Bingung Pilih Usaha Modal 10 Juta? Bisnis Catering Rumahan Saja!

Bingung Pilih Usaha Modal 10 Juta, Bisnis Catering Rumahan Saja
Bingung memilih usaha modal 10 juta, kenapa tidak bisnis catering rumahan saja. Foto:Ist/Net

Bingung memilih usaha modal 10 juta, kenapa tidak bisnis catering rumahan saja? Selain untuk menyalurkan hobi memasak, jenis usaha ini juga sangat menjanjikan dengan keuntungan yang tidak sedikit.

Memulai usaha tidak selalu memerlukan modal yang besar. Namun kesulitan memilih apa yang cocok mungkin sering dialami banyak orang, termasuk Anda. Padahal, ada banyak pilihan bisnis modal kecil yang bisa dijalankan.

Ada beberapa jenis usaha dengan yang dapat Anda pertimbangkan dengan hanya bermodal 10 juta saja. Salah satu bidang usaha yang perkembangannya selalu bagus adalah usaha di bidang kuliner.

Selain masyarakat biasa, banyak pula artis yang sudah mulai membuka usaha kuliner untuk menambah jaringan bisnis mereka. Salah satu ide yang bisa digunakan untuk memulai usaha modal kecil yaitu bisnis catering rumahan.

Usaha katering hanya membuat makanan sesuai dengan permintaan saja. Sehingga risiko kerugian karena makanan tidak habis dijual tidak akan terjadi pada jenis usaha ini.

Prospek Bisnis Catering Rumahan, Usaha Modal 10 Juta

Meskipun terdengar mudah namun usaha catering juga memiliki beberapa kendala, terutama di awal bisnis ini dirintis. Jenis usaha modal 10 juta ini sebenarnya lebih mengarah pada pelayanan dan rasa makanan yang dijual.

Para pelanggan akan mencari catering yang mampu menjaga mutu serta kualitas makanannya. Karena itu cita rasa makanan menjadi kunci utama kesuksesan bisnis catering rumahan ini.

Selain tidak harus menyewa lapak untuk tempat usaha, target pasar usaha modal 10 juta ini lebih luas. Apalagi banyak orang yang lebih memilih menggunakan jasa catering untuk jamuan suatu acara dibandingkan harus repot memasak sendiri.

Karena itu membuka usaha catering lebih tepat dan menguntungkan dibandingkan membuka warung makan. Apalagi usaha rumahan ini hanya membutuhkan peralatan memasak, bahan masakan segar dan kotak kemasan sesuai pesanan pelanggan.

Merintis usaha modal 10 juta dalam bentuk bisnis catering bisa dilakukan dengan mempertimbangkan skala usahanya. Berikut ini jenis jasa bisnis catering rumahan yang bisa dipilih sesuai kemampuan Anda.

1. Catering Acara

Jasa catering ini biasanya melayani pemesanan untuk kegiatan skala kecil-kecilan seperti acara pengajian, ulang tahun, atau arisan. Even semacam ini biasanya membutuhkan sekitar 100 -150 boks dengan menu yang tidak rumit.

2. Catering Kantor

Anda bisa menerima order dari perusahaan atau perkantoran yang menyediakan makan siang untuk karyawannya. Jumlahnya biasanya tak lebih dari 50 porsi. Namun karena setiap hari, Anda harus pandai membuat variasi menu agar tidak membosankan.

3. Catering Pernikahan

Meskipun usaha modal 10 juta Anda juga bisa melayani kebutuhan hajatan skala sedang ini. Tawarkan beberapa menu makanan dengan layanan boks ataupun prasmanan. Anda bisa meminta uang muka 50 persen untuk menutupi modal Anda.

Strategi Promosi Bisnis Catering Rumahan

Dengan mengacu pada beragam skala layanan yang diberikan Anda bisa menentukan target pasar bisnis catering rumahan Anda. Dengan sasaran yang jelas akan memudahkan strategi promosi yang bisa Anda lakukan.

Agar efektif, Anda bisa membuat surat penawaran kepada kantor, perusahaan, atau sekolah yang menyediakan makan untuk karyawan atau muridnya. Sertakan menu beserta harganya.

Sedangkan untuk menyasar konsumen yang luas Anda bisa membuat selebaran atau memasang iklan di koran lokal. Anda juga perlu memanfaatkan Facebook dan Instagram untuk mengenalkan bisnis Anda pada konsumen yang lebih luas.

Itulah ulasan singkat tentang jenis usaha modal 10 juta yang dapat dipilih. Meskipun dengan modal terbatas, bisnis catering rumahan menjanjikan keuntungan yang tidak kecil. Yang penting, jangan mudah menyerah dan jaga kualitas layanannya. (R9/HR Online)

Loading...