Yamaha Cygnus X 125, Skutik Bertubuh Kekar Dilengkapi Dashcam

Yamaha Cygnus X 125
Ilustrasi Yamaha Cygnus X 125. Foto: net/ist

Yamaha Cygnus X 125 merupakan salah satu skutik yang diduga akan segera diluncurkan oleh Yamaha. Seperti informasi sebelumnya, skutik terbaru ini sudah tertangkap kamera ketika sedang melakukan uji coba saat di jalanan.

Menyusul info tersebut, saat ini juga sudah beredar spesifikasi dari skutik tersebut. Kabar yang beredar, Cygnus X 125 ini mempunyai kemampuan yang sangat mumpuni.

Tampilan bodynya dibalut dengan stiker kamuflase. Ini membuat Cygnus X 125 tampak mempunyai body yang lebih kekar dan berotot jika dibandingkan dengan model yang sebelumnya.

Adanya stiker kamuflase tersebut seperti sedang menutupi fitur baru yang dibawanya. Kabarnya fitur ini berupa dashcam atau kamera dengan teknologi canggih.

Bocoran Spesifikasi Yamaha Cygnus X 125

Bocoran bahwa Cygnus X 125 akan menggunakan Dashcam. Membuat skutik 125 cc terbaru Yamaha ini jadi yang paling canggih sampai saat ini.

Bukan hanya disematkan pada bagian depan body motor saja. Ada kemungkinan skutik terbaru dari Yamaha ini juga dilengkapi dengan kamera yang akan ditanamkan pada bagian ekor.

Baca Juga : Yamaha MX King 2020 Segera Hadir Dengan Teknologi Keyless dan VVA

Perekam drive yang disematkan pada Cygnus X 125 ini menunjukkan bahwa skutik tersebut dilengkapi konektivitas smartphone. Fungsinya untuk mentransfer rekaman yang telah ditangkap drive recorder.

Meski demikian, sampai saat ini spyshot yang sudah tersiar soal Yamaha Cygnus X 125 belum terlalu jelas. Kemungkinan Yamaha akan menyediakan fitur ini untuk varian yang tertinggi.

Komponen Hebat yang Dimiliki

Cygnus X 125 mempunyai komponen hebat yang disematkan di dalamnya. Dibalik komponen tersebut ada panel instrumen digital yang mirip dengan Yamaha Lexi.

Skutik ini memiliki bentuk persegi panjang dengan latar berwarna biru. Isi yang yang dimiliki layaknya skuter matic pada umumnya. Seperti odometer, speedometer, pengukur bahan bakar, trip meter jam, serta tachometer.

Cygnus X 125 ini juga memiliki tingkat kepraktisan yang mumpuni. Seperti kapasitas bagasi yang cukup besar. Bagasi yang dimiliki muat untuk menyimpan satu helm dengan beberapa item lainnya.

Sementara itu, pada bagian dashboard Yamaha Cygnus X 125 ini mirip seperti Yamaha FreeGo yang ada di pasar Indonesia. Skutik Yamaha ini memiliki pengisian daya 12V. Dilengkapi pula dengan rumah kunci serta pengisi bahan bakar yang berada di bagian depan.

Penampakan Cygnus X 125 ini sebenarnya bukan yang pertama kalinya. Motor yang berasal dari pabrikan Jepang ini sudah menguji skutik 125cc ini beberapa kali.

Seperti yang sebelumnya penampakan motor matic ini tertangkap kamera sekitar dua bulan yang lalu. Akan tetapi, kala itu penampakannya hanya terlihat bagian sampingnya saja.

Terkait desain yang diusung, skutik Cygnus X 125 ini terlihat bongsor. Tampilannya juga bergaya sporty layaknya Yamaha FreeGo. Meski demikian, lampu utamanya saat ini terbagi dua dan telah memiliki teknologi LED.

Tampilan lampu belakang Yamaha Cygnus X 125 sangat unik. Mempunyai 3 unit LED yang terpisah. Satu LED di bagian tengah sebagai stoplamp dan dua sisi lainnya berupa lampu standby yang telah terintegrasi dengan sinyal belok.

Selain itu, juga ada pencahayaan di atas plat nomor. Sedangkan rodanya sama dengan model yang sebelumnya. Motor ini menggunakan ban yang berukuran 110/70-12 di bagian depan dan 120/70-12 di bagian belakang.

Mesin yang Digunakan

Seperti skutik pada umumnya yang banyak dijual di Taiwan, motor ini menggunakan suspensi model teleskopik. Bagian belakang memiliki 2 buah pegas atau dual shockbreaker.

Hal unik untuk ukuran skutik kelas 125cc ini adalah masing-masing roda Cygnus X telah memakai pengereman cakram.

Siapa spekulasi yang beredar mengenai spesifikasi skutik terbaru Yamaha Cygnus X 125 ini akan membuang mesin satu silinder 124 cc. Lengkap dengan pendingin udara yang dipasang di dalam model terbarunya.

Mesin tersebut bisa menghasilkan daya maksimum 9,6 hp dengan 7500 rpm serta torsi puncak mencapai 9,9 Nm pada putaran 6000 rpm.

Sementara itu, pada skutik terbaru ini akan menggunakan jantung pacu yang bisa menghembuskan tenaga sebesar 11,8 hp pada 7.500 rpm. Dilengkapi dengan torsi puncak 12 nm pada putaran 7.250 rpm.

Sesuai informasi yang beredar, motor matic ini saat ini hanya diproduksi dan dipasarkan di Tawan. Belum ada info bahwa motor ini akan diekspor ke negara lain.

Harga yang dibanderol untuk satu unit Yamaha Cygnus X 125 ini sebesar JPY 335.500 atau sekitar Rp 44,1 jutaan. (R10/HR-Online)