Tebing Longsor di Tasikmalaya, Seorang Nenek Selamat Meski 3 Jam Tertimpa Reruntuhan Rumah

rumah tertimpa Tebing Longsor di Tasikmalaya
Rumah ambruk setelah tertimpa tebing yang longsor. Kejadian di Desa Cibalong, Tasikmalaya, Jumat (19/6/2020). Foto : Apip/HR

Berita Tasikmalaya, (harapanrakyat.com),- Seorang nenek berusia 90 tahun lolos dari maut, setelah tertimpa reruntuhan rumah yang ambruk selama 3 jam. Rumah tersebut ambruk setelah diterjang tebing setinggi 100 meter di Tasikmalaya, Jawa Barat, yang longsor pada Jumat (19/6/2020).

Proses evakuasi nenek yang terjebak di bawah reruntuhan dengan melibatkan anggota BPBD, TNI-Polri dan masyarakat cukup dramatis.

Beruntung, korban masih bisa bernafas. Setelah berhasil dievakuasi, nenek Sukaesih langsung dibawa ke Puskesmas terdekat, untuk menjalani perawatan medis. 

Staf BPBD Kabupaten Tasikmalaya, Aam Muharom, mengatakan, tebing yang longsor akibat diduga hujan deras itu, setinggi 100 meter dengan lebar sekitar 50 meter.

Baca Juga : Bencana Alam Melanda Kabupaten Tasikmalaya

“Ada nenek usia 90 tahun tertimpa reruntuhan, tapi beruntung selamat. Masih bisa bernafas karena ada rongga udara,” ujarnya kepada HR Online, Jumat (19/6/2020).

Selain rumah Sukaesih, longsoran tebing juga menimpa rumah milik Dede (65). Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian longsor tersebut. Karena, sebagian penghuni rumah yang tertimbun longsor tengah salat subuh di masjid.

Menurut Aam, longsor ini juga mengancam 15 rumah lainnya. Khawatir tertimpa longsor susulan, warga terpaksa mengevakuasi barang di rumah ke tempat aman.

Sementara Kades Cibalong, Rahmat Sutedi, mengungkapkan, dalam kurun waktu satu tahun terakhir, longsor sudah terjadi 3 kali di lokasi yang sama.

“Lokasi permukiman yang berada di lereng tebing membuat rawan terjadi longsor. Memang di sini sering longsor, tapi yang sekarang lebih besar,” pungkasnya. (Apip/R5/HR-Online)