Rabu, Oktober 27, 2021
BerandaArtikelVespa Corsa 125, Skutik Pertama yang Mengaspal di Tanah Air

Vespa Corsa 125, Skutik Pertama yang Mengaspal di Tanah Air

Vespa Corsa 125 ternyata merupakan skuter matic yang pertama kali muncul di Tanah Air. Mungkin selama ini kebanyakan dari kita beranggapan bahwa motor pertama yang ada di Indonesia adalah produksi Jepang seperti Honda atau Yamaha.

Anggapan itu ternyata keliru, pertama kalinya dicetuskan oleh Piaggio yang mengeluarkan Vespa Corsa ini. Motor Vespa ini menjadi skuter matic pertama di dunia yang diproduksi pada tahun 1984.

Jenis skuter matic 2 tak ini dibuat di tahun 1991-2006 oleh PT. Dan Motor Indonesia atau DMI. DMI menjadi Agen Tunggal Pemegang Vespa di Indonesia dengan lisensi penuh di bawah Piaggio Italy.

Kemunculan Vespa Corsa 125 Disambut Antusias

Pada awal kemunculan, Corsa 12cc ini mendapat sambutan yang cukup antusias dari para penggemarnya. Bahkan sempat jadi tren gaya motor untuk kaum wanita sebab transmisi automatic yang diusungnya.

Walaupun penampilannya sangat identik dengan Vespa yang memiliki persneling pada tuas sebelah kiri stang, akan tetapi anda jangan salah.

Ini adalah motor matic. Jika anda menengok ke bagian area pedal rem belakang yang ada di bagian bawah, maka di sana anda tidak akan menemukannya.

Di Indonesia sendiri, Corsa 125 cc ini mengawali debutnya sebagai skuter matik pada tahun 1991. Kala itu Vespa Corsa membidik konsumen kaum wanita.

Hal ini tampak lewat dimensinya yang sangat mungil dengan platform small frame seperti Vespa PTS 90 dan 100. Disamping itu, Vespa Corsa 125 hadir dengan transmisi otomatis yang memudahkan kaum hawa saat menggunakannya.

Mempunyai perbedaan dari skuter matic yang saat ini beredar di pasaran, Vespa Corsa mempunyai sistem transmisi netral. Dengan demikian, sebelum menarik tuas gas, sebaiknya pastikan pengaturannya untuk diubah terlebih dahulu.

Skuter matic ini dibekali dengan mesin 2 tak. Menariknya, skuter matik ini tidak dibekali pedal rem belakang yang biasanya berada di dekat kanan bawah seperti Vespa jadul lainnya.

Pelopor Skuter Matic Indonesia

Tiga dekade yang lalu, pasar skuter dengan transmisi otomatik atau skutik memang masih termarjinalkan. Agaknya orang-orang tidak lazim membeli motor jenis ini untuk menjadi tunggangan setiap harinya.

Statusnya menjadi pilihan alternatif. Bahkan tidak jarang kemunculan skuter juga disertai dengan stigma buruk. Maklum ketika itu pilihan paling reliabel adalah naked bike atau bebek.

Akan tetapi, dengan seiring berubahnya kultur konsumen, maka pabrikan Tanah Air pun menyambut dengan baik. Vespa Corsa 125 telah menjadi pelopor skuter matic di Indonesia kala itu.

Motor ini diperkenalkan oleh Piaggio sebagai pionirnya ketika berada dibawah naungan PT Dan Motor Indonesia. Di awal tahun 90-an, mereka telah membawa Corsa 125 dan menjadi sosok pemain yang kuat.

Bahkan bisa dibilang menjadi satu-satunya. Sebab, meskipun ada pesaingnya, namun berupa produk skutik import bukan bawaan resmi merk terkenal.

Mulanya motor ini diimpor utuh dari Italia. Akan tetapi, mengingat Dan Motor Indonesia memiliki fasilitas produksi, akhirnya mulai tahun 1994 Corsa dibuat lewat tangan-tangan anak bangsa.

Umurnya pun cukup panjang, hingga tahun 2006. Vespa Corsa 125 ini cukup menjadi favorit bagi kalangan pecinta Vespa.

Performa Corsa 125 CC

Skuter matic ini hadir dengan teknologi yang unik. Untuk meminimalisir motor melompat, maka tuas transmisi yang ada pada handle kiri dilengkapi dengan gigi netral. Jadi, tampilannya tidak seperti matic pada umumnya.

Anda perlu memindahkan gear terlebih dahulu agar CVT bisa terhubung dan dapat berjalan. Sedangkan untuk jantung pacunya, sepertinya mengandalkan tipe 2 langkah kebanggaan yang dimilikinya.

Memiliki kubikasi bersih 121 cc dan ukuran bore serta strokenya 55 x 51 mm. Hampir square engine agar tenaga dapat keluar pada putaran yang merata. Hasilnya catatan daya kuda yang dihasilkan sebesar 6,87 Hp/5.600 rpm.

Walaupun Vespa Corsa 125 ini mengandalkan mesin 2 tak, tetapi kemasan Corsa sangat modern. Skuter matic ini memiliki bentuk yang kompak dengan banyak garis trapesium pada bagian bodinya. Tetapi secara bersamaan, kesan klasiknya masih tetap ada dan tidak hilang.

Guratan body masih terjemahan lama dan menggunakan lampu bulat serta menggendong ban serep tersembunyi yang ada di panel kiri. Cukup unik bukan?

Kala itu memang Corsa menjadi salah satu motor yang populer di masanya. Tetapi untuk saat ini, skuter matik ini hanya sekedar menjadi alternatif. Bukan menjadi solusi kepraktisan berkendara.

Sebab mengingat bahwa saat ini sudah banyak skuter matic yang memiliki teknologi jauh di atas Vespa Corsa 125. (R10/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru