Satpol PP Kabupaten Ciamis Ingatkan Orang Tua Awasi Pergaulan Anak

Satpol PP Kabupaten Ciamis Ingatkan Orang Tua Awasi Pergaulan Anak

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com).- Satuan Polisi Pamong Praja / Satpol PP Kabupaten Ciamis mengingatkan para orang tua untuk selalu mengawasi pergaulan anak-anaknya.

Paslanya, saat ini banyak kalangan anak sekolah yang ikut-ikutan menjadi anak-bagian dari komunitas anak punk.

Hal itu menyusul dengan adanya penangkapan 6 anak punk di bilangan taman Lokasana Ciamis, baru-baru ini.

Kasi Dalops Satpol PP Ciamis, Yudi, kepada HR Online, Jum`at (05/06/2020), membenarkan, pada hari kemarin, pihaknya melakukan patroli rutin atau penyisiran di wilayah perkotaan.

Pada kegiatan penyisiran tersebut, Satpol berhasil mendapati segerombolan anak punk. Dari kegiatan itupun, Satpol PP juga berhasil mengamankan enam orang anak remaja.  

Yudi mengaku, saat Patroli Satpol PP melihat gerombolan anak punk sedang berkerumun dengan jumlah yang cukup banyak, yakni lebih dari 13 orang.

Ketika Satpol PP berusaha mendekati mereka, kata Yudi, sebagian anak punk tersebut berlarian dan kabur.  

6 Anak Punk Diamankan Satpol PP Kabupaten Ciamis

“Ketika di lokasi, sebagian lari dan 6 orang tertangkap. Mereka yang tertangkap, langsung kami bawa ke kantor untuk dipulangkan ke rumahnya masing-masing,” kata Kasi Dalops Satpol PP Ciamis.

Menurut Yudi, dari 6 orang yang berhasil diamanakan Satpol PP, ternyata diketahui 3 orang diantaranya masih duduk di bangku SMP.

Mirisnya lagi, kata Yudi, ketiga anak tersebut adalah siswa SMP di Kabupaten Ciamis. Menurut pengakuan ketiganya, mereka baru kali ini ikut bergabung bersama anak-anak punk.

“Mereka ikutan anak punk itu baru pertama kali. Ini dikarenakan sekolah libur,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Yudi mengungkapkan, Satpol PP kemudian mencoba menghubungi pihak keluarga dari ketiga anak tersebut.

Dari keterangan keluarga, ternyata ketiganya sudah beberapa hari tidak pulang. Bahkan, pihak keluarga sudah berusaha mencari-cari keberadaan mereka.  

Tidak hanya orang tua, Yudi menambahkan, Satpol PP juga berkordinasi dengan pihak sekolah dimana ketiga anak tersebut mengenyam pendidikan.

“Kami langsung koordinasi, agar pihak sekolah mengetahui insiden seperti ini. Kami berharap, kejadian seperti ini tidak kembali terulang,” katanya.

Yudi juga berharap orang tua ikut aktif berperan mengawasi anak-anak agar tidak salah bergaul. Terlebih pada masa pandemi covid-19 yang mengharuskan anak belajar di rumah.

Namun demikian, Yudi menambahkan, Satpol PP Kabupaten Ciamis akan tetap siaga melakukan patroli rutin untuk meminimalisir kejadian serupa. (Fahmi/R4/HR-Online)