Samsung QLED 8K TV Q950TS Diperkenalkan, Hadir dengan Desain Ideal

Samsung QLED 8K TV Q950TS
Samsung QLED 8K TV Q950TS. Foto : Samsung

Seri Q950TS yang merupakan salah satu produk Samsung QLED 8K TV resmi diperkenalkan. QLED 8K TV paling baru Q950TS ini memiliki Infinity Screen dengan rasio screen-to-body sampai 99 persen. Sehingga, bisa menjadikan pengalaman menonton yang tak tertandingi.

Belum lagi Q950 adalah TV pertama di industri yang hadir dengan audio surround-sound, resolusi nyata 8K yang hadir dalam wujud ultra tipis nan menawan.

Menjadikan sebuah unggulan terbaru untuk memaksimalkan belajar, bekerja, serta menikmati hiburan di rumah. Ditambah lagi kombinasi kualitas gambar elegan, desain premium, pengalaman suara terbaik serta tersedia AI.

Berbicara mengenai desain televisi, umumnya dapat dikatakan lebih sulit untuk mengurangi, ketimbang menambahkan hal baru.

Namun, untuk QLED 8K TV 2020 besutan Samsung ini malah menyematkan desain dengan menghilangkan semua elemen yang dianggap tidak perlu. Serta disaat yang sama, TV ini juga menawarkan pengalaman menonton, mendengarkan terbaik yang sungguh imersif.

Setelah lewat proses yang panjang, para desainer serta developer di Samsung Elektronik bekerjasama untuk memproduksi Infinity Screen yang belum pernah dibuat sebelumnya. Yaitu, memanfaatkan 99 persen area pada layar serta hadir dengan ketebalan 15 mm, sehingga sangat ramping.

Samsung QLED 8K TV Miliki Bezel Minim

Sejak diperkenalkan ke pasar di tahun 2018 lalu, atas terobosan teknologi dengan menawarkan resolusi paling baik, membuat QLED 8K TV dari Samsung terus dipuji. Selain itu, TV besutan Samsung juga tersedia dan didukung oleh teknologi HDR10+, AI, serta 100 persen color volume.

Sementara bagi mereka yang bekerja membuat QLED 8K TV 2020, keunggulan lah yang selalu diutamakan.

Maka, untuk menawarkan pengalaman menonton dengan lebih mendalam pada seri televisi ini, menerapkan desain dengan mengurangi bezel serta matriks hitam.

Tim produksi membuat bezel yang dikhususkan buat layar unik, dengan mengubah material yang dipakai dalam produksi.

Jika sebelumnya bahan utama untuk produk itu ialah aluminium, maka untuk produk ini menggunakan stainless steel. Bahannya itu disebar pada lapisan tertipis, dengan memakai metode khusus untuk meningkatkan daya tahannya.

Sehingga, dengan mengurangi area bezel serta matriks hitam, maka layar yang tercipta Samsung QLED 8K TV yang menempati 99 persen dari sisi depan produk.

Sedangkan fitur Ambient Mode TV, yang menampilkan video dan foto pengguna saat televisi dalam keadaan off/dimatikan, juga memiliki kontribusi untuk meniadakan batas antara layar TV dengan ruang dimana televisi dipasang.

Desain Belakang Rata supaya Menempel Mulus

Samsung bukan hanya berinovasi pada bagian sisi depannya saja, namun juga menghilangkan bagian elemen yang tak diperlukan dari sisi belakang TV.

Tidak seperti bagian belakang televisi model konvensional yang tipis di ujungnya, namun menjadi lebih tebal pada bagian tengah perangkat. Tapi, Samsung QLED 8K TV 2020 memiliki desain belakang datar yang mempunyai ketebalan konsisten pada 15 mm.

Sehingga, saat TV ditempel di dinding, maka desain sisi belakang yang tidak rata itu bisa menghasilkan bayangan besar, apabila ada jarak yang besar antara dinding dengan TV.

Tentu saja, dengan lebih rampingnya desain sisi belakang tersebut, membuat pengurangan ruang untuk memuat seluruh bagian serta komponen televisi.

Karenanya, komponen-komponen pada Samsung QLED 8K TV tersebut termasuk speaker, circuit board, prosesor, output port, serta penutupnya harus dikecilkan. Hal itu supaya semuanya menjadi muat ke dalam ruang yang kecil tersebut.

Sebelumnya, pada bagian penutup belakang ketebalannya 2,7mm. Tapi, untuk QLED 8K TV 2020 dengan memakai metode khusus, berhasil mengurangi ketebalan jadi 0,8 mm.

Dudukan TV Sederhana namun Kuat

Sedangkan pada bagian stand atau dudukan TV konvensional biasanya memiliki desain yang menonjol. Akan tetapi, dudukan pada QLED 8K TV 2020 besutan Samsung ini, bentuknya kecil serta sederhana supaya lebih menonjolkan layar.

Dudukan layar yang dirancang seri Q950TS ini memiringkan layar teelvisi ke belakang kurang lebih 3,5 derajat.

Sudut kemiringan yang tebalnya 15mm tersebut sudah diperhitungkan. Hal itu, untuk memastikan bahwa pengguna bisa menikmati menonton TV dengan benar-benar imersif serta nyaman.

Sehingga, dengan keunggulan tersebut tidak salah jika Samsung QLED 8K TV 2020 memperolah beberapa ulasan yang baik dari media serta industri. Tidak cuma karena kualitas layar serta teknologi suara canggih, namun juga atas kerja keras tim Samsung dalam mendobrak batas desain konvensional. (Adi/R5/HR-Online)