Puluhan Ribu Benih Ikan Ditebar di Sungai Cikaso dan Kawasen Ciamis

Puluhan Ribu Benih Ikan Ditebar di Sungai Cikaso dan Kawasen Ciamis
Puluhan ribu ekor benih ikan ditebar di sungai Cikaso, dan sungai Kawasen oleh Dinas Perikanan Kabupaten Ciamis melalui Paguyuban Perikanan Kabupaten Ciamis, Rabu (3/6/2020).Foto:Suherman/HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Puluhan ribu ekor benih ikan ditebar di sungai Cikaso, dan sungai Kawasen oleh Dinas Perikanan Kabupaten Ciamis melalui Paguyuban Perikanan Kabupaten Ciamis, Rabu (3/6/2020).

Ketua Paguyuban Perikanan Kecamatan Banjaranyar, Hendar Suhendar mengatakan, pihaknya bersama Dinas Peternakan Kabupaten Ciamis, melakukan penebaran bibit ikan di beberapa titik lokasi sungai yang ada di wilayah kabupaten Ciamis.

Sekitar 10 titik lokasi perairan umum yang dijadikan lokasi penebaran ikan nila dan patin, salah satunya sungai Cikaso dan Kawasen, Kecamatan Banjaranyar.

“Untuk di kabupaten Ciamis saat ini ada 400.000 ekor. Namun untuk yang ditebar oleh Paguyuban Perikanan Kabupaten Ciamis di perairan umum hari ini ada 100.000 ekor,” ujar Hendar kepada HR Online.

Kata dia, ikan yang ditebar di sungai Cikaso dan sungai Kawasen masing masing 10.000 ekor terdiri dari 5.000 ekor benih ikan patin dan 5.000 ekor benih ikan nila nirwana.

Lebih lanjut Hendar menjelaskan, pemerintah kabupaten Ciamis melakukan penanaman benih ikan di perairan umum ini bertujuan untuk meningkatkan gizi masyarakat.

“Harapan kita tentunya agar masyarakat juga ikut berpartisipasi untuk bisa menjaga kelestarian sungai agar mereka tidak berbuat semena-mena dalam upaya pemburuan ikan,” katanya

Penjabat Kepala Desa Tanjungsari Dian Kusdiana, yang hadir dalam acara kegiatan penebaran benih ikan, mengungkapkan rasa terimakasih kepada Pemkab Ciamis yang telah melakukan penebaran ikan di wilayahnya

“Kedepannya kita akan buatkan Perdes tentang kegiatan ini, dimana masyarakat nantinya dilarang keras mengambil ikan di sungai dengan cara menggunakan alat yang membahayakan, seperti halnya racun serta alat setrum ikan,” ungkapnya. (Suherman/R8/HR Online)