Warga Minta Pendaftaran Kartu Pra Kerja Gelombang 4 Segera Dibuka

Warga Minta Pendaftaran Kartu Pra Kerja Gelombang 4 Segera Dibuka
Warga minta pendaftaran kartu pra kerja gelombang 4 segera dibuka. Foto:Ist/Net

Pendaftaran kartu pra kerja gelombang 4 tak kunjung dibuka. Hal ini membuat masyarakat kecewa. Padahal program pemerintah Indonesia ini ditargetkan menyasar 5,6 juta penerima manfaat selama periode April-November 2020.

Warga Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Firman (27) mengaku kesal menunggu pendaftaran pra kerja gelombang 4 dibuka. Padahal kata dia, gelombang ke 3 kartu pra Kerja sudah di tutup sejak 30 April 2020 lalu.

“Sudah sebulan lebih, pendaftaran kartu pra kerja tak kunjung dibuka,” ujarnya, Sabtu (6/6/2020).

Firman mengungkapkan, dirinya ingin mencoba lain ikut pendaftaran setelah pada gelombang sebelumnya gagal atau tidak lolos. “Mudah-mudahan pada pendaftaran kartu pra kerja gelombang 4, saya bisa lolos,” katanya.

Hampir setiap hari dia terus update informasi tentang kartu pra kerja, baik melalui media sosial instagram @prakerja.go.id, ataupun melihat informasi di google news.

“Belum ada kejelasan juga hingga sekarang, kapan program pra kerja gelombag 4 dimulai,” ungkapnya.

Tanyakan Langsung Kartu Pra Kerja Gelombang 4 ke Admin @prakerja.go.id

Firman juga sempat menanyakan kapan pendaftaran program pra kerja gelombang 4 dimulai, lewat komentarnya di salah satu uplodan instagram @prakerja.go.id. “Namun jawaban dari admin hanya disuruh sabar, nanti kalau mau dibuka, pasti diinformasikan lagi,” jelas Firman.

Kata dia, sempat ada berita pendaftaran program pra kerja gelombang 4 dibuka 26 Mei 2020. Namun pas waktunya di cek, ternyata belum dibuka juga sampai saat ini. “PHP terus kayanya ini mah,” ketusnya.

Firman mengaku ingin mendaftarkan diri jadi peserta kartu pra kerja karena saat ini kondisinya menganggur. Bulan April lalu, dia terpaksa pulang ke kampung halaman lantaran toko tempat biasanya bekerja di Subang tutup. Di kampung dia tak kunjung mendapatkan pekerjaan.

“Katanya kan kartu pra kerja gelombang 4 untuk yang kena PHK atau terdampak Covid-19, harusnya yang seperti saya yang diprioritaskan,” pungkasnya.

Hal senada disampaikan masyarakat lewat komentar di akun instagram @prakerja.go.id. Dalam postingan panduan swafoto yang diunggah akun @prakerja.go.id tanggal 27 Mei 2020, seorang netizen @allgienopiandhy hari Jumat (5/6/2020), bertanya dalam komentar seperti ini.

“Jadi kapan nih? Banyak yang nanyain kapan dibuka lagi gelombang berikutnya. Yang pasti gak PHP in masyarakat banyak, kapan dibuka kembali gelombang berikutnya” tulisnya.

Admin pun menjawab agar tetap sabar, karena nanti jika pendaftaran dimulai, akan diumumkan melalui medsos resmi prakerja.

Pemerintah Belum Buka Pendaftaran Pogram Pra Kerja Gelombang 4 Karena Alasan Ini

Sementara itu, dalam keterangannya, Panji Winanteya Ruky, Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Pra Kerja, mengatakan, pendaftaran Kartu Pra Kerja gelombang 4 yang awalnya direncanakan dibuka 26 Mei kemarin, terpaksa dimundurkan.

Hal tersebut karena beberapa hal teknis. Pihak pengelola program pra kerja mengaku jadwal pendaftaran kartu pra kerja diundur karena saat ini pihaknya tengah mengevaluasi kartu Pra Kerja pada gelombang 1, 2 dan 3.

Kata dia, Komite Cipta Kerja masih mengevaluasi pelaksanaan program pra kerja gelombang 1, 2 dan 3, juga mempertimbangkan masukan dari lembaga-lembaga pengawas di pemerintahan.

Lanjut Panji, pada pendaftaran kartu pra kerja gelombang 4 ini, pemerintah akan memprioritaskan terlebih dahulu para pendaftar yang diusulkan Kementerian lembaga. Nama-nama yang diusulkan Kementerian adalah mereka yang terkena dampak Covid-19, korban PHK atau dirumahkan.

Walaupun demikian, siapa pun masyarakat dapat mengikuti pendaftaran kartu kartu pra kerja, asal memenuhi 3 syarat yakni asli Warga Negara Indonesia (WNI), berusia minimal 18 tahun, dan tidak sedang menempuh pendidikan formal.

Daftar Kartu Pra Kerja Secara Online

Bagi kamu yang nanti ingin mendaftarkan diri menjadi peserta kartu pra kerja, harus paham dulu alur dan cara daftarnya. Caranya sebagai berikut ini:

Namun, sebelum kamu melakukan pendaftaran kartu pra kerja gelombang 4, kamu mesti memiliki dulu akun pra kerja.

1. Membuat Akun Pra Kerja

– Pertama masuk ke website prakerja.go.id

– Pilih menu “Daftar Sekarang”

– Masukan data diri nama sesuai KTP dan masukan juga email dan passwordnya

– Lalu cek email kamu untuk mengkonfirmasi akun

– Setelah konfirmasi akun telah berhasil dilakukan, balik lagi ke laman prakerja.go.id

2. Daftar Kartu Pra Kerja

– Pertama kamu harus masuk dulu ke www.prakerja.go.id

– Pilih login, lalu masukan email beserta passwordnya

– Isi verifikasi KTP, dengan memasukan NIK dan tanggal lahir

– Lalu isi data diri secara benar dan lengkap

– Langkah selanjutnya, upload foto KTP serta  foto selfie kamu yang sedang memegang KTP

– Setelah itu, lakukan verifikasi nomor telepon.

3. Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar Online

Setelah beres melakukan pendaftaran kartu pra kerja, selanjutnya kamu mesti mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar yang dilakukan secara online. Ada 18 soal yang mesti kamu jawab dengan waktu 25 menit.

Jika kamu sudah selesai mengisi soal, tunggu sampai keluar hasil evaluasi dari admin. Jika kamu dinyatakan berhasil lolos tes, kamu akan mendapat notifikasi selamat dari admin.

4. Ikuti Pelatihan

Berhasil lolos program kartu pra kerja gelombang 4, yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah mengikuti pelatihan. Pelatihan secara online mesti kamu lakukan, agar insentif kartu pra kerja kamu keluar. Selesai mengikuti pelatihan, kamu akan mendapatkan sertifikat elektronik.

Kamu yang ingin ikut pendaftaran kartu pra kerja, update terus informasi pendaftaran kartu pra kerja gelombang 4 di media sosial instagram, @prakerja.go.id. (Jujang/R8/HR Online)