Tes Swab Corona, Metode Deteksi Covid-19 Paling Akurat

Tes Swab Corona
Ilustrasi Tes Swab Corona. Foto: Ist

Tes swab Corona ialah salah satu metode untuk mendeteksi Covid-19. Dalam upaya penekanan penyebaran virus Corona, saat ini banyak dilakukan pengujian terhadap virus SARS-CoV-2 tersebut.

Biasanya pemeriksaan yang sering dilakukan adalah rapid tes. Akan tetapi, rapid tes hanya bisa digunakan sebagai skrining atau proses penyaringan awal.

Perlu anda ketahui, rapid tes berbeda dengan pemeriksaan swab tenggorokan. Hasil pemeriksaan swab digunakan untuk mendiagnosis seseorang yang terinfeksi virus Corona jenis baru.

Baca juga: Arti Reaktif Covid-19 Berdasarkan Rapid Test, Ini Penjelasannya

Tes Swab Corona, Metode Deteksi Covid-19

Tes swab adalah suatu pemeriksaan yang digunakan untuk mendeteksi adanya virus Covid-19. Tes swab disebut juga dengan tes PCR atau Polymerase Chain Reaction.

Pada tes swab, para petugas medis akan mengambil sampel apus dari saluran pernafasan seperti pada hidung dan tenggorokan.

Selanjutnya, sampel dibawa untuk diperiksa dengan menggunakan mikroskop guna mendeteksi ada atau tidaknya DNA virus Corona.

Adanya tes PCR bertujuan untuk menganalisa DNA atau RNA atau disebut dengan materi genetik virus yang terdapat di dalam virus tersebut.

Walaupun sampelnya hanya mengandung materi genetik dalam jumlah yang sedikit, akan tetapi pemeriksaan ini dapat melipatgandakan DNA atau RNA tersebut.

Prosedur dan Tahapan Pemeriksaan Tes Swab Corona

PCR adalah metode pemeriksaan guna mendeteksi infeksi virus Corona, maka pemeriksaan swab dan PCR merupakan satu kesatuan.

Adapun tahapan dalam melakukan pemeriksaan tes swab meliputi pasien diminta untuk duduk di kursi.

Selanjutnya, tim medis akan sedikit dorong kepala pasien ke sisi atas guna memasukkan alat dalam bentuk seperti cotton, akan tetapi dengan ukurannya yang jauh lebih panjang ke dalam lubang hidung.

Alat tersebut akan masuk hingga mentok pada bagian belakang hidung. Teknik swab dilakukan bertujuan untuk menyapu alat tersebut pada area belakang hidung.

Alat tersebut mempunyai ujung yang dapat menyerap cairan atau lendir yang terdapat pada area tersebut.

Kemudian alat akan berada dalam area itu selama beberapa detik supaya cairan terserap dengan sempurna. Lalu alat swab akan langsung dimasukkan pada tabung khusus dan ditutup.

Setelah itu, tabung tersebut akan dimasukkan ke dalam wadah khusus yang kemudian akan dikirim menuju laboratorium guna dilakukan pemeriksaan dengan menggunakan teknik PCR.

Apabila tes swab pada hidung tak memungkinkan, maka tes dapat dilakukan lewat tenggorokan.

Baca juga: Jenis Alat Test Covid-19 yang Wajib Anda Tahu

Mengetahui Hasil Tes Swab Corona

Hasil tes swab virus Covid-19 pada umumnya akan keluar dalam waktu 2 hari. Hasil tes tersebut dapat berupa:

Hasil Positif

Adanya hasil tes swab positif menandakan adanya infeksi Covid-19. Jika anda mempunyai hasil dari laboratorium pada wilayah yang jelas teridentifikasi virus Corona, maka konfirmasi ulang akan dilakukan pada salah satu laboratorium Pusat Penyakit Infeski Prof Dr. Oemijati yang merupakan Puslitbang Biomedis serta Teknologi Dasar Kesehatan.

Hasil tes swab Corona yang positif menandakan bahwa pasien tersebut terinfeksi virus Corona. Maka pasien akan menjalani isolasi di ruangan khusus untuk memperoleh perawatan secara medis.

Sampel jaringan yang berasal dari pasien akan diambil setiap hari untuk diperiksa. Selanjutnya, pasien akan dikeluarkan dari ruang isolasi rumah sakit apabila pemeriksaan sampel menunjukkan hasil negatif sebanyak dua kali secara berturut-turut.

Hasil Negatif

Hasil negatif tandanya bahwa tidak terdapat adanya paparan virus Corona. Akan tetapi, hasil tes periksa negatif dalam sampel tunggal, khususnya yang asalnya dari hidung serta tenggorokan, dimana belum tentu indikasi ketiadaan virus tersebut.

Oleh karena itu, tes swab tak hanya cukup dilakukan satu kali tes saja. Pengulangan tes tersebut tetap harus dilakukan sesuai anjuran yang disarankan para tenaga medis atau dokter.

Untuk pasien dengan hasil tes yang benar-benar negatif, akan dirawat sesuai dengan penyebab penyakit yang dialami pasien tersebut.

Baca juga: Kecerdasan Buatan Mampu Diagnosis Virus Corona Tanpa Alat Tes

Kelebihan dan Kekurangan Tes Swab Corona

Pengambilan sampel lendir dengan menggunakan tes swab serta pemeriksaan PCR adalah metode yang cukup akurat dalam proses mendeteksi virus SARS-CoV2.

Akan tetapi, pemeriksaan ini memerlukan waktu yang cukup lama dan cukup rumit. Pemeriksaan sampel pun hanya dapat dilakukan di laboratorium dengan adanya kelengkapan khusus.

Kapasitas pemeriksaan tes swab Corona pun tidak terlalu besar. Oleh karena itu, diperlukan waktu dalam beberapa hari hingga hasil tes dapat keluar. (R10/HR-Online)

Loading...