Royal Alloy GP200S Skuter Retro dengan Dukungan Mesin Istimewa

Royal Alloy GP200S
Royal Alloy GP200S. Foto: Istimewa

Royal Alloy GP200S menjadi salah satu motor matic yang mengusung gaya retro di Indonesia. Ternyata bukan hanya Vespa dan juga Lambretta, tapi Royal Alloy juga ikut memberikan warna baru pada varian skuter retro.

Royal Alloy memang menjadi pendatang baru untuk segmen motor matic dengan gaya retro di Indonesia. Jika dilihat dari segi desainnya, memang skuter matik ini lebih cocok disandingkan bersama dengan scooter classic asal Italia Lambretta.

Skuter ini juga telah resmi dijual Indonesia sejak April 2020 kemarin melalui Utomocorp. Scooter ini didatangkan dengan status CBU dari Thailand. Model yang didatangkan pertama kali yaitu model GP200S.

Keunikan Royal Alloy GP200S

Salah satu hal yang mengejutkan adalah Royal Alloy ini memiliki banderol harga yang cukup mahal jika dibandingkan dengan dua merk pada segmen yang sama. Harga yang ditawarkan yaitu 95 juta.

Baca juga: TVS Classic, Motor Matic yang Cocok Buat Emak-emak Gaul

Pastinya dengan bandrol harga sebesar itu, skuter matik ini ini memiliki keunikan yang menjadi nilai jual tersendiri. Apa saja itu?

Desain Skuter Matic yang Ikonik

Terlepas dari anggapan apakah ini tiruan atau bukan, desain yang disematkan dengan pada GP200S ini cukup menarik.

Bentuk bodynya serba mengotak dilengkapi dengan tepong body belakang yang panjang akan membuat kita semua teringat pada Lambretta V Series.

Namun pada Royal Alloy GP200S ini dilengkapi dengan rak belakang yang dapat digunakan untuk membawa barang. Selain itu, GP200S menjadi versi update dari GP200 yang beredar tahun 2018 di berbagai negara.

Perbedaan lain juga bisa dilihat dari bentuk lampu yang digunakan. Lampu pada GP200S berbentuk bulat.

Dengan air scoop radiator menggunakan kisi-kisi kawat. Tutup tangkinya menggunakan model putar dan pegangan sok bagian depannya memiliki model yang lebih pipih.

Body Motor dari Besi

Seperti layaknya skuter retro yang beredar kebanyakan di pasaran, GP200S ini juga memiliki bodi yang hampir semuanya dibuat dari material plat besi. Kecuali pada bagian spakbor depan dan juga bagasi depan yang dibuat menggunakan bahan plastik.

Hal ini kemungkinan bertujuan agar lebih mudah dalam membentuknya. Maka dari itu, wajar bila bobot skuter ini tergolong cukup berat sebab beratnya tembus hingga 148 kg.

Penggunaan Mesin DOHC

Royal Alloy GP200S memang memiliki keunikan tersendiri. Jika biasanya skuter retro menggunakan mesin dengan performa yang cenderung biasa, berbeda cerita dengan GP200S.

Spesifikasi mesinnya adalah 181 cc DOHC dilengkapi dengan 4 katup berpendingin cairan. Tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 19,4 dk pada 9500 rpm serta torsi 16 Nm pada 7000 rpm.

Bukan hanya mesinnya saja yang bertenaga, tetapi motor ini juga memiliki berbagai macam fitur kekinian. Salah satunya motor ini telah menggunakan lampu full LED.

Baca juga: Yamaha Limi 125cc Terbaru Banjir Fitur Canggih dan Desain Unik

Disamping itu, ada juga panel indikator digital yang lengkap dengan fitur berupa tachometer agar bisa melihat putaran mesinnya.

Selanjutnya skuter matik Royal Alloy GP200S dilengkapi dengan rem cakram yang siap untuk menghentikan putaran roda. Selain itu, juga sudah dilengkapi dengan ABS dual channel. Lebih mengagumkan lagi karena kinerja rem ABS sangat halus.

Tersedia dalam Berbagai Pilihan Warna

Walaupun saat ini baru tersedia satu tipe, akan tetapi GP200S telah memiliki berbagai macam pilihan warna yang cukup banyak dan menarik. Dengan begitu, anda bisa memilih warna apa yang menjadi kesukaan anda.

Jika dihitung total motor ini memiliki 6 pilihan warna. Berbagai pilihan warna yang tersedia diantaranya adalah Pearl White, Matt Bronze, Flame Red, Matt Black, Sherwood Green,  dan Midnight Grey.

Harganya Fantastis

Dari segi harga, Royal Alloy GP200S mempunyai harga yang terbilang tinggi. Skuter dengan mesin 180 cc ini harganya hampir 100 juta dan ini bisa dibilang cukup berani.

Lambretta V200 special yang seharusnya setara, nyatanya dari sisi harga hanya dibandrol seharga 50 jutaan. Jauh sekali bukan perbedaan harganya?.

Meski demikian, performa dari skuter matik ini sangat responsif. Jadi, cocok bagi anda yang suka skuter dengan tongkrongan oke, namun mempunyai performa galak.

Kini GP200S sudah dijual di pasaran Indonesia. Jadi, bila anda ingin memiliki skuter matic yang bergaya retro namun memiliki dukungan mesin yang istimewa, maka Royal Alloy GP200S bisa jadi pilihan untuk anda. (R10/HR-Online)