Penyebab Motor Brebet Ketika Digas yang Sering Diabaikan

Penyebab Motor Brebet
Ilustrasi Penyebab Motor Brebet. Foto: Istimewa

Penyebab motor brebet ternyata dapat berasal dari berbagai faktor, salah satunya akibat kegiatan sehari-hari.

Karena mobilitas yang cukup tinggi inilah, seringkali para pemilik kendaraan ini mengabaikan perawatan pada motor.

Kurangnya perawatan tersebut menjadi awal mula motor menjadi brebet dan tidak nyaman ketika hendak digunakan.

Motor brebet sebenarnya menjadi salah satu indikasi bahwa beberapa komponen pada motor kesayangan anda mengalami masalah dan pertanda perlu diservis.

Penyebab Motor Brebet

Gejala motor brebet umumnya muncul ketika motor telah berjalan dan grip gas mulai diputar lebih dalam. Tarikan motor akan menjadi tersendat dan pada beberapa kasus yang telah terjadi motor dapat mati ataupun mogok.

Sebenarnya motor brebet bukan karena masalah yang berat, akan tetapi memang dibutuhkan penanganan secepatnya.

Apabila dibiarkan begitu saja, maka motor akan menjadi kurang nyaman dan juga dapat menimbulkan kerusakan yang jauh lebih parah.

Terdapat beberapa penyebab motor brebet yang wajib untuk anda ketahui agar nantinya dapat melakukan perbaikan secara cepat.

Baca juga: Penyebab Motor Mati Seperti Kehabisan Bensin Saat Digas

Secara umum, motor menjadi brebet ketika digas disebabkan oleh perbandingan komposisi di ruang bakar yang tidak sesuai.

Hal ini dikarenakan jenis bahan bakar yang digunakan tidak sesuai dan otomatis menjadikan pembakaran mesin kurang sempurna.

Cara penanganan yang dilakukan dapat digunakan sebagai salah satu pencegahan agar motor anda tidak lagi brebet ketika digunakan.

Bahan Bakar Tidak Tepat

Penggunaan bahan bakar yang tidak tepat menjadi salah satu penyebab motor brebet yang paling umum.

Banyak dari pemilik sepeda motor sengaja menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh pabrik dengan alasan jauh lebih hemat budget.

Kebanyakan pemilik motor akan memilih bahan bakar dengan harga yang lebih murah. Padahal setiap pabrik sepeda motor telah mengeluarkan standar pengisian bahan bakar yang sesuai dengan rasio dan juga kompresi mesinnya.

Apabila masih nekat menggunakan bahan bakar di bawah standar, maka anda juga harus bersiap-siap motor mengalami masalah seperti brebet.

Busi Mulai Soak

Penyebab motor brebet selanjutnya adalah fungsi kerja busi yang mungkin sudah mulai lemah. Aliran setrum yang tidak dapat dikonversi secara baik dapat menimbulkan lentikan api pada ruang bakar.

Api yang lemah tersebut tentu akan menjadikan sistem pembakaran menjadi tidak optimal sehingga muncul gejala brebet.

Apabila busi dalam kondisi yang tidak stabil, seperti kotor atau terlalu renggang, maka sistem pembakaran juga tidak akan baik dan maksimal. Untuk dapat mengatasi hal tersebut, maka anda perlu memastikan bahwa kondisi busi anda masih bagus.

Karena busi yang kotor dapat membuat sistem pembakaran menjadi kurang maksimal atau bahkan tersendat, kemudian menimbulkan kerusakan.

Filter Udara yang Kotor

Seringkali pemakaian filter udara yang terlalu lama akan menyaring debu dari udara yang dapat masuk ke bagian ruang bakar.

Penyebab motor brebet satu ini sebenarnya cukup mudah diatasi. Debu yang menumpuk apabila dibiarkan, maka menjadikan celah-celah filter udara menjadi mampet dan terganggu.

Alhasil, injektor atau karburator tidak dapat menghisap udara secara maksimal. Agar terhindar dari masalah tersebut, maka anda harus rajin membersihkan filter udara tersebut agar sistem pembakaran tetap sempurna dan menjadikan laju motor jauh lebih nyaman.

Air dan Kotoran Masuk Ke Tangki

Penyebab brebet yang satu ini tentu akan membuat pengendara menjadi kerepotan. Pasalnya, anda harus memeriksa setiap bagian satu per satu penyebab terjadinya brebet tersebut.

Air yang tercampur dengan bensin dapat menimbulkan bahan bakar yang akan masuk ke dalam ruang pembakaran menjadi sedikit berkurang.

Baca juga: Penyebab Suara Ledakan pada Knalpot Motor

Hal ini tentu mengakibatkan pembakaran yang berlangsung menjadi tidak akan berjalan dengan sempurna. Umumnya, selain menguras tangki, anda juga perlu membersihkan atau mengganti filter bensin yang telah kemasukan air.

Setelan Klep Tidak Sesuai

Permasalahan selanjutnya dapat muncul akibat kerenggangan dari klep yang tidak sesuai. Apabila setelan klep terlalu rapat atau longgar, hal ini dapat mempengaruhi jumlah gas yang akan masuk ke ruang pembakaran.

Penyebab motor brebet kali ini perlu anda selesaikan dengan membawanya ke bengkel terpercaya. Karena jika anda juga belum paham mengenai mesin, salah setel sedikit saja klep justru akan bertabrakan dengan silinder. (R10/HR-Online)