Tanda-tanda Hamil Kosong yang Sering ‘Menipu’ Calon Ibu

Tanda-tanda Hamil Kosong yang Sering ‘Menipu’ Calon Ibu
Tanda-tanda hamil kosong yang sering ‘menipu’ calon ibu. Foto:Ist/Net

Apakah Anda mengalami tanda-tanda hamil kosong? Bagaimana hal ini bisa terjadi dan apa saja faktor penyebabnya. Namanya juga hamil kosong, tak jarang wanita yang telah lama mengidamkan anak harus kecewa dengan kasus ini.

Kehamilan kosong atau blighted ovum terkenal pula dengan sebutan kehamilan tanpa embrio. Ini adalah jenis gangguan kehamilan akibat gagalnya proses pembuahan sel telur menjadi embrio. Namun rahim tetap memperlihatkan gejala seperti kehamilan umumnya.

Meskipun pembuahan gagal, namun proses itu juga ikut meningkatkan kadar hormon HCG. Sehingga saat di tes pun menunjukkan hasil yang positif. Karena itu tak sedikit calon ibu dan orang tua yang tertipu akibat peristiwa ini.

Tanda-tanda Hamil Kosong Yang Wajib Dikenali

Gejala maupun tanda-tanda hamil kosong yang dialami calon juga ibu juga sama seperti kehamilan normal. Termasuk akan mengalami mual dan muntah terutama saat pagi (morning sickness), atau pusing.

Tanda lainnya yang dialami pada kehamilan kosong juga seperti kehamilan lainnya seperti tidak menstruasi, sering buang air kecil, mudah lelah, dan berat badan yang mengalami kenaikan.

Selain gejala yang dirasakan seperti umumnya kehamilan, kehamilan kosong juga sering disertai ciri-ciri atau tanda-tanda keguguran. Berikut ini sejumlah gejala dan tanda-tanda hamil kosong yang tidak terjadi pada kehamilan normal.

1. Nyeri pada Payudara

Tak sedikit wanita yang mengabaikan timbulnya rasa nyeri pada payudara, termasuk wanita yang sedang hamil. Padahal gangguan ini merupakan ciri terjadinya kehamilan kosong yang sering terjadi.

2. Mengalami Pendarahan

Tanda-tanda hamil kosong biasanya juga bisa dikenali dari adanya bercak darah atau pendarahan pada vagina. Jika Anda mengalami gejala seperti keguguran ini sebaiknya segera periksakan ke dokter kandungan.

3. Menstruasi Yang Berat

Gejala terjadinya menstruasi yang berat ini akibat banyaknya darah yang keluar melalui vagina. Tanda ini biasanya terjadi setelah keluarnya bercak darah tua pendarahan.

4. Perut Mengalami Kram

Perut yang sering mengalami kram juga bisa menjadi tanda-tanda hamil kosong. Gangguan ini bisa dirasakan ringan namun ada juga yang mengalami kram perut yang berat. Termasuk bisa berlangsung lama atau berulang.

5. Tubuh Sangat Lelah

Kelelahan umumnya dialami wanita yang sedang hamil normal. Namun jika tubuh Anda merasakan sangat lelah terutama seminggu sesudah hamil sebaiknya waspada bahwa Anda sedang mengalami kehamilan kosong.

Faktor Penyebab Hamil Kosong

Kehamilan kosong atau blighted ovum juga disebut anembryonic pregnancy. Hal ini terjadi ketika sel telur yang mengalami pembuahan sudah menempel pada dinding rahim. Sehingga kantung kehamilan tetap terbentuk meskipun tidak menjadi embrio.

Proses inilah yang membuat tanda-tanda hamil kosong mirip dengan kehamilan normal. Apalagi hormon kehamilan ikut meningkat dan plasenta yang terbentuk juga terus berkembang seperti layaknya hamil biasa.

Belum diketahui penyebab hamil kosong secara pasti. Namun para dokter dan ahli meyakini bahwa kehamilan kosong terjadi karena sejumlah faktor. Seperti karena rendahnya kualitas sperma atau sel telur.

Selain itu kehamilan kosong juga bisa terjadi karena pembelahan abnormal yang terjadi pada sel telur maupun karena masalah pada kromosom.

Peristiwa kehamilan kosong memang seringkali ‘menipu’ para calon ibu yang sangat mengharapkan hadirnya anak. Selain tanda-tanda hamil kosong yang sangat mirip dengan kehamilan normal, kejadiannya juga tidak mudah diperkirakan.

Namun kasus kehamilan terbilang jarang terjadi. Kalaupun ada wanita yang mengalaminya umumnya tidak akan dialami lagi di kemudian hari. Meskipun begitu, hamil kosong sulit dicegah karena faktor penyebabnya yang tidak pasti.

Sedangkan bagi wanita yang mengalami tanda-tanda hamil kosong dan berkeinginan untuk hamil lagi, biasanya dokter akan menyarankan untuk menunggu beberapa siklus menstruasi hingga kembali teratur. (R9/HR Online)

Loading...