Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita TasikmalayaRibuan Massa di Kota Tasikmalaya Kembali Turun ke Jalan Tolak RUU HIP

Ribuan Massa di Kota Tasikmalaya Kembali Turun ke Jalan Tolak RUU HIP

Berita Tasikmalaya, (harapanrakyat.com),- Ribuan massa yang tergabung dalam Aliansi Aktivis dan Masyarakat Muslim Tasikmlaya (Al Mumtaz) kembali turun ke jalan menolak rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) di Taman Kota Tasikmalaya, Jum’at (26/6/2020).

Dalam orasinya, sejumlah orator yang mewakili sejumlah elemen menuntut agar RUU HIP dibatalkan. Bahkan mereka mengecam jika tidak dibatalkan bakal unjuk rasa besar-besaran ke Jakarta.

Usai dari Taman Kota, ribuan massa tersebut berkeliling di seputar pusat perkotaan sambil menyuarakan tuntutan mereka.

Ketua Al Mumtaz, Hilmi, mengatakan, aksi tersebut merupakan tindak lanjut audiensi sebelumnya dengan DPRD agar mereka mendorong DPR RI segera mengapus rancangan tersebut.

Pasalnya, kata Hilmi, RUU HIP dinilai sudah melenceng dari Pancasila yang menjadi payung kehidupan bangsa Indonesia.

“Ada pun yang menjadi penolakan kami RUU HIP mengubah Pancasila menjadi trisila yang kemudian menjadi ekasila, di mana sebelumnya sila pertama yakni ketuhanan yang maha esa berubah menjadi ketuhanan yang berkebudayaan,” tegasnya.

Baca juga: Tolak RUU HIP, Ratusan Umat Islam di Kota Tasikmalaya Datangi Gedung DPRD

Di lokasi yang sama, Sekretaris MUI Kota Tasikmalaya, KH Aminudin Bustomi, juga mengatakan hal serupa. Ia mendesak agar mengusut tuntas desainer dan konseptor rancangan tersebut.

“Hapus juga dari prolegnas. Intinya akan kita kawal terus sampai RUU ini dibatalkan,” pungkasnya. (Apip/R6/HR-Online)

- Advertisment -