Ruang Bawah Tangga, Jadikan Tempat Fungsional di Dalam Rumah

ruang bawah tangga
Contoh ruang bawah tangga. Foto: Ist/Net

Ruang bawah tangga saat ini sudah menjadi alternatif pilihan setiap hunian. Nyatanya ide ini sudah banyak digunakan, terutama untuk memaksimalkan ruangan.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa saat ini lahan yang digunakan untuk membuat rumah semakin sempit. Karena itulah saat ini semakin banyak kita temui rumah kecil berlantai dua dari pada rumah lantai satu yang luas.

Memanfaatkan ruang kosong di dalam rumah ternyata sangat efektif untuk dilakukan. Pasalnya, daripada kita membiarkan kolong tangga kosong begitu saja, ada banyak cara dan kreativitas yang bisa kita gunakan untuk memanfaatkan ruang tersebut.

Ruang Bawah Tangga, Jadikan Tempat Fungsional di Dalam Rumah

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjadikan ruang kosong menjadi lebih termanfaatkan. Selain itu, fungsi rumah anda pun lebih maksimal.

Bila saat ini anda sedang memiliki ruang kosong, berikut ini mari kita simak beberapa ide untuk memaksimalkannya. Tentunya ide ini dapat memberikan anda semakin banyak inspirasi.

Perpustakaan Bawah Tangga

Bagi anda yang saat ini tengah memiliki hobi membaca, dapat memanfaatkan bawah tangga untuk dijadikan perpustakaan.

Tentu saja ide ini tidak hanya memberikan ruangan yang lebih efektif dan efisien. Akan tetapi, anda juga berkesempatan untuk memaksimalkan hobi yang baik.

Selain itu, anda juga memiliki ruangan khusus untuk menyimpan berbagai macam koleksi buku-buku yang menarik. Bila saat ini di rumah banyak buku yang berserakan, maka ruang bawah tangga ini menjadi pilihan tepat apabila dijadikan perpustakaan.

Berbagai macam buku pun dapat tertata dengan sangat rapi. Rumah anda pun terlihat lebih bersih dan nyaman.

Untuk memberikan ruangan perpustakaan bawah tangga yang lebih optimal lagi, pastikan memiliki penerangan yang sesuai. Perhatikan ukuran tinggi buku ketika merancang rak buku-buku favorit yang anda miliki.

Di bagian bawah tempat baca ada baiknya bila dimanfaatkan juga. Terutama digunakan sebagai rak tersembunyi.

Maka dari itulah, tidak ada lagi, ruangan yang tersisa dan tidak digunakan. Semua ruangan termanfaatkan dengan baik dan maksimal.

Satu hal lagi yang paling penting ketika memanfaatkan ruang bawah tangga sebagai perpustakaan. Dimana anda dapat memberikan ruang belajar maupun ruangan bermain untuk anak-anak di rumah.

Sehingga mereka memiliki pengetahuan yang lebih luas lagi. Anda juga bisa memberikan kebiasaan baik untuk selalu rajin membaca.

Lemari Bawah Tangga

Apakah saat ini anda adalah salah satu orang yang gemar mengoleksi barang-barang fashion? Saking banyaknya item yang dimiliki, anda sampai kekurangan tempat untuk menyimpannya?

Bila benar demikian, maka saat ini tak perlu khawatir lagi. Sebab, anda dapat menggunakan lemari bawah tangga.

Banyaknya koleksi baju dalam jumlah yang banyak, terkadang sampai tidak muat lagi dimasukkan ke dalam lemari kamar. Dengan adanya pemanfaatan ruang bawah tangga, anda bisa menyulapnya menjadi lemari pakaian multifungsi.

Tidak hanya koleksi pakaian saja yang bisa disimpan, melainkan berbagai item fashion lainnya pun juga bisa ikut disimpan di dalamnya.

Sehingga, akan semakin rapi dan tidak berantakan lagi. Bila anda ingin menambah koleksi fashion lebih banyak lagi, tak akan jadi masalah.

Area Display Foto serta Barang Koleksi

Pada dasarnya, tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk menyulap bawah tangga menjadi tempat multifungsi. Hanya dengan memadukan berbagai macam elemen saja, bisa menjadi ruangan favorit di dalam rumah.

Ruangan tersebut bisa anda ubah menjadi ruang bawah tangga yang elegan dan juga fungsional. Misalnya saja untuk memajang dan meletakkan foto serta barang koleksi.

Tentunya akan memberikan ruangan bawah tangga yang semakin menarik dan unik. Daripada digunakan untuk meletakkan barang-barang tidak terpakai lagi, menjadikannya area display foto serta barang koleksi adalah pilihan sempurna.

Tempat Kerja Bawah Tangga

Ruang kerja merupakan salah satu bagian rumah paling penting. Terutama bagi anda yang memiliki waktu lebih lama untuk bekerja di dalam rumah.

Namun, bila tidak ada ruangan yang bisa anda jadikan ruang kerja karena lahan yang terbatas, maka hal tersebut sudah tidak akan menjadi masalah lagi.

Anda dapat menjadikan ruang bawah tangga tempat kerja yang nyaman dan kondusif. Selain itu, juga bisa dilengkapi dengan berbagai macam dekorasi pilihan agar tampak maksimal. (R10/HR-Online)

Aegis Boost Pro