Sejumlah Jalan di Banjar Gelap Akibat PJU Mati, Dinas PUPRKP; Perbaikan Tetap Berjalan

Sejumlah Jalan di Banjar Gelap Akibat PJU Mati, Dinas PUPRKP; Perbaikan Tetap Berjalan
Sejumlah PJU yang mati di kawasan Jalan Purwanegara, Kelurahan Pataruman, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar. Foto: Muhlisin/HR.

Berita Banjar (harapanrakyat.com).- Sejumlah jalan masuk menuju pusat Kota Banjar nampak gelap saat malam hari. Sebab, sudah hampir tiga bulan ini lampu penerang jalan umum (PJU) tidak berfungsi, dan tak kunjung diperbaiki.

Seperti diungkapkan Rusman (50), warga Lingkungan Kelurahan Pataruman, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar. Ia menyebutkan, Jalan Purwanegara menuju arah Kecamatan Langensari menjadi gelap gulita saat malam hari, lantaran terdapat sejumlah lampu PJU yang mati.

Bahkan, kata Rusman, pada saat bulan Ramadan sempat terjadi kecelakaan di wilayah Panatasan, Kelurahan Pataruman karena tidak adanya lampu penerang jalan di lokasi tersebut.

“Ada sekitar enam lampu PJU yang mati di dekat jalan perlintasan rel kereta api ini,” terangnya, kepada Koran HR, Selasa (16/06/2020).

Menurut Rusman, matinya sejumlah lampu PJU di jalan tersebut sudah terjadi sejak tiga bulan yang lalu, dan sampai sampai saat ini belum ada petugas yang melakukan pengecekan atau perbaikan.

Dirinya berharap ada petugas yang melakukan pemeriksaan dan perbaikan untuk memberikan kenyamanan bagi warga dan pengguna jalan yang melintas.

“Ini kan sudah lama seharusnya ya diperbaiki. Masa mau dibiarkan terus, apalagi ini jalan masuk ke wilayah kota,” ujarnya.

Tak hanya di Jalan Purwanegara, tidak berfungsinya lampu PJU juga terlihat di Jalan Langensari arah Lakbok, dan di sejumlah ruas jalan menuju akses ke wilayah perkotaan di Banjar.

Salah seorang warga di Lingkungan Langensari, Amir (28), menyebutkan, sedikitnya ada sekitar 5 unit lampu PJU yang tidak berfungsi dan belum diperbaiki. Beberapa lokasi tersebut diantaranya berada di dekat jalan perempatan lampu merah Parkid menuju arah Lakbok.

“Sudah dua bulan lebih kalau matinya, cuma belum ada perbaikan sampai sekarang. Kalau bisa segera diperbaiki biar ngga gelap dan aman bagi pengguna jalan,” harap Amir.

Perbaikan PJU di Banjar Tetap Berjalan

Dikonfirmasi mengenai hal tersebut, Kasie. Ketenagalistrikan Dinas PUPRKP Kota Banjar, Asep Bunyamin, mengatakan, meski masih dalam masa pandemi akibat wabah virus Corona, namun proses pengecekan dan perbaikan lampu PJU yang dilakukan pihaknya tetap berjalan.

Selain itu, ketersediaan alat dan lampu PJU di unit Ketenagalistrikan juga masih mencukupi untuk perbaikan lampu, yang saat ini sudah tidak berfungsi atau rusak.

“Proses perbaikan masih berjalan. Tadi siang juga ada perbaikan di wilayah Kelurahan Mekarsari, dan lokasi yang lain,” terangnya.

Terkait masih adanya beberapa lokasi yang gelap karena matinya lampu PJU dan belum diperbaiki, lanjut Asep, hal itu akan segera dilakukan pengecekan dan perbaikan.

“PJU yang diperbaiki kan banyak, jadi belum sampai ke lokasi yang lain. Nanti setelah ini kami kirimkan petugas lapangan untuk memperbaiki,” katanya. (Muhlisin/Koran HR)

Aegis Boost Pro