Selasa, Januari 18, 2022
BerandaBerita CiamisRumah Warga Cipaku Ciamis ini Butuh Perhatian Pemerintah

Rumah Warga Cipaku Ciamis ini Butuh Perhatian Pemerintah

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Rumah milik Dayat, warga RT 01 RW 05, Dusun Sindanggirang, Desa/ Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, sudah lama kondisinya rusak parah.

Bagian atap dan kayu penyangga rumah sudah lapuk akibat dimakan usia. Sepintas, rumah milik Dayat ini masih terlihat kokoh, tapi kenyataannya nyaris ambruk.

Ijah, ibu kandung Dayat, ketika ditemui koran HR, Senin (01/06/2020), di kediamannya, mengaku selalu dihantui rasa cemas saat berada di dalam rumah.

Terlebih pada musim penghujan, Ijah khawatir bagian atap dan kayu penyangga yang sudah lapuk itu tiba-tiba ambruk dan menimpanya.

Ketua Pemuda setempat, Kurniawan, ketika dimintai tanggapan, Senin (01/06/2020), menyebutkan, Dayat tergolong sebagai masyarakat yang hidup dalam garis kemiskinan.

“Kondisi ini terjadi setelah Dayat sakit-sakitan dan tidak mampu lagi berusaha,” katanya.

Akibat kondisi ini, kata Kurniawan, bertahun-tahun kondisi rumahnya rusak dan tidak mampu untuk memperbaikinya lantaran terbentur biaya.

Rumah yang dihuni oleh lima anggota keluarga tersebut termasuk rumah tidak layak huni yang kondisinya sangat memprihatinkan dan nyaris ambruk.

“Karena kondis Dayat sudah sakit-sakitan, untuk kebutuhan sehari-harinya saja hanya mengandalkan dari saudara,” katanya.

Menurut Kurniawan, pihak pemuda dan lingkungan sudah mengusulkan ke pemerintah desa agar rumah milik Dayat bisa mendapatkan bantuan program perbaikan.

“Namun, sudah berulang kali usulan disampaikan, belum juga ada tanggapan. Menyikapi hal seperti itu, kami sengaja memberi tahu kepada awak media  dengan harapan Pemerintah Kabupaten Ciamis dapat memberikan bantuan,” katanya.

Kalau tidak secepatnya diperbaiki, Kurniawan menambahkan, tidak menutup kemungkinan bila ada hujan disertai angin kencang rumah milik Dayat akan roboh.

Pantauan HR di lapangan, rumah milik Dayat warga Cipaku, selain berukuran kecil juga termasuk rumah tidak layak huni, sehingga layak mendapatkan bantuan. 

Warga setempat menyatakan siap berpartisipasi dalam bentuk tenaga. Namun untuk biaya perbaikanya, mereka berharap dapat dibantu oleh pemerintah. (dji/Koran HR)

- Advertisment -