Prihatin! Rumah Nenek Atmah di Pamarican Ciamis Nyaris Ambruk

Prihatin! Rumah Nenek Atmah di Pamarican Ciamis Nyaris Ambruk
Atmah (63), nenek tua di Dusun Tamansari, RT 23 RW 06, Desa Kertahayu, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciami, tinggal di rumahnya yang sudah lapuk. Foto:Suherman/HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Keterbatasan ekonomi membuat nenek Atmah (63), nenek tua di Dusun Tamansari, RT 23 RW 06, Desa Kertahayu, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, tak mampu memperbaiki rumahnya yang sudah lapuk. Kini, ia hanya bisa pasrah meski kondisi rumahnya nyaris ambruk.

Atmah merupakan seorang janda tua yang tinggal seorang diri. Ia sering sakit-sakitan, sehingga butuh perhatian. Saat dijumpai di kediamannya, Atmah mengaku hanya bisa pasrah dengan keadaan.

“Mau bagaimana lagi, saya tidak punya biaya untuk memperbaiki rumah saya ini,” terangnya Senin (22/06/2020).

Kepala Dusun Tamansari, Kusnadi, membenarkan kondisi warganya tersebut. Ia pun mengaku bingung lantaran beberapa kali usulan perbaikan rumah nenek Atmah selalu mentok di tengah jalan.

“Beberapa waktu lalu, kami telah mengajukan usulan melalui aspirasi dewan. Namun usulan tersebut tidak pernah ada realisasinya. Begitupun untuk usulan rutilahu, dia (Atmah) tidak masuk dalam data penerima. Padahal kami telah usulkan. Entah apa penyebabnya saya juga aneh,” jelasnya.

Kepala Desa Kertahayu, Yari Budiana, juga membenarkan kondisi rumah warganya tersebut. Namun menurut dia, rumah nenek Atmah saat ini sudah masuk dalam data usulan.

“Ini sudah masuk dalam data usulan. Jika tidak salah, sudah terdaftar sebagai penerima bantuan rutilahu dari Provinsi Jawa Barat pada tahun ini,” katanya.

Pantauan HR di lapangan, kondisi rumah nenek Atmah saat ini sangat memprihatinkan. Warga sekitar pun khawatir jika rumah nek Atmah tersebut roboh tiba-tiba. Mengingat sekeliling rumahnya sudah dipasang penyangga akibat kondisi rumah sudah lapuk dan miring. (Suherman/Koran HR)