Petani di Pangandaran Ramai-ramai Tanam Padi Organik

Petani di Pangandaran Ramai-ramai Tanam Padi Organik
Petani di Pangandaran saat menanam padi organik. Foto: Entang/HR

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com).- Para petani di Kecamatan Padaherang yang tergabung dalam Kelompok Tani Mekar Bayu Desa Ciganjeng, Kabupaten Pangandaran, beramai-ramai menam padi organik di sawah seluas 25 hektar.

Penanaman jenis padi yang diketahui merupakan varietas 99 ini disaksikan langsung BPP Kecamatan Padaherang dan Bidang Pertanian Provinsi Jawa Barat.

Seksi Perlindungan Ketahanan Pangan Jabar, Wahid Saprudin, mengatakan, pihaknya sangat bersyukur para petani di Padaherang, Kabupaten Pangandaran, yang tergabung dalam kelompok tani ini menanam padi jenis organik.

“Jenis padi ini tentunya banyak sekali manfaatnya, terutama untuk tubuh. Bagi para petani khususnya dapat meningkatkan taraf perekonomian lantaran hasilnya lebih baik dari padi non organik,” katanya, Selasa (23/6/2020).

Wahid menambahkan, sebelum para petani menggarap lahan seluar 25 hektar tersebut, tanahnya diolah dengan menggunakan pupuk organik. Begitu juga saat penanamannya diberikan jarak tertentu agar pertumbuhannya baik.

“Karena organik, tentu semua yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanamannya menggunakan bahan-bahan alami. Mudah-mudahan hasilnya pada panen nanti memuaskan,” pungkasnya.

Usiati, salah seorang petani asal Padaherang, Kabupaten Pangandaran, mengaku setiap tanam menggunakan benih varietas 99. Selain mudah perawatannya, tanamannya pun tumbuh subur.

“Sejak beralih ke jenis padi ini, hasilnya sangat memuaskan. Makanya kita terus tanam ini karena bagus,” ucapnya. (Entang/Koran HR)

Loading...