Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita BanjarTNI, Polisi dan Satpol PP di Banjar Ini Rela Merogoh Kocek Sendiri...

TNI, Polisi dan Satpol PP di Banjar Ini Rela Merogoh Kocek Sendiri Bantu Masyarakat

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Babinsa Desa Waringinsari dari Koramil 1325 Langensari, Bhabinkamtibmas Polres Banjar, dan Binpol PP Waringinsari memiliki cara sendiri untuk membantu masyarakat. Bahkan, mereka rela mengeluarkan dana dari kocek sendiri untuk kepentingan warga yang membutuhkan.

Seperti halnya di Dusun Kedungwaringin, ketiga anggota TNI ini memberikan bantuan pembangunan jamban untuk masyarakat yang mana sebagian dari mereka masih buang air ke sekitar sawah. Selain itu, sejumlah yatim piatu serta warga tidak mampu juga mendapatkan bantuan sembako.

Babinsa Desa Waringinsari, Serda Soleh Towaludin, menjelaskan, keberadaan TNI, Polisi maupun Binpol PP di desa menjadi hal yang penting dalam membantu proses pemerintahan di desa. Tak hanya itu, mereka juga memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga kondusifitas di wilayah kerjanya.

Adanya Tribina Desa sebagai kepedulian terhadap masyarakat dari ketiga anggota ini, kata Soleh, sebagai bentuk pengabdian di luar pelaksanaan berbagai program yang sudah diperintahkan atasannya masing-masing, termasuk dari pemerintah.

“Kalau tugas dari atasan kami masing-masing tetap dilaksanakan, termasuk dari pemerintah. Kebetulan kami bertiga punya inisiatif untuk membantu warga yang membutuhkan dan ini semua dari kocek sendiri yang kita tabung atau memang pemberian donatur melalui kita,” kata Soleh yang sudah bertugas selama 6 tahun di Desa Waringinsari ini, Selasa (9/6/2020).

Soleh yang juga pernah mendapatkan penghargaan Babinsa Terbaik se-Jabar tahun 2018 lalu ini menilai, anggota TNI, Polisi maupun Satpol PP yang ditugaskan di desa memiliki peran penting untuk mengayomi dan melayani masyarakat yang memiliki dinamika yang begitu kompleks.

Karena itu, kedekatan dengan masyarakat menurutnya menjadi kunci penting dalam menciptakan situasi keamanan yang kondusif.

“Dengan banyaknya dinamika yang ada di masyarakat, tentu kita belajar banyak bagaimana menanganinya secara bersama-sama dengan segala kemampuan yang ada, seperti pemberian bantuan ini,” jelasnya.

Bhabinkamtibmas Desa Waringinsari, Bripka Agus Triantoro, juga mengatakan hal senada. Kepedulian sosial secara pribadi saat menjalankan tugas menjadi kunci penting dalam mendekatkan diri dengan masyarakat.

“Tentunya kita hanya bisa berharap agar proses pembangunan di pemerintah ini bisa berjalan dengan baik dengan dukungan semua pihak, termasuk dari masyarakat itu sendiri. Nah pendekatannya dengan masyarakat yang kita lakukan seperti itu,” singkat Agus.

Apresiasi Warga dan Pemerintah Desa

Suwarno, salah satu warga, mengaku sangat berterima kasih kepada ketiga anggota tersebut yang telah membantu material untuk pembangunan jamban di rumahnya. Sebab, ia tak kerepotan lagi saat buang air yang mana sebelumnya numpang di rumah orang lain maupun di sawah.

“Alhamdulillah mereka sangat baik kepada kami. Selain komunikasi baik dibangun dengan kami, ini juga ada bantuan yang mana itu dari kantong pribadi mereka. Ini perlu dicontoh,” singkatnya.

Kepala Desa Waringinsari, Kuswanti, mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi terobosan yang dilakukan Serda Soleh, Bripka Agus dan Binpol PP Yudi. Selain membantu proses pemerintahan di desanya, mereka juga berperan besar dalam membantu masyarakat.

“Tentunya dalam menjalankan roda pemerintahan ini kita tidak bisa berjalan sendiri. Dengan adanya mereka, kami sangat terbantu dan ini sangat bagus karena mereka rela mengeluarkan secara pribadi,” ujarnya. (Muhafid/Koran HR)