Sungai Cikidang dan Citanduy Meluap, Ratusan Rumah Warga Tasikmalaya Diterjang Banjir

Citanduy Meluap
Pemukiman warga yang terendam banjir akibat Sungai Cikidang dan Citanduy meluap. Foto: Istimewa

Berita Tasikmalaya, (harapanrakyat.com),- Sebanyak 5 kampung di Kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya dikabarkan terendam banjir akibat curah hujan yang tinggi, sehingga berdampak Sungai Cikidang dan Citanduy meluap.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, sekitar 500 rumah di Dusun Bojongsoban, Hergarsari, Cicalung serta Mekarsari terendam banjir dengan ketinggian mulai 30 centimeter hingga 130 centimeter.

Kepala Desa Tanjungsari, Amas, mengatakan, adanya banjir ini pihaknya mengharapkan agar dilakukan normalisasi di dua sungai tersebut.

“Beberapa waktu lalu kita sudah sampaikan BBWS dan Alhamdulillah mereka meresponnya dengan melakukan pendataan warga di sekitar sungai pada awal Juli 2020 mendatang,” katanya, Jum’at (19/6/2020).

Akibat Sungai Cikidang dan Citanduy meluap, kata Amas, pihaknya juga masih melakukan pendataan berapa kerugian materinya, apalagi banjir belum juga surut.

Meski diterjang banjir, warga belum ada satupun yang mengungsi. Pasalnya, banjir ini sudah menjadi langganan, sehingga warga sudah melakukan berbagai persiapan sebelum musibah itu datang.

“Di sini memang kerap terjadi, dan ini yang kedua kalinya. Makanya kita selalu mengimbau agar mereka menyimpan barang-barang di tempat yang tinggi,” imbuhnya.

Amas berharap persoalan ini agar jangan sampai berlarut-larut agar warga tidak dirugikan akibat belum dilakukan normalisasi sungainya. (Apip/R6/HR-Online)