Toyota Fortuner 2020 Hadir dengan Letupan Daya Mesin Baru

Toyota Fortuner 2020
Toyota Fortuner 2020. Foto: ist

Toyota Fortuner 2020 dipastikan hadir dengan mendapatkan ubahan baru, khususnya pada bagian mesin. Hal ini sudah dikonfirmasi oleh pihak Toyota terkait dengan peluncuran Fortuner terbaru 4 Juni nanti.

Peluncuran ini bukan dilakukan di Indonesia, melainkan dilakukan di Thailand. Ini merupakan debut perdana di dunia atau yang dikenal dengan istilah world premiere.

Fortuner adalah salah satu model mobil yang laris manis di Indonesia pada segmen SUV kelas menengah. Mobil ini sempat bersaing dengan Isuzu MU-X, Mitsubishi Pajero, dan juga Nissan Terra.

Bocoran Toyota Fortuner 2020

Penampakan Toyota Fortuner sebenarnya sudah bocor di media sosial dengan tampilan gambar kualitas rendah di akhir tahun 2019 lalu. Gambar tersebut mengungkapkan bahwa tampilan depan dari Toyota Fortuner terlihat lebih agresif jika dibandingkan dengan model saat ini.

Seperti halnya yang dikutip dari Indianautosblog, Fortuner dengan model terbaru akan mengadopsi mesin yang mempunyai tenaga lebih besar dibandingkan dengan model saat ini.

Bocoran tersebut menyebutkan bahwa Fortuner 2020 akan menggendong mesin diesel yang memiliki kode 1GD FTV dengan kapasitas 2755 cc.

Baca juga: Toyota Fortuner Facelift, Desain Futuristik dan Mesin Tangguh

Mesin yang dibawanya bisa meletuskan daya sampai dengan 204 dengan torsi 500 Nm. Sementara itu dari segi transmisi terdapat dua pilihan.

Pertama Toyota Fortuner 2020 ini hadir dengan manual 6 percepatan. Sedangkan pada model lain ada juga transmisi otomatis 6 percepatan.

Sedangkan di dalam penggunaan model yang mengusung mesin lama dipastikan masih tetap tersedia di pasaran.

Seperti Fortuner yang menggunakan mesin dengan kode 2GB-FTV yang memiliki kapasitas 2.7 liter. Dimana model ini memiliki tenaga 177 PS dan torsi 245 Nm.

Perubahan pada Bagian Eksterior

Perubahan lain yang diberikan pada Fortuner 2020 ini tampak pada bagian eksterior yang mendapatkan beberapa revisi. Seperti pada bagian lampu yang mengadopsi lampu proyektor dan juga LED baru.

Secara menyeluruh, dugaan tampilan dari Fortuner facelift baru ini memang berbeda di bagian depannya. Hal ini tampak dari penggunaan lampu LED yang inspirasinya diambil dari Land Cruiser Prado.

Tampil baru Toyota Fortuner 2020 ini dilengkapi dengan fog lamp dengan volume persegi panjang. Sementara itu, pada bagian grill dan bumper juga ikut diberi penyegaran.

Bumpernya terlihat lebih kokoh. Sedangkan untuk guratan yang ada di bagian samping serta desain bagian belakang masih terlihat sama seperti model sebelumnya.

Di bagian lain seperti pelek sampai buritan juga tidak luput dari ubahan baru. Kemungkinan Fortuner 2020 akan menggunakan velg 20-inci baru agar lebih keren.

Baca juga: Toyota Fortuner Epic, Mobil dengan Desain yang Lebih Eksklusif

Desain Interior

Pada bagian interior, kemungkinan Toyota Fortuner terbaru ini tidak akan mengalami perubahan yang signifikan. Toyota masih perlu mengkaji untuk mengganti sistem infotainment layar sentuh baru dengan menggunakan fitur konektivitas Apple Carplay dan juga Android Auto.

Bukan hanya itu saja, masih ada harapan bahwa Toyota Fortuner 2020 model facelift menggunakan pelapis baru yang tampil lebih elegan.

Nantinya Toyota Fortuner facelift ini akan dibekali dengan sebuah kamera 360° lengkap dengan sistem infotainment yang memiliki ukuran 9 inci serta dukungan konektivitas Apple CarPlay.

Kemudian mobil ini juga akan dilengkapi dengan fitur berupa elektronik power tailgate dan wireless charger untuk gadget anda.

Seperti pada Hilux, Toyota Fortuner ini juga akan memperoleh sepaket fitur keselamatan berupa Toyota Safety Sense atau TSS.

TSS yang disematkan pada Toyota Fortuner ini berisi berbagai macam fitur seperti Lane Departure Warning System yang dilengkapi Automatic Steering Delay.

Ada pula fitur Pre-Collision Warning dengan Automatic Brake dan Variable Speed Dynamic Radar Cruise Control.

Berbagai macam penambahan fitur ini tentunya akan membuat Toyota Fortuner 2020 menjadi semakin berani bersaing di kelasnya.

Baca juga: Toyota Fortuner 2.4 VRZ AT 4×4, Mobil Keluarga Dengan Spesifikasi Mewah

Dapur Pacu

Terkait dengan dapur pacu yang dimiliki oleh Fortuner 2020, mobil ini menggunakan mesin diesel turbo charger 2.8 Liter 1GD-FTV dan kemungkinan mesin ini akan lebih perkasa.

Saat ini, mesin 1GD-FTV yang berasal dari Toyota Fortuner mengalami penambahan pada sistem Pengurangan Selektif Catalyst atau SCR serta pada Diesel Particulate Filter atau DPF.

Tampilan mesin baru yang lebih bertenaga, tentunya akan berpengaruh terhadap performa dari Fortuner 2020 ini. Apalagi didukung dengan berbagai fitur berteknologi canggih masa kini yang modern.

Ini semua dilakukan untuk memberikan tampilan Toyota Fortuner 2020 yang lebih segar. Dengan begitu, pecinta SUV kelas menengah ini akan puas dengan kehadiran mobil ini. (R10/HR-Online)

Loading...