Ruang Tamu Lesehan dengan Pendekatan Oriental

Ruang Tamu Lesehan
Salah satu contoh ruang tamu lesehan. Foto : thesweethouseofmadness

Ruang tamu lesehan kini menjadi pilihan di setiap hunian. Terutama konsep ruangan semacam ini sering diterapkan pada rumah minimalis.

Tentunya dengan tujuan untuk memperlihatkan ruangan yang tampak luas dan lega. Pada dasarnya, untuk mendesain ruang tamu yang modern dan tampak kekinian tidak harus menggunakan sofa maupun meja.

Desain Ruang Tamu Lesehan, dengan Pendekatan Oriental

Nyatanya, banyak orang yang kini beralih untuk menerapkan konsep berbeda pada ruang tamu mereka. Dimana hanya menggunakan konsep lesehan yang didesain secara apik.

Ruang tamu yang dikonsep seperti ini ternyata memiliki berbagai keuntungan dibandingkan dengan konsep lainnya. Satu diantaranya adalah dapat digunakan untuk segala macam ukuran ruangan.

Mulai dari ruangan yang luas hingga sempit sekalipun. Bukan hanya itu saja, dengan memilih konsep lesehan ini tidak membutuhkan pengeluaran dalam jumlah yang banyak.

Terutama untuk membeli furniture. Sehingga anggaran rumah tangga anda menjadi lebih hemat. Sebagai bentuk inspirasi bagi anda, berikut ini akan kami paparkan beberapa ide untuk mendesain ruang tamu lesehan agar tampak menarik dan tentunya lebih nyaman.

Menggunakan Pendekatan Oriental

Menggunakan pendekatan oriental untuk mendesain ruang tamu ini sangat identik dengan gaya Jepang. Dalam sebuah budaya tatami Jepang, tentu saja terdapat preseden yang cukup kuat dalam sebuah tempat duduk lantai atau lesehan.

Bila anda menyukai konsep open space, tanpa adanya beban dari berbagai macam perabotan, pilihan untuk menerapkan konsep lesehan ini menjadi pilihan yang sangat tepat.

Tanpa menggunakan sofa sebagai dekorasi ruang tamu merupakan ide yang sangat berbeda. Untuk menerapkan desain ruang tamu ini, anda dapat menyingkirkan penggunaan kursi pada umumnya.

Kemudian diganti dengan beberapa kursi lantai dengan gaya Jepang. Ruang tamu lesehan pun terasa lebih mewah dan lengkap.

Selain itu, anda juga dapat mempertimbangkan penggunaan kursi lantai Jepang serta memberikan tambahan bantal duduk serta rak kecil. Dengan demikian, akan tercipta suasana yang lebih modern.

Modern Berkarpet

Lesehan secara langsung di atas lantai, pastinya akan membuat kulit anda merasa tidak nyaman. Apalagi jika permukaan lantainya dingin.

Menerapkan desain ruang tamu semacam ini juga perlu untuk dipertimbangkan. Pasalnya, bila duduk di atas permukaan dingin tanpa adanya alas yang mendukung, maka dapat mengundang penyakit.

Maka dari itulah, anda perlu menggunakan alas lantai yang paling sesuai. Ruang tamu lesehan ini dapat didesain dengan menambahkan karpet bulu.

Tamu-tamu anda akan merasa lebih santai dan rileks dengan karpet bulu ini. Agar ruangan tidak menjadi terlalu sumpek, gunakan saja karpet bulu dengan ukuran sedang.

Ruang Tamu Ala Busa

Konsep ruang tamu yang satu ini merupakan sebuah bentuk inspirasi dari tempat duduk lesehan di dalam tenda-tenda suku Badui Maroko. Meskipun demikian, konsep dan desain ini sangat cocok untuk diterapkan pada hunian anda.

Sebagai alternatif lainnya, pengganti kursi atau sofa selain dengan bantal atau kursi lantai, anda juga dapat menggunakan busa, bean bag, dan juga berbagai variasi sofa lantai.

Dengan desain ruang tamu lesehan yang satu ini, anda dapat melipat serta menumpuk busa serta bantal lantai di lemari. Hal ini bertujuan untuk menyimpannya ketika sedang tidak digunakan.

Dengan begitu, ruang tamu anda akan selalu tampak rapi. Begitu banyak pilihan dan model busa yang bisa anda gunakan.

Selain itu, juga tersedia berbagai macam pilihan warna. Anda dapat mempertimbangkannya berdasarkan selera masing-masing atau sesuai dengan kebutuhan ruangan.

Menggunakan Bantal Super Besar atau Matras

Menempatkan bantalan dengan ukuran super besar atau menggunakan matras dapat menjadi alternatif lain sebagai furniture yang ditempatkan di ruang tamu. Jangan lupa untuk menambahkan dekor ruangan yang pas.

Sehingga nantinya ruang tamu anda tercipta suasana yang lebih luas dan juga terkesan nyaman. Anda dapat menggunakan warna atau corak yang berbeda.

Baik itu pada bantalan atau matras yang hendak dipakai. Ruang tamu lesehan anda akan tampak memukau dan memberikan kesan yang baik bagi setiap tamu yang datang. Bukan hanya itu saja, melainkan juga akan betah ketika berkunjung. (R10/HR-Online)