Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaBerita BanjarTingkatkan Ketangkasan Anggota, Ini yang Dilakukan BPBD Kota Banjar

Tingkatkan Ketangkasan Anggota, Ini yang Dilakukan BPBD Kota Banjar

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Sebagai upaya mengasah ketangkasan anggota dalam menghadapi situasi darurat bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjar mengadakan latihan bersama. Latihan tersebut dilakukan di halaman Kantor BPBD Kota Banjar, Minggu (14/6/2020).

Latihan bersama melibatkan berbagai unsur seperti Dalmas (Polres Banjar) unit Damkar, Satpol PP, TCC Kota Tasikmalaya, BPBD Ciamis, PMI Kota Banjar serta unsur relawan kebencanaan.

Latihan untuk mengasah ketangkasan anggota tersebut berjalan dengan lancar dan penuh antusias.

Kepala BPBD Kota Banjar, Dedi Suardi, melalui Kasie Kesiapsiagaan Bencana, Asep Setiadi, mengatakan, dalam agenda latihan bersama ini para peserta diberikan materi. Seperti penerapan protokoler Covid-19 dalam bidang Vertical Rescue.

Selain itu, para peserta juga diberi materi tentang penanganan pertolongan pertama, ketika terjadi musibah bencana. Misalnya, musibah tanah longsor, menolong orang dalam situasi genting serta materi lainnya.

“Jadi sifat pelatihannya lebih pada aplikasi teknis keahlian dan ketangkasan, saat bertugas di lapangan,” kata Dedi Suardi kepada awak media.

Tujuan latihan bersama ini, kata Dedi Suardi, selain sebagai ajang silaturahmi juga sebagai ajang pembekalan bagi para relawan. Khususnya, dalam penanganan masalah kebencanaan dan kemanusiaan.

Ia berharap, dengan adanya pembekalan kali ini dapat menambah wawasan dan meningkatkan kesiapan. Selain itu, juga kesiagaan dalam menghadapi berbagai kebencanaan, salah satunya yang sedang dihadapi adalah Covid-19.

“Semoga bisa meningkatkan keahlian para relawan, dan mereka lebih sigap dalam situasi tanggap bencana,” harapnya.

Dari informasi yang diterima HR Online, setelah melakukan latihan bersama, para peserta kemudian melanjutkan bhakti sosial donor darah. Baksos tersebut untuk membantu ketersediaan stok darah di UDD PMI Kota Banjar. (Muhlisin/R5/HR-Online)