Penyebab Mata Panda dan Cara Mengatasinya

Penyebab mata panda dan cara mengatasinya. Foto: Ilustrasi/Net.
Penyebab mata panda dan cara mengatasinya. Foto: Ilustrasi/Net.

Penyebab mata panda dan cara mengatasinya yang perlu kamu ketahui agar terhidar dari kondisi tersebut. Area yang menghitam di bawah mata menurut banyak orang disebut sebagai mata panda.

Ada pula yang menyebut bahwa “mata merupakan jendela hati.” Namun, kondisi tersebut juga bisa mengungkap betapa berat hari-hari yang kamu lalui.

Seperti yang dikatakan profesor klinis dermatologi dari New York University Langone Medical Center, Doris Day.

Dilansir NBC News, Doris menyebutkan bahwa mata panda atau area hitam di bagian bawah mata bisa jadi sebagai tanda kurangnya waktu tidur.

Penyebab Mata Panda dan Cara Mengatasinya

Kurang Tidur

Kurang waktu tidur maupun rasa lelah yang luar biasa bisa menjadi penyebabkan timbulnya lingkaran hitam di bawah mata. Kondisi itu akan terlihat pada pagi harinya.

Profesor Doris juga menjelaskan, penyebab kulit di bagian bawah mata terlihat menggelap akibat kombinasi pembesaran yang terjadi pada pembuluh darah.

Selain itu, adanya pigmen serta ketebalan kulit dengan cairan yang menumpuk di area sensitif tersebut dapat menyebabkan mata panda.

Gaya Hidup Tak Sehat

Namun, faktor gaya hidup yang tak sehat juga bisa berkontribusi munculnya lingkaran hitam di area mata atau biasa disebut mata panda.

Seperti mengonsumsi makanan yang tidak sehat dan juga tidak seimbang, dehidrasi, atau minum alkohol terlalu banyak.

Faktor Genetika

Meski begitu, menurut Doris, faktor genetika serta penuaan pun punya andil yang dapat memicu munculnya area hitam di bagian bawah mata.

Karena, seiring dengan bertambahnya usia seseorang maka jaringan yang ada di sekitar mata jadi melemah.

Kondisi tersebut menurut para ahli akan memicu terjadinya kerusakan kolagen yang menyebabkan lemak di wajah bergeser ke bagian bawah kelopak mata. Hal itu dapat menciptakan adanya bayangan gelap dan membengkak.

Bahkan, tak banyak orang yang mengetahui kalau sering mengucek mata juga bisa memunculkan area hitam di bagian bawah mata.

Misalnya rasa gatal akibat alergi dapat menyebabkan mata memerah dan gatal. Apabila terus-menerus mata yang terasa gatal itu dikucek, maka akan terjadi iritasi. Sehingga nantinya bakal timbul warna gelap di kulit sekitar mata.

Cara Mengatasinya

Para ahli percaya bahwa untuk mengatasi area gelap pada bagian bawah mata yaitu dengan cara kombinasi dalam melakukan perawatan kulit.

Selain itu, tentunya juga dengan menerapkan pola gaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari kita.

Menurut Doris, perawatan kulit secara khusus, misalnya dengan cara laser atau peeling memang bisa mengencangkan kulit di sekitar area bawah mata.

Namun, filter terkadang dibutuhkan pada beberapa kasus, karena memang efeknya akan lebih lama lagi.

Di Indonesia, microneedling dan botox atau yang dikenal tekhnik tanam benang, juga bisa membantu membuat kerutan kulit menjadi halus.

Dengan cara tanam benang juga dipercaya akan mampu memberi dampak yang lebih memuaskan. Hal itu karena mampu menstimulasi pada produksi kolagen.

Selain membantu dalam penyerapan serum lebih dalam lagi, cara kombinasi dalam melakukan perawatan juga termasuk sebagai upaya mencegah anti penuaan.

Tetapi, jika dengan bedah kosmetik bukan menjadi pilihanmu, maka dengan cara memakai krim mata yang banyak dijual di pasaran bisa menjadi solusinya.

Sebab, cara seperti itulah yang memberikan efek sama. Namun karena ada beberapa hal, sehingga butuh waktu yang lebih lama lagi.

Tentunya yang paling penting adalah kamu harus selalu menerapkan pola gaya hidup sehat dalam keseharianmu demi kesehatan mata kamu. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...