PJU di Desa Sagalaherang Ciamis Tidak Berfungsi

PJU di Desa Sagalaherang Ciamis Tidak Berfungsi
PJU di Desa Sagalaherang Ciamis tidak berfungsi. Foto:Edji/HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Dua unit lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) yang berada di Dusun Kliwon, Desa Sagalaherang, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, tidak berfungsi alias padam.

Ironisnya, kondisi tersebut sudah berlangsung lama dan tidak kunjung mendapat perbaikan.

Warga setempat meminta agar Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui dinas terkait segera turun-tangan untuk memperbaikinya.

Yudi, warga RT 01 RW 04, Dusun Kliwon, membenarkan dua unit lampu PJU yang berada di wilayahnya sudah berlangsung lama padam. Sehingga di malam hari kondisi jalan menjadi gelap gulita.

Menurut Yudi, apabila tidak secepatnya diperbaiki, apalagi dibiarkan begitu saja, khawatir akan menimbulkan hal-hal yang tidak diharapkan.

Pasalnya, suasana yang gelap bisa menjadi pemicu terjadinya kecelakaan dan bisa menjadi cara untuk memudahkan pelaku yang ingin melakukan kejahatan dalam beraksi.

“Terlebih untuk kaum perempuan yang melintas di malam hari,” katanya.

Yudi berharap, pemerintah dan PLN segera melakukan perbaikan, mengingat padamnya lampu PJU sudah berlangsung begitu lama.

Ahmad, warga Sagalaherang lainnya, menuturkan, keberadaan lampu PJU sangatlah vital. Sebab, selain untuk penerangan jalan di waktu malam hari, juga berfungsi untuk mencegah terjadinya tindakan kejahatan.

“Pengguna jalan selalu dihantui rasa was-was bila PJU padam,” katanya.

Menyikapi hal seperti itu, Ahmad berharap dinas terkait segera memperbaiki dua unit lampu PJU yang padam tersebut. Sebab, apabila dibiarkan begitu saja dan berlarut-larut, warga dan pengguna jalan banyak yang mempertanyakannya.

“Terlebih, warga selalu tepat waktu dalam pembayaran listrik. Selama ini memang belum ada keterangan dari dinas terkait mengenai perbaikan PJU tersebut. Mudah-mudahan saja apa yang diharapkan oleh masyarakat dan pengguna jalan, dalam waktu dekat bisa terealisasi,” katanya. (dji/Koran HR)