondisi sekarang ini masih ada dalam pandemi Covid-19, maka pengawasan akan diperketat. Tujuannya untuk pengunjung dari luar Pangandaran agar bisa dipastikan kesehatannya dan bebas Covid-19,” katanya.

Dadan khawatir perbuatan nekat para pengunjung yang menggunakan jalan pintas akan menimbulkan kebocoran retribusi wisata.

“Pengunjung diharapkan sadar akan kewajibannya, bayarlah retribusi saat berwisata ke Pantai Pangandaran. Pengunjung juga harus memastikan dirinya dalam keadaan sehat dan terbebas Covid-19,” tandasnya. (Ceng2/R7/HR-Online)