Tempat Wisata di Tasikmalaya yang Bikin Kangen Piknik

Tempat Wisata di Tasikmalaya
Gunung Galunggung, salah satu tempat wisata di Tasikmalaya. Foto: Istimewa

Berita Tasikmalaya, (harapanrakyat.com),– Banyak tempat wisata di Tasikmalaya yang membuat kangen untuk piknik di masa pandemi Corona saat ini.

Sejumlah destinasi wisata kini ditutup akibat pandemi corona. Banyak obyek wisata yang kesepian menanti untuk dikunjungi dimasa New Normal ketika diberlakukan nanti. Termasuk juga wisata di Tasikmalaya.

Tempat Wisata di Tasikmalaya

Berikut ini destinasi wisata di Tasikmalaya yang bikin kangen piknik dan wajib anda kunjungi:

Obyek Wisata Kawah Gunung Galunggung

Salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi dimasa new normal adalah obyek wisata Gunung Galunggung. Tempat ini salah satu obyek yang terkenal di Tasikmalaya. Gunung berapi yang memiliki ketinggian 2.167 meter ini menyuguhkan pesona keindahan alam.

Pengunjung bisa merasakan sensasi mendaki melalui 620 anak tangga. Meski cukup curam, namun lelah traveler akan terbayar dengan hijaunya pemandangan Kabupaten Tasikmalaya.

Sesampainya di puncak langsung dapat menikmati luasnya kawah danau. Di seklilingnya dibentengi dengan tebing c uram dan memancarkan air terjun indah. Bagi pecinta swafoto, lokasi ini sangat cocok menjadi persediaan foto untuk diupload di media sosial pribadi anda.

Selain menikmati pemandangan indah, pengunjung juga bisa berkemah di hutan pinus galunggung. Di tempat ini sudah disediakan lokasi dan paket untuk berkemah. Lokasinya di tengah jalan menuju kawah Galunggung. Akses menuju lokasi cukup mudah hanya mempersiapkan kendaraan yang kuat untuk menanjak karena cukup curam.

Bisa juga berkemah di atas kawah bagi pengunjung yang ingin menyaksikan matahari terbit atau sunrise saat pagi hari. Berkemah di hutan pinus bisa merasakan sensasi sedang berada di tengah hutan. Sedangkan berkemah di bawah kawah seperti di pinggir danau dengan air yang melimpah.

Wisata Pemandian Cipanas Galunggung

Tak hanya itu,di bawah Gunung Galunggung sebagai tempat wisata di Tasikmalaya ini juga terdapat tempat pemandian air panas. Nama lokasinya Cipanas Galunggung. Di tempat ini ada beberapa kolam yang bisa dinikmati oleh pengunjung secara-bersama-sama.

Ada juga aliran sungai yang telah ditata untuk dimanfaatkan sebagai tempat berendam. Bagi anda yang lebih mementingkan privasi, juga tersedia ruangan pemandian khusus yang bisa disewa. Ruangannya cukup luas bisa digunakan untuk satu keluarga berjumlah 5 orang.

Kampung Naga Tempat Wisata di Tasikmalaya dengan Kearifan Lokal

Kampung Naga di Tasikmalaya, Jawa Barat, adalah sebuah perkampungan adat. Dimana di kampung ini dihuni oleh masyarakat yang memegang teguh adat tradisi zaman dulu. Hampir seluruh kegiatan masih melakukan cara tradisional. Mereka menolak budaya modern untuk menjaga kelestarian kampung.

Secara administratif, Kampung Naga terletak di Desa Neglasari, Kecamatan Salawu. Bagi yang sering bepergian ke Garut melintasi jalan Singaparna, maka akan menjumpai pintu masuk ke Kampung Naga. Tapi tak ada salahnya mampir sejenak untuk melihat keunikan kampung tersebut.

Keunikan Kampung Naga, masyarakatnya tak menggunakan barang elektronik dan moderinsasi. Rumahnya dibangun dengan bahan alam seperti bambu, kayu dan ijuk. Hampir seluruh rumahnya memiliki ukuran dan bentuk yang seragam menghadap ke utara.

Karena keunikannya, banyak warga dari luar ingin melihat langsung kehidupan warga Kampung Naga. Sekaligus menjadikannya salah satu tempat wisata di Tasikmalaya yang wajib dikunjungi. Bagi traveler yang ingin merasakan kehidupan tradisional bisa datang ke Kampung Naga.

Seluruh penduduk Kampung Naga adalah beragama Islam. Menurut cerita dari beberapa sumber,  Kampung Naga ada sejak masa Walisongo yakni Sunan Gunung Jati. Beliau menugaskan seseorang bernama Singaparna menyebarkan agama islam di wilayah Tasikmalaya.

Singaparna tiba di Neglasari atau kini Kampung Naga. Di tepi sungai di sebuah bukit Singaparna bersemedi dan menempati satu tempat yakni Kampung Naga. Nama tempat ini disematkan sesuai dengan lokasi letak kampung tersebut berada di pinggir tebing dalam bahasa sunda ‘Nagawir’.

Pantai Cipatujah dengan Pemandangan Terumbu Karang Eksotik

Salah satu tempat wisata di Tasikmalaya yang bikin kangen piknik adalah Pantai Cipatujah. Obyek wisata ini tak kalah dengan wisata pantai lainnya seperti Pangandaran. Letaknya sekitar 74 kilometer  dari pusat kota Tasikmalaya. Lokasi ini wajib dikunjungi karena memiliki keunikan tersendiri.

Pantai Cipatujah dihiasi dengan pesona terumbu karang yang eksotis. Pantai ini juga tergolong cukup tenang dan tak terlalu ramai. Sangat cocok bagi wisatawan yang meningingkan ketenangan dan melepas penat setelah sibuk beraktivitas di perkotaan. Cocok untuk tempat refreshing.

Seperti pantai lainnya, diwaktu tertentu pengunjung juga bisa menikmati pemandangan sunset dan sunrise di beberapa sisi pantai. Wisatawan bisa menikmati pesona alam berwarna jingga di kala sore hari atau pagi hari. Pemandangan ini bisa menjadi salah satu koleksi album foto di media sosial.

Itulah beberapa tempat wisata di Tasikmalaya yang bikin kangen piknik. Wisatawan bisa bersiap dari sekarang mengumpulkan ongkos dan bekal untuk berwisata, ketika pandemi corona berakhir, atau adaptasi kebiasaan baru (AKB) yang biasa disebut new normal diberlakukan oleh Pemerintah. (Fahmi2/R7/HR-Online)

Loading...