Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita TerbaruWuling Victory Siap Mengaspal, Calon Pesaing Kijang Innova

Wuling Victory Siap Mengaspal, Calon Pesaing Kijang Innova

Meski belum mengaspal, namun bocoran mobil Wuling Victory sudah diumbar ke publik. Mobil baru besutan Wuling ini bakal menyasar segmen Multi Purpose Vehicle (MVP) untuk kelas menengah.

Direncanakan, perusahaan otomotif asal Tiongkok ini akan memperkenalan secara resmi mobil terbarunya ini, pada bulan depan di acara Chengdu Motor Show 2020.

Sementara mengutip dari berbagai sumber, Victory ini merupakan gen baru yang akan diluncurkan, dan memperluas di pasar global.

Nantinya, mobil yang memiliki logo lima berlian ini, memiliki ruang yang lebar sehingga bisa serbaguna. Selain itu, untuk konfigurasi tempat duduk tiga baru standar yang mirip dengan Toyota Kijang Innova.

Baca juga: Mobil Wuling Hongguang Mini EV, Bertenaga Listrik Harga Setara CBR

Sehingga, jika Victory ini mengaspal di Indonesia, bisa jadi menjadi pesaing dari Kijang Innova.

Spesifikasi Mobil Wuling Victory

Meski belum dirilis secara resmi, namun spesifikasi dari Victory ini sudah banyak beredar di dunia maya.

Jika melihat dari wujud nyata, maka mobil besutan pabrikan otomotif dari Negeri Tirai Bambu ini, hampir mirip dengan Toyota Kijang Innova.

Desain

Desain dari mobil terbaru Wuling ini mewakili visi realistis yang jauh lebih bergaya serta modern, ketimbang model lainnya yang sudah diproduksi.

Seperti pada bagian depan Wuling Victory sudah terlihat bergaya SUV, yang hampir sama dengan Wuling Almaz. Jadi, bagian wajah depannya ini mempunyai cue design yang berkarekter sama.

Kemudian pada bagian ujung depannya mengadopsi grille heksagonal korporat, dengan tarikan garis yang bentuknya V. Selain itu, dibingkai ornamen berwarna krom atau silver metalik pada logo baru Wuling.

Baca juga: Wuling Hongguang X, SUV Desain Boxy Konfigurasi 7 Penumpang

Sedangkan di bagian lampu utamanya tidak berbeda jauh dengan Wuling Almaz, yang tipis serta tajam menonjol pada bagian atasnya.

Pada bagian sisi atas lampunya dilengkapi dengan lampu “serigala cakar” yang ditanam pada bumper. Selain itu, di bagian bawah terpasang empat buah lampu jenis LED Proyektor, yang memiliki fungsi untuk lampu jauh atau dekat.

Jika dilihat lebih teliti, ternyata desain dari empat lampu utamanya itu hampir sama dengan lampu kabut yang ada pada mobil KIA.

Sementara pada bumper Wuling Victory kelihatan cukup complicated, dengan tidak sedikitnya tarikan garis yang terlihat tegas serta bertabrakan.

Untuk kap mesin dari mobil besutan Wuling ini lumayan landai dengan beberapa guratan.

Desain sebelah sisi serta belakang penampilannya lebih konservatif, yang memiliki format MVP tradisional serta bergaris jelas.

Sementara untuk sisi atas terdapat roof rail yang mempertegas ada aura ala SUV pada mobil MPV tersebut.

Lampu belakang berbentuk sipit dengan jenis LED bar serta lampu sein LED. Ketajaman lampu pada Wuling Victory ini seperti yang terpasang di mobil Hyundai Santa fe.

Sedangkan untuk kaca bagian belakang lumayan landai, dan terdapat lekukan mirip model ducktail pada bagian bodi belakangnya.

Mesin dan Bagian Ban

Mobil terbaru besutan Wuling ini pada balik kap mesinnya terpasang mesin 4 silinder inline DOHC 1,5 liter turbocharged.

Kekuatan mesinnya diperkirakan bisa melontarkan 130 kW atau 174 hp (tenaga kuda) atau 177 PS, dengan torsi puncak sampai 250 Nm serta bertransmisi CVT. Mesinnya ini diprediksi juga mirip dengan Almaz, yaitu berkapasitas 1500 cc.

Sedangkan pada bagian roda, ban Wuling Victory menggunakan velg bermodel dual spoke 5 palang, yang laburan warna dual tone serta cakram pada keempat rodanya.

Mobil ini memiliki ukuran pankang 4875 mm, dengan lebar 1888 mm dan tingginya 1700 mm, bagian wheelbase berukuran 2800 mm.

Fitur Lain

Untuk fitur lainnya seperti perangkat penunjang keselamatan, mobil terbaru Wuling ini dilengkapi dengan Cortez CT. Fitur Cortez hadir dengan side and front airbag.

Selain itu, terdapat pula fitur keselamatan Hill Hold Control (HHC), Emergency Stop Signal (ESS), Electronic Stability Control (ESC), serta Traction Control System (TCS).

Baca juga: Wuling Almaz Limited Edition Resmi Mengaspal di Indonesia, Harga?

Kemudian tersedia juga Electric Parking Brake (EPB), Automatic Vehicle Holding (AVH), ISOFIX, TPMS atau Tire Pressure Monitoring System.

Untuk pengereman menggunakan sistem deselerasi ABS atau Anti-lock Braking System, Brake Assist dan EBD atau Electronic Brake force Distribution.

Setelah resmi mengaspal di China, Wuling Victory rencananya secara bertahap akan ekspansi ke beberapa negara. Dan kemungkinan mobil Wuling ini akan mulai dijual pada kuartal tiga tahun 2020 ini. (Adi/R5/HR-Online)