Penyebab Sariawan di Lidah dan Penanganannya yang Efektif

penyebab sariawan di lidah
Ilustrasi penyebab sariawan di lidah. Foto: Istimewa

Umumnya penyebab sariawan di lidah adalah karena gigitan secara tak sengaja. Namun jika muncul sariawan di lidah tanpa sebab, sebaiknya waspada karena bisa jadi ini tanda ada penyakit yang serius.

Yang namanya sariawan umumnya terjadi di kulit sekitar rongga mulut, gusi, hingga ke bibir. Meskipun hanya berupa sariawan, namun rasa sakit dan nyeri yang ditimbulkannya tak kalah dengan sakit gigi yang sangat mengganggu.

Namun jika sariawan justru terjadi pada lidah, rasa sakitnya dan jauh lebih menyiksa. Selain nyeri dan sakit, saat makan biasanya akan sangat terganggu akibat perihnya jika mengonsumsi makanan pedas atau asam.

Selain karena tergigit secara tak sengaja, sebenarnya ada sejumlah faktor penyebab sariawan lainnya. Namun umumnya gangguan ini tidak berbahaya dan akan sembuh dengan sendirinya.

Faktor Penyebab Sariawan di Lidah

Hampir semua orang pernah mengalami sariawan, termasuk anak-anak. Yang rawan terkena sariawan adalah sekitar gusi, bibir dalam, ataupun lidah. Berikut berbagai faktor yang bisa menyebabkan sariawan di lidah yang sebaiknya diketahui.

Sikat Gigi yang Keras

Penggunaan sikat gigi yang terlalu keras juga sering menjadi penyebab sariawan di lidah. Karena itu sesuaikan dan pilih sikat gigi sesuai kondisi gigi dan mulut agar tidak menimbulkan luka yang menyebabkan sariawan.

Karena Alergi Makanan

Sariawan juga bisa muncul akibat alergi yang dialami seseorang terhadap makanan tertentu. Bagi sebagian orang, makanan pedas, kacang-kacangan, telur atau cokelat bisa menimbulkan alergi yang berdampak pada timbulnya sariawan.

Mulut kering

Kondisi mulut yang terlalu kering atau xerostomia juga bisa menjadi penyebab sariawan di lidah. Hal ini terjadi akibat kurangnya konsumsi air sehingga terjadi dehidrasi. Orang lanjut usia adalah kelompok yang rentan dengan kondisi ini.

Lidah yang Tergigit

Luka pada bagian lidah akibat tergigit secara tak sengaja bisa menyebabkan terjadinya sariawan. Kejadian ini merupakan hal yang sering dialami banyak orang dan menyebabkan terjadinya sariawan pada lidah.

Kekurangan Vitamin

Kurangnya asupan vitamin C (asam folat), B12, maupun zat besi juga bisa menjadi faktor penyebab sariawan di lidah. Mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi bisa meredakan sakit dan menyembuhkan sariawan.

Penyakit Behcet

Timbulnya sariawan di lidah secara tiba-tiba juga bisa menjadi indikasi penyakit Behcet. Penyakit autoimun terjadi akibat peradangan pada pembuluh darah. Selain sariawan, biasanya juga disertai peradangan pada mata dan nyeri sendi.

Sindrom Sjogren

Penyebab sariawan di lidah lainnya yang harus diwaspadai adalah sindrom Sjogren. Kondisi ini menyebabkan mulut dan mata menjadi kering yang kronis akibat peradangan yang terjadi pada kelenjar air liur dan air mata.

Kanker Mulut

Sariawan pada lidah juga bisa mengindikasikan serangan kanker. Meskipun sangat jarang namun kasus ini terbilang berbahaya. Kanker orofaring akan menyebabkan sariawan di belakang lidah, sedangkan yang di depan lidah karena kanker mulut.

Cara Mengatasi Sariawan di Lidah

Timbulnya sariawan tentu saja sangat mengganggu. Apalagi jika terjadi pada lidah, makan pun menjadi tidak bernafsu. Setelah mengetahui penyebab sariawan di lidah, berikut ini beberapa cara dengan bahan alami untuk mengatasinya.

Dengan Air Garam

Garam bersifat anti radang dan anti bakteri yang berkhasiat dalam menyembuhkan sariawan di lidah. Anda tinggal melarutkan sedikit garam dalam segelap air hangat dan gunakan untuk berkumur beberapa kali.

Dengan Madu

Madu dikenal sebagai herbal sejuta khasiat. Cukup dengan mengoleskan madu pada lidah yang sariawan beberapa kali sehari akan bisa meredakan sakitnya. Selain itu juga minum madu untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Minum Air Kelapa

Air kelapa juga bersifat anti jamur yang bisa digunakan untuk menyembuhkan sariawan di mulut. Gunakan air kelapa untuk berkumur lalu menelannya. Lakukan beberapa kali secara rutin hingga sakinya mereda.

Itulah beberapa penyebab sariawan di lidah yang sebaiknya dikenali dengan baik. Jika dengan pengobatan alami kondisi tidak semakin membaik, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk memastikan penyebabnya. (R11/HR-Online)