Perbedaan Vario 125 dan 150, Salah Satunya dalam Hal Performa

Perbedaan Vario 125 dan 150
Ilustrasi Perbedaan Vario 125 dan 150. Foto: Ist

Perbedaan Vario 125 dan 150 keluaran dari Astra Honda (AHM) memiliki desain grafis yang hampir sama. Secara kasat mata akan terlihat sama, namun ada bagian yang menjadi pembedanya.

Jika bicara mengenai desain basicnya akan sama dengan gaya baru yang lebih sporty dan meletakkan spakbor pada bagian belakang yang menggantung seperti motor sport.

Untuk model lampu, kedua motor ini memiliki lampu depan, belakang DLR, dan sein yang sudah menggunakan aplikasi LED yang sangat hemat dan lebih terang.

Baca juga: Ini Penantang Yamaha Lexi & Honda Vario

Perbedaan Vario 125 dan 150 dari Berbagai Segi

Persamaan lain yang bisa diketahui dari Vario 125 dan 150 adalah speedometer yang menggunakan Full Digital dan pada panel indikator yang mirip.

Termasuk pada voltmeter baterai yang bisa digunakan untuk memantau jika aki mulai melemah serta pada motor ini sudah tidak memakai engkol, slah atau kick stater.

Nah, itu tadi persamaan yang bisa diketahui dari Vario 125 dan 150. Untuk mengetahui apa saja perbedaan Vario 125 dan 150 simak ulasan berikut.

Sistem Kunci

Perbedaan yang pertama dan menonjol adalah sistem penguncian. Untuk Vario 125 masih memakai sistem kunci konvensional. Shuttered key tetap menggunakan anak kunci yang bermagnet untuk keamanan.

Sedangkan untuk 150 sudah memakai sistem keyless atau sering disebut dengan smart key system. Namun untuk Vario 125 sudah dilengkapi dengan remot anti maling yang berfungsi untuk answer back.

Desain & Ukuran Velg

Untuk velg Vario 125 menggunakan desain lama yang berbentuk “Y” serta ukurannya tidak berubah. Sementara pada Vario 150 sudah memakai desain baru dengan bentuk romawi “II”yang ditekuk atau huruf “V”.

Selain itu, pada ukurannya juga mengalami perubahan dengan naik lebih lebar daripada velg Vario 125.

Baca juga: Honda ADV 150 Bisakah Jadi Trendsetter Baru Kelas Skutik?

Ukuran Ban

Perbedaan Vario 125 dan 150 selanjutnya yang bisa terlihat dari segi ukuran ban. Untuk Vario 125 masih memakai profil ban yang lama dengan lebar 80 untuk depan dan 90 untuk belakang serta ring 14.

Pada Vario 159 kini semakin lebar dan lebih besar, dimana ukuran bannya naik satu tingkat diatasnya untuk versi Vario yang mana ukuran depan 90 dan belakang 100 dengan ring 14.

Piringan Cakram

Hal yang menarik untuk dibahas adalah mengenai piringan cakram dan master rem serta kaliper. Dimana Honda sudah tidak memakai Nissin pada kedua jenis motor ini.

Honda telah menggunakan brand rem untuk motor bigbikenya seperti CBR1000 dengan merk Tekico. Hanya saja, piringan cakram Tekico berbeda untuk Vario 125 dengan desain yang bulat.

Sedangkan untuk Vario150 sudah memiliki desain yang berbeda yakni bergelombang (wave). Dimana perbedaan Vario 125 dan 150 ini membuatnya lebih cepat membuang panas.

Striping & Emblem

Selanjutnya perbedaan yang sangat kentara adalah pewarnaan serta paintingnya. Untuk Vario 150 lebih menggunakan cat khusus doff (mate) yang memberi kesan elegan dan mahal.

Lalu untuk Vario 125 menggunakan warna glossy dengan kesan sporty dan mengkilat. Untuk Vario 150 tidak menggunakan striping grafis untuk brandingnya, namun menggunakan emblem 3D.

Sementara untuk Vario 125 masih menggunakan striping saja untuk brandingnya dan belum menggunakan sistem emblem.

Kubikasi & Performa

Sebaiknya anda ketahui dahulu perbedaan Vario 125 dan 150 sebelum anda membeli agar bisa membandingkan mana yang lebih cocok dengan anda.

Untuk Vario 125 mempunyai volume silinder 125 cc dan untuk Vario 150 sudah menggunakan yang 150 cc jika dibulatkan.

Honda Vario 150 bisa mengimprovement engine dari hasil pengembangan terbaru seperti yang dilakukan pada motor PCX, hal ini tentu membuat tenaga mesinnya bisa naik.

Sedangkan untuk Vario 125 tidak mengalami perubahan untuk sektor mesinnya. Jika dilihat dari perbedaan performanya, untuk Vario 125 dan 150 tentu sangat jelas dimana memiliki selisih 25 cm3 pada silindernya. Selisih ini akan membuat Vario 150 lebih memiliki power yang lebih besar daripada motor Vario 125.

Baca juga: Honda Resmi Luncurkan PCX Rakitan Dalam Negeri

Harga

Pada perbedaan ini sudah tidak bisa dipungkiri lagi dan perbedaan ini hanya bersifat tambahan saja. Dimana sudah sangat jelas terlihat dari harga.

Harga Vario 150 lebih mahal daripada yang Vario 125, namun sebenarnya selisihnya tidak terlalu banyak, terutama untuk varian CBS dan ISS.

Beberapa perbedaan Vario 125 dan 150 sebagai pembanding untuk anda yang ingin membeli motor impian anda. Bisa disesuaikan dengan budget dan keinginan serta kelebihan motor. (R10/HR-Online)

Loading...