Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita TerbaruPerbedaan Planet dalam dan Planet Luar yang Wajib Diketahui

Perbedaan Planet dalam dan Planet Luar yang Wajib Diketahui

Perbedaan planet dalam dan planet luar di tata surya dapat diketahui melalui posisinya terhadap matahari. Ada delapan planet yang mengelilingi matahari dalam tatanan tata surya kita.

Pengelompokan tersebut dapat dibagi menjadi dua, yakni planet dalam dan planet luar. Lalu, apa yang membedakan keduanya? Mari simak penjelasannya dibawah ini.

Perbedaan Planet dalam dan Planet Luar

Seperti yang kita ketahui jika pengelompokan planet di tata surya ada dua kelompok berdasarkan letak atau posisinya terhadap matahari.

Jika melihat letak berdasarkan posisi tersebut, maka Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars adalah planet yang termasuk kelompok planet dalam.

Sedangkan sisanya merupakan kelompok planet luar, yakni Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Kelompok planet luar ini juga disebut dengan gas giant atau gas raksasa. Kedua kelompok planet ini dipisahkan dengan adanya asteroid.

Jumlah dari asteroid tersebut adalah ribuan dan mengelilingi matahari antar Jupiter dan Mars. Sementara itu, asteroid tak hanya terdapat pada galaksi tata surya kita, melainkan juga terdapat pada galaksi tetangga yakni Andromeda.

Sehingga, tak menutup kemungkinan juga ada pada galaksi lainnya di semesta ini. Berikut adalah penjelasan dari perbedaan planet dalam dan planet luar.

Kelompok Planet Dalam

Ukuran yang dimiliki oleh planet-planet yang termasuk ke dalam planet dalam adalah berukuran kecil. Diameter terkecil yang dimiliki adalah 4,878 kilometer yang disandang oleh Merkurius.

Sedangkan planet terbesar dengan ukuran diameter 12,756 kilometer yang dimiliki oleh Bumi. Kemudian perbedaan planet dalam serta planet luar jika menurut pada teori, maka kita hanya dapat berdiri di permukaan dari planet dalam.

Hal ini disebabkan jika planet dalam merupakan sebuah benda padat. Meskipun demikian, kita dimungkinkan hanya dapat berdiri di atas permukaan Bumi.

Karena terdapat perbedaan suhu, Merkurius dan Venus mempunyai suhu yang sangat panas. Karena letak keduanya berada di dekat matahari. Sedangkan untuk Mars sendiri memiliki suhu yang sangat dingin.

Untuk rotasinya, planet dalam berputar relatif pelan dan berputar pada porosnya. Perputaran paling lama terjadi pada planet Venus yakni memerlukan 243 hari untuk sekali berputar.

Sementara perputaran tercepat ada pada planet Bumi, yaitu 23 jam 56 menit. Planet dalam juga tidak memiliki cincin, berbeda dengan planet luar.

Kelompok Planet Luar

Perbedaan planet dalam dan planet luar yakni planet luar mempunyai ukuran yang sangat besar dibandingkan dengan planet dalam. Bahkan, ukuran dari planet Neptunus mencapai 49,552 kilometer. Sehingga, Neptunus memiliki ukuran empat kali lebih besar dari Bumi.

Sementara itu, planet luar yang mempunyai diameter paling besar adalah planet Jupiter yakni berukuran 142,985 kilometer. Sehingga, planet Jupiter merupakan planet yang paling besar di tata surya kita.

Untuk jenis permukaan, planet luar terdiri atas udara dan gas. Meskipun ada beberapa yang padat dan cair, namun jumlahnya pun sedikit. Bahkan, permukaan padat dan cair itu terletak pada bagian yang dalam dan bukan pada permukaan.

Oleh karena itu, sangat mustahil kita dapat berdiri di atas permukaan planet luar. Sedangkan untuk perputaran planet luar ini termasuk ke dalam rotasi yang cepat. Meskipun berukuran besar, mereka juga hanya memerlukan waktu yang cepat untuk berputar.

Perbedaan planet dalam dan planet luar yakni Uranus merupakan planet yang berputar dengan rotasi paling lambat dibandingkan dengan planet luar lainnya. Rotasinya hanya 17 jam 15 menit. Sementara itu, Jupiter menyandang planet tercepat yakni memerlukan waktu rotasi 9 jam 55 menit saja.

Karena terpengaruh dengan percepatan rotasi tersebut, Jupiter dan Saturnus terlihat tidak bulat sempurna, melainkan gepeng. Hal ini dikarenakan area khatulistiwanya lebih besar jika dibandingkan dengan bagian atas dan juga bawahnya.

Perbedaan antara planet dalam serta planet luar ini juga terletak pada cincin planet. Planet luar semuanya memiliki cincin yang mengelilingi. Cincin terbentuk dari satelit yang hancur karena pengaruh gravitasi.

Jika dilihat dari Bumi, Saturnus-lah yang memiliki cincin yang terlihat jelas. Hal ini dikarenakan jika cincin tersebut memiliki kepadatan yang lebih dibandingkan dengan sesama planet luar lainnya.

Dengan mengetahui perbedaan planet dalam dan planet luar, tak ada ruginya untuk menunjang pengetahuan kita tentang alam semesta. Karena sistem astronomi akan semakin membuat anda penasaran dan tak menutup kemungkinan untuk ingin mengetahui lebih dalam. Jadi, jangan ragu untuk belajar! (R10/HR-Online)

- Advertisment -