Sabtu, Januari 29, 2022
BerandaBerita JabarTausiah Pernikahan di Masa Pandemi Bisa Dilakukan Secara Virtual

Tausiah Pernikahan di Masa Pandemi Bisa Dilakukan Secara Virtual

Berita Jabar (harapanrakyat.com),- Tausiah pernikahan di masa pandemi Covid-19 bisa dilakukan secara virtual. Seperti dilakukan Gubernur Jabar (Jawa Barat), Ridwan Kamil. Ia memberikan tausiah pernikahan secara daring (online) dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, dalam prosesi pernikahan Adli Anshari dan Santi Sopandi, Sabtu (06/06/2020).

Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, mengatakan, tausiah pernikahan secara virtual ini menjadi yang pertama kali dilakukannya dari Gedung Pakuan. Sekaligus juga sebagai salah satu contoh dalam penerapan AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru) di masa pandemi.

Meskipun pernikahan berlangsung di tengah pandemi Covid-19, namun, kata Kang Emil, hal itu tetap dapat dilaksanakan sesuai dengan syariat agama.

“Ini merupakan pertama kalinya saya memberikan ceramah secara virtual, dan ini menandakan bahwa syariat tidak berubah. Kita sedang menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru,” ujar Kang Emil, seperti dilansir laman Humas Jabar.

Sedangkan, untuk kepentingan lainnya seperti acara resepsi, bisa menyesuaikan dengan waktu pelaksanaannya.

Hal itu untuk mengutamakan keselamatan dan tetap menjadi memorable atau peristiwa yang tidak akan terlupakan.

Kang Emil juga mengatakan, ini merupakan sebuah kebahagiaan yang bisa dirasakan dalam suasana tidak biasa, dan menjadi hikmah buat masyarakat.

Terpenting adalah berlangsungnya prosesi akad nikah yang sesuai dengan syariat agama. Sedangkan, untuk hal lainnya bisa menyesuaikan.

“Mungkin peristiwa akad nikah seperti ini suatu hari kelak akan dikenang dan menjadi sebuah prosesi akad nikah yang sangat memorable,” imbuhnya.

Berharap Masa Pandemi Covid-19 Segera Berakhir

Dalam tausiahnya itu, Gubernur Jabar ini berpesan kepada kedua mempelai supaya saling menguatkan komitmen dan menerima perbedaan masing-masing.

Karena hal tersebut menjadi modal utama dalam mempersiapkan diri untuk mengarungi bahtera rumah tangga yang sebetulnya tidak mudah.

Kang Emil pun berharap, dalam momentum pernikahan dengan suasana yang tak biasa ini tidak menyurutkan rasa bahagia dan juga kesakralan.

Dirinya juga berdo’a supaya pandemi Covid-19 ini bisa segera berakhir, sehingga semua warga dapat beraktivitas lagi tanpa adanya kendala. “Mudah-mudahan semuanya berbahagia. Kita do’akan agar kita semua selamat dari pandemi ini, dan secepatnya Covid-19 berakhir supaya kita dapat kembali beraktivitas seperti yang kita rindukan,” ujar Kang Emil. (Eva/R3/HR-Online)

- Advertisment -