Warnet di Kawali Ciamis Sepi Pengunjung saat Pandemi Corona, Pengusaha Mengeluh

warnet di kawali
kondisi warnet di Kawali Ciamis sepi pengunjung. Foto : Edji/Harapanrakyat

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Pengusaha warnet di Kawali, Kabupaten Ciamis mengeluh. Gegara pandemi corona dan sekolah diliburkan, warnet sepi pengunjung. Kondisi tersebut sudah dialami para pengusaha warnet sekitar 3 bulan.

Pengusaha Gema Komputer Adang mengatakan omset usaha jasa rental komputer miliknya anjlok sudah hampir 3 bulan. Sebelum adanya virus corona dan sebelum sekolah libur, Gema Komputer selalu dikunjungi anak-anak sekolah.

Saking penuhnya, ketika orang yang membutuhkan berbagai keperluan soal komputer harus bersabar menunggu dan antri. Namun kondisi itu berubah drastis ketika virus corona menyerang. Sekolah diliburkan oleh pemerintah, warnet di Kawali jadi sepi pengunjung.

“Sebelum ada corona, orang yang membutuhkan berbagai keperluannya harus sabar menunggu dan antri. Akan tetapi setelah adanya virus corona dan liburnya anak anak sekolah betul betul menjadi sepi,” kata Adang.

Menurut Adang, dari  9 unit komputer yang ada, paling satu unit saja yang digunakan setiap harinya. Sepanjang corona belum berakhir dan anak anak sekolah belum kembali masuk, dapat dipastikan akan sepi selamanya.

Dampak COVID-19 terhadap usaha warnet dan para pedagang ATK begitu besar. Sebab, anak-anak sekolah yang biasanya banyak memerlukan bantuan, saat ini banyak yang lebih memilih diam di rumah.

“Terlebih, untuk anak sekolah yang memiliki handphone canggih atau smartphone. Usaha jasa rental komputer, ya betul betul menjadi sepi, termasuk toko toko buku untuk anak sekolah,” jelasnya. (Edji/R9/HR-Online)

Loading...