Viral di Facebook, Rumah Warga Pangliaran Tasikmalaya Nyaris Ambruk

Viral di Facebook, Rumah Warga Pangliaran Tasikmalaya Nyaris Ambruk
Rumah warga Babakan RT 08 R 03 Asem, Desa Pangliaran, Kecamatan Pancatengah, Kabupaten Tasikmalaya, ambruk dan mendadak viral di media sosial facebook, Rabu (24/6/2020).Foto:Istimewa

Berita Tasikmalaya (harapanrakyat.com).- Rumah warga di Kampung Babakan RT 08 R 03 Asem, Desa Pangliaran, Kecamatan Pancatengah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, mendadak viral di media sosial facebook, Rabu (24/6/2020).

Diunggah akun facebook Kartika Yamin pada hari Rabu (24/6/2020), sebuah rumah semi permanen nyaris yang ambruk karena sekian lama tak mendapat perhatian dari pemerintah.

Dalam unggahannya tersebut, akun Kartika Yamin menambahkan caption foto seolah menyindir pemerintah Kabupaten Tasikmalaya.

“Kabupaten-kabupaten mana nya? Duh iyeu aya bumi nu tos rajet teu ka perhatoskeunnya. Di Kp.Babakan RT.008 Rw 003 Asem, Desa Pangliaran, Kecamatan Pancatengah, Kabupaten Tasikmalaya”.

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, artinya seperti ini. “Duh ini ada rumah yang rusak tidak diperhatikan. Di Kampung Babakan RT 08 RW 03 Asem, Desa Pangliaran, Kecamatan Pancatengah, Kabupaten Tasikmalaya”.

Akun tersebut juga menyebutkan jika rumah warga miskin tersebut sudah sering difoto, namun tak pernah ada kelanjutan bantuannya.

“Ieu tos seuer nu motoan (ini sering di foto) tapi belum ada kabar baiknya atau kelanjutannya, mohon dibantu yang bener aparat setempatnya, lanjutkan ke para pemegang anggaran, kasian sudah ambruk begini,” ujarnya lagi.

“Hatur nuhun kasadayana (terima kasih kepada semuanya) semoga lancar, Aamiin,” pungkasnya.

Dibagikan 100 Kali di Facebook

Unggahan Kartika Yasmin hingga Rabu (24/6/2020) malam, sudah dibagikan netizen 100 kali dengan 50 komentar di dalamnya.

Salah satu akun facebook yang ikut membagikan unggahan rumah warga yang nyaris ambruk adalah Rosita Amalia. Dalam unggahan yang dibagikannya, Rosita Amalia menulis caption seperti ini.

“Punten manawi wargi facebook aya nu janten pupuhu di kabupaten Tasik, atanapi kagungan kenalan para pejabat, punten harewosan, hawatos duh wargi urang sadayana bilih kabujeng runtuh sadayana dan memakan korban, mugia kasaean wargi sadayana dibales oleh Allah Swt amin” tulisnya.

Jika dibahasa Indonesiakan, artinya seperti ini. “Permisi barang kali saudara facebook ada yang jadi kepala di kabupaten Tasik, atau punya kenalan para pejabat, permisi bisikin kasihan, saudara kita semuanya, kalau keburu ambruk semuanya dan menelan korban, mudah-mudahan kebaikan saudara di balas oleh Allah Swt amin”.

Berbagai komentar membanjiri unggahan rumah warga yang nyaris ambruk di Desa Pangliaran, Tasikmalaya tersebut. Banyak yang menyesalkan keterlambatan pemkab dalam membantu warga miskin tersebut. (Apip/R8/HR Online)