Senin, Mei 16, 2022
BerandaBerita TerbaruTanggal Lahir Soeharto dan Sejarah Presiden Indonesia Kedua

Tanggal Lahir Soeharto dan Sejarah Presiden Indonesia Kedua

Tanggal lahir Soeharto tepatnya pada 8 Juni 1921. Soerharto dari seorang ibu bernama Sukirah. Soeharto merupakan Presiden kedua RI yang lahir di Kemusuk, Yogyakarta dan meninggal di Jakarta pada 27 Januari 2008 pada usia 86 tahun.

Beliau menjabat Presiden mulai tahun 1967 hingga 1998 yang menggantikan presiden Soekarno. Dalam dunia internasional, Presiden Soeharto sering dirujuk dengan memiliki sebutan yang cukup populer yakni “The Smiling General” yang berarti Sang Jenderal yang Tersenyum.

Hal ini dikarenakan Presiden Soeharto memiliki raut muka yang selalu tersenyum dimana menandakan beliau orang yang ramah.

Tanggal Lahir Soeharto

Meskipun Presiden Soeharto terkenal memiliki raut muka yang senantiasa tersenyum serta menunjukkan keramahan, akan tetapi dengan beragam kontroversi yang terjadi, beliau sering juga disebut dengan orang yang sangat diktator bagi orang-orang yang berseberangan dengan dia.

Sebelum menjabat sebagai Presiden RI yang kedua, Soeharto merupakan pemimpin militer pada masa pendudukan Jepang dan Belanda.

Dengan pangkat yang dimiliki Mayor Jenderal. Selanjutnya, setelah Gerakan 30 September 1965, Soeharto melakukan operasi penertiban serta pengamanan atas perintah Presiden RI yang pertama yakni Bp. Ir Soekarno.

Diantaranya dengan melakukan penumpasan Gerakan 30 September serta menyatakan PKI sebagai organisasi terlarang.

Sejarah 8 Juni Sebagai Tanggal Lahir Soeharto

Bapak Soeharto merupakan Presiden RI kedua dari pasangan yang bernama Kertosudiro dan Sukirah. Sang ayah adalah seorang petani serta pembantu lurah dalam pengairan sawah desa.

Soeharto masuk sekolah pada usia 8 tahun dengan berpindah tempat. Dimana akhirnya dia terpilih sebagai prajurit teladan di sekolah Bintara, Gombang, Jawa Tengah pada tahun 1941.

Selanjutnya, beliau resmi menjadi anggota TNI pada 5 Oktober 1945. Pada tahun 1947, Soeharto menikah dengan Siti Hartinah (ibu Tien) yang merupakan seorang anak pegawai Mangkunegaran.

Akhir Masa Jabatan Soeharto Sebagai Presiden Kedua

Terlepas dari tanggal lahir Soeharto, sejarah akhir masa jabatannya juga menarik untuk diketahui. Dalam kekuasaannya yang disebut dengan masa orde baru, Soeharto berhasil membangun negara dengan keadaan yang stabil hingga mencapai puncak kemajuan ekonomi dan insfrastruktur.

Dalam hal ini, Soeharto dianggap membatasi kebebasan warga negara Indonesia keturunan Tionghoa serta berhasil menduduki Timur Timur yang saat ini berubah menjadi Timur Leste dan telah memisahkan diri dari Indonesia.

Selain itu, pemerintahan Soeharto dianggap sebagai rezim yang paling korup di dalam catatan sejarah dunia dengan estimasi kerugian negara yang mencapai sekitar 15 hingga 35 miliar dolar Amerika Serikat.

Pada akhirnya, Soeharto harus meletakkan jabatannya sebagai Presiden RI secara tragis. Hal ini bukan semata-mata karena adanya desakan demonstrasi mahasiswa pada tahun 1998, akan tetapi lebih dikarenakan adanya pengkhianatan dari para pembantu dekatnya yang sebelumnya ABS serta ambisius tanpa fatsoen politik.

Baca Juga: Sejarah Hari Lahir Pancasila Lain dengan Hari Kesaktian Pancasila

Soeharto dituduh korupsi serta melakukan penyalahgunaan dana yayasan yang telah didirikannya. Dalam hal ini, Soeharto bersedia untuk bertanggungjawab atas dana yayasan tersebut. Namun akhirnya beliau jatuh sakit yang menyebabkan proses peradilannya dihentikan.

Setelah sakit berkepanjangan, Soeharto meninggal karena kegagalan orang multifungsi di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) Jakarta pada 27 Januari 2008.

Hari Sejarah yang Bertepatan dengan Tanggal Lahir Soeharto

Banyak peristiwa bersejarah di dunia yang terjadi pada tanggal 8 Juni, diantaranya sebagai berikut:

Pertempuran Antiokh

Terjadi pada 8 Juni 1218 di Kota Antiokh (sekarang Antakya) Turki, yakni antara pasukan Kekaisaran Romawi dengan pemberontak yang dipimpin Elagabalus.

Dalam pertempuran ini, dimenangkan oleh pihak pemberontak dengan adanya bantuan pasukan Suriah. Dimana akhirnya Elagabalus naik tahta menjadi kaisar Romawi.

Perang Saudara Amerika Serikat

Peristiwa ini terjadi pada 8 Juni 1862 yang merupakan pertempuran antara Cross Keys yang meletus di Rockingham County Virginia.

Pertempuran yang bertepatan pada tanggal lahir Soeharto tersebut dimenangkan oleh pihak konfederasi yang berhasil mempertahankan Rockingham County dari pasukan Union yang telah berusaha merebutnya.

Operasi Alfabet

Peristiwa sejarah pada tanggal 8 Juni berikutnya adalah Operasi Alfabet. Terjadi di Pelabuhan Narvik Norwegia pada 8 Juni 1940.

Dimana merupakan upaya pasukan sekutu untuk mengevakuasi tentaranya yang masih bertahan hidup. Selanjutnya Jerman berhasil mengusir Pasukan sekutu yang kemudian menaklukkan Norwegia.

Dengan mengenang tanggal lahir Soeharto yang jatuh pada 8 Juni ini, maka kita juga sekaligus mengenang jasa-jasa beliau yang sangat berharga bagi negara Indonesia. (R10/HR-Online)

- Advertisment -